12 March 2018

Tantangan 30 Hari Minum Air Putih, Apa Manfaatnya?

Tantangan 30 Hari Minum Air Putih, Apa Manfaatnya?

Halodoc, Jakarta – Manfaat air putih sudah bukan rahasia lagi. Itu mengapa banyak orang yang dianjurkan untuk minum air putih, setidaknya 2 liter atau setara dengan delapan gelas per hari. Sayangnya, belum banyak orang yang menjadikan air putih sebagai pilihan utama untuk menghilangkan rasa haus. Padahal dibandingkan minuman lainnya, air putih merupakan pilihan paling sehat karena bebas kalori dan gula.

Meskipun tidak mudah, kamu perlu membiasakan diri minum air putih. Salah satunya dengan menantang diri kamu untuk minum air putih selama 30 hari berturut-turut, tanpa minum minuman lain seperti teh dan kopi.  Nah, agar kamu lebih yakin, coba cari tahu 4 manfaat minum air putih selama 30 hari di sini, yuk!

1. Meningkatkan Kinerja

Untuk bekerja optimal, otak membutuhkan banyak oksigen yang didapat dari minum air putih. Itu mengapa saat mengalami dehidrasi, kamu cenderung lebih sulit konsentrasi dan mudah lupa. Studi yang dipulikasikan dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience juga menyebutkan bahwa saat kamu minum air putih selama 30 hari, otak akan bereaksi lebih cepat karena mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Akibatnya, kebiasaan ini dapat meningkatkan kinerja kognitif yang bikin kamu lebih fokus dalam bekerja.

2. Memperkuat Tulang

Minum air putih adalah kebutuhan mutlak untuk memperkuat tulang. Ini karena sekitar 80 persen tulang rawan dan tulang belakang cakram terdiri dari air. Karena itu, minum air putih selama 30 hari dapat meningkatkan fleksibilitas sendi dan meningkatkan kinerja tulang rawan dalam mengurangi tekanan saat beraktivitas (shock absorber). Dengan ini, sendi dapat bergerak dengan lancar dan mencegah kerusakan sendi akibat ketegangan otot.

3. Memperkuat Fungsi Jantung

Dehidrasi dapat berkontribusi pada beberapa faktor risiko jantung koroner. Ini karena saat kamu mengalami dehidrasi, darah akan menjadi lebih kental. Kondisi ini membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk mencegahnya, kamu perlu banyak minum air putih. Karena studi yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology menemukan bahwa orang yang mengonsumsi air putih lebih dari lima gelas per hari memiliki risiko meninggal akibat serangan jantung lebih rendah dibandingkan dengan orang yang minum air putih kurang dari dua gelas per hari. 

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Air dapat mengoptimalkan kinerja seluruh fungsi sistem tubuh. Ini karena minum air putih dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh dan memastikan sel tubuh mendapatkan oksigen yang cukup untuk bekerja optimal. Minum air putih juga dapat meningkatkan kinerja limfa, organ tubuh yang berperan menjalankan fungsi peredaran darah dan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Karena alasan ini, minum air putih selama 30 hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengubah kebiasaan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, termasuk membiasakan minum air putih. Karena itu, jika kamu ingin terbiasa minum air putih maka kamu perlu membiasakan untuk melakukannya terus-menerus. Ini karena sebuah studi telah menemukan bahwa perubahan kebiasaan akan terjadi dilakukan terus-menerus setidaknya selama 21 hari.

Tapi, jika minum air putih enggak bikin rasa haus kamu berkurang, kamu perlu bicara dengan dokter. Karena kondisi ini bisa menjadi salah satu gejala penyakit tertentu, seperti diabetes. Agar tidak perlu repot keluar rumah, kamu bisa bicara dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu hanya tinggal memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.