21 September 2018

Bangun Tidur Sebaiknya Minum Air Hangat atau Dingin?

 minum air sangat bangun tidur, air putih

Halodoc, Jakarta – Saat bangun tidur di pagi hari sangat dianjurkan untuk segera meminum segelas air putih. Kebiasaan itu ternyata dapat menghindari tubuh dari kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Pasalnya, selama hampir delapan jam tidur di malam hari, tubuh tidak mendapat asupan cairan sama sekali.

Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko dehidrasi yang akan memunculkan gejala berupa kulit pucat, kering, dan pecah-pecah. Karena kecukupan air memainkan peran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun, manakah yang sebaiknya diminum pada pagi hari antara air dingin atau air hangat? Jawabannya adalah air hangat. Sejumlah ahli menyebut bahwa rutin mengonsumsi air hangat akan lebih bagus untuk dikonsumsi saat bangun tidur karena bisa memberi banyak manfaat sehat.

Agar kesehatan dan kebugaran tubuh selalu terjaga, biasakanlah untuk mengawali hari dengan mengonsumsi air yang tidak terlalu jauh berbeda dengan suhu tubuh. Sebab, hal tersebut dapat menghindari tubuh kelelahan sebelum beraktivitas, karena harus bekerja keras dalam memproses makanan atau minuman yang memiliki suhu berbeda dengan tubuh. Artinya, saat menelan atau mengonsumsi sesuatu yang suhunya berbeda dari suhu tubuh, yakni sekitar 37 derajat Celcius, tubuh harus bekerja lebih keras.

Namun, banyak yang percaya dan menganggap bahwa minum air dingin di pagi hari dapat membantu tubuh lebih cepat kurus. Sebab, air dingin yang masuk ke dalam tubuh dianggap dapat mempercepat pembakaran kalori.

Meski mungkin, pembakaran kalori karena mengonsumsi air dingin mungkin hanya akan sedikit. Sebaliknya, jika kamu membiasakan diri untuk mengonsumsi air hangat di pagi hari, ada sederet manfaat sehat yang bisa didapatkan, di antaranya:

1. Melancarkan Buang Air Besar

Jika kamu memiliki masalah pencernaan, sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi air hangat. Air hangat akan terasa lebih nyaman di perut jika dibandingkan dengan air dingin. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa 58 persen orang yang meminum air hangat memiliki siklus buang air besar yang lebih baik. Dengan kata lain, minum air hangat di pagi hari dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

2. Menurunkan Berat Badan  

Rutin minum air hangat juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara menekan nafsu makan. Segelas air hangat di pagi hari ternyata juga punya cara tersendiri dalam menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada sekelompok wanita menunjukkan manfaat dari meminum air hangat. Para wanita yang memiliki kelebihan berat badan itu mengalami penurunan berat badan setelah 8 minggu meminum air hangat secara rutin dan membantu mengurangi nafsu makan.

3. Memberi Efek Menenangkan

Minum air hangat juga disebut dapat membuat memberi efek menenangkan dan tubuh merasa lebih rileks. Bahkan, rutin meminum air hangat juga dapat membantu menghilangkan pegal-pegal di badan yang disebabkan oleh masalah tenggorokan dan masalah pencernaan.

Walaupun air hangat lebih unggul dan dianjurkan untuk dikonsumsi, tetapi prinsip dasarnya adalah konsumsi air putih memang penting. Terlepas dari air hangat atau dingin yang dikonsumsi, ada baiknya untuk selalu memastikan tubuh mendapat asupan air yang mencukupi.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan dan rekomendasi beli obat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.

Baca juga: