01 August 2018

Ikuti 8 Tips Ini Supaya Rajin Minum Air Putih

manfaat air putih, tips rajin minum air putih, bahaya kurang minum air putih,minum air putih,rajin minum air

Halodoc, Jakarta – Hayo, apa kamu termasuk tipe orang yang enggan minum air putih? Ada bermacam alasan orang enggan minum air putih dan paling umum adalah karena air tidak memiliki rasa. Padahal, ada banyak manfaat air putih yang penting untuk diketahui.

Buat kamu yang sedang diet, air putih bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan melunturkan lemak dalam tubuh. Mengonsumsi air putih juga bisa meningkatkan konsentrasi dan membuatmu terhindar dari sakit kepala. Nah, buat kamu yang malas minum air putih, berikut adalah tips buatmu supaya rajin minum air putih.

  1. Tambahkan Irisan Buah Segar

Minum beberapa gelas air sehari bisa menjadi sebuah tekanan. Untuk meringankan “kewajiban” ini, kamu bisa memasukkan irisan buah segar seperti mentimun, anggur, atau lemon. Supaya lebih ceria, kamu bisa menempatkan air yang sudah diberi irisan buah segar ini di dalam kemasan transparan. Dengan begitu, kamu akan tambah semangat meminumnya.

  1. Tempatkan Botol Air Minum di Meja Kamar Tidur

Menempatkan botol air minum di kamar akan membuatmu mengingat, sudah seberapa banyak air yang kamu konsumsi hari ini. Letakkan di tempat yang paling sering kamu lewati untuk mencegahmu membuat alasan tidak mengonsumsi air putih hari ini.

  1. Jadikan Kebiasaan Minum Air Putih Setiap Bangun Tidur Pagi

Ada banyak penelitian yang menegaskan manfaat air putih bila dikonsumsi pagi hari sehabis bangun tidur. Beberapa di antaranya adalah minum air putih saat perut kosong di pagi hari dapat membuang racun dalam tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, membantu menurunkan berat badan, menghidrasi kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Setelah mengetahui manfaat minum air putih setiap bangun tidur pagi, kamu masih malas juga?

  1. Gunakan Aplikasi untuk Mengukur Konsumsi Air Putih Harianmu

Untuk membantu kepatuhanmu mengonsumsi air putih, kamu bisa mengunduh aplikasi sebagai pengingat dan alarm harian. Dengan begitu, kamu tidak akan melupakan asupan cairan tubuh harianmu.

  1. Minum Air Putih Sebelum Makan

Menjadikan konsumsi air putih sebagai kebiasaan sebelum makan sejatinya akan membuatmu terbiasa minum air putih. Cobalah untuk mengganti minuman manis atau pun jenis minuman perasa lainnya sebagai teman makan. Manfaat yang kamu rasakan dari mengonsumsi air putih sebelum makan adalah efek kenyang, sehingga kamu tidak akan makan secara berlebihan.

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Air

Salah satu trik lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan atau buah-buahan yang mengandung air, seperti mentimun dan semangka. Kamu juga mengonsumsi sayur bening berkuah supaya kebutuhan cairan tubuhmu terpenuhi.

  1. Jangan Menyimpan Minuman Berperasa di Rumah

Salah satu hal lain yang membuatmu jadi enggan minum air putih adalah karena kamu punya stok minuman berperasa. Cobalah untuk memangkas kebutuhan minuman berperasa dalam daftar belanja bulananmu.

  1. Simpan Air dalam Wadah yang Menarik

Untuk “penariknya”, kamu bisa menempatkan air putih di dalam wadah menarik yang unik. Hal ini dilakukan supaya kamu lebih semangat minum air putih. Kamu bisa memilih tempat minum dengan gambar bunga-bunga, tokoh kartun favorit, atau kegemaranmu lainnya.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tips supaya rajin minum air putih, bahaya kurangnya konsumsi air putih, serta manfaat air putih untuk kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.