16 August 2018

Cara Menerapkan Kebiasaan Minum Air Putih pada Anak

minum air putih,kebiasaan minum air putih,membiasakan minum air putih

Halodoc, Jakarta – Minum air putih sangat penting bagi tubuh termasuk tubuh anak-anak. Sebagai orangtua, tentu tugas kita untuk memastikan kebutuhan cairannya agar tercukupi. Sayangnya terkadang anak malas atau lupa untuk minum air putih yang cukup. Mereka justru lebih senang mengkonsumsi air kemasan dengan aneka rasa dan pemanis buatan yang jauh dari sehat.

Meskipun mungkin kamu tidak bisa 24 jam bersama anak dan memastikan apakah dia rutin minum air putih, orang tua tetap bisa membiasakan mereka untuk mengonsumsi air mineral secara rutin, minimal 6 gelas sehari. Mulailah mengajarkan anak tentang pentingnya minum air putih melalui 9 cara gampang ini:

1. Beri Contoh

Biasanya anak suka meniru atau mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Berilah panutan dengan rutin dengan juga mengkonsumsi air putih di depan si anak. Misalnya minum air putih sampai rumah setelah bepergian, setelah berolahraga, atau sepulang kerja.

2. Hindari Minuman Kemasan

Sebaiknya kita mengisi kulkas dengan air mineral, begitu juga di meja makan. Hindari menyimpan minuman kemasan di kulkas. Hal ini supaya terbentuk pemikiran pada anak bahwa jika haus maka minum air putih, bukan air lainnya. Hindari memberi banyak pilihan minuman dengan minuman kemasan, berpewarna, dan perasa lain yang bisa membuat anak nyaman dan menolak air mineral.

Baca juga: Ini Manfaatnya Jika Anak Minum Susu Secara Rutin

3. Mudah Dijangkau

Sediakan air putih atau air mineral di tempat-tempat yang mudah dijangkau di dalam rumah atau di sekitarnya. Dengan begitu anak tidak akan kesulitan untuk mendapatkan air putih.

4. Siapkan Setiap Bepergian

Saat bepergian, entah dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, sebaiknya kita selalu menyiapkan air putih dalam botol yang mudah dibawa. Letakkan beberapa botol di dalam mobil pribadi atau di dalam tas jika bepergian dengan kendaraan umum.

5. Beri Penjelasan

Melalui penjelasan ringan tentang manfaat air putih untuk tubuh bisa menambah wawasan dan membuka pemikiran anak tentang pentingnya cairan tersebut untuk tubuh. Gunakan bahasa yang mudah agar dimengerti.

6. Manfaatkan Aktivitas

Ikut sertakan sang anak dalam aktivitas yang menyenangkan, seperti family run, jalan pagi, atau bersepeda sore untuk membiasakan minum air putih. Sebab ketika lelah setelah beraktivitas maka yang dia butuhkan adalah air putih untuk melepas dahaga.

Baca juga: 4 Cara Mengarahkan Bakat Olahraga Anak

7. Buat Minum itu Menyenangkan

Agar kegiatan minum semakin menyenangkan, ada baiknya kita menyiapkan gelas atau botol minum bergambar tokoh kartun atau superhero favorit sang anak.

8. Jangan Paksa

Ajarkan anak dengan mengajak minum air putih dengan cara yang menyenangkan. Tidak perlu memaksa atau membuat anak merasa minum air putih sebagai kegiatan yang menyebalkan dan membebankan.

9. Lakukan Berulang

Kebiasaan yang baik tidak terbentuk secara instan, semua membutuhkan waktu dan perlu dilakukan secara berulang supaya tertanam dalam pikiran anak-anak. Jangan bosan-bosan membiasakan sesuatu yang baik pada anak, ya!

Apabila kebiasaan minum air putih ini sudah tertanam di benak sang anak. Maka pada kondisi apapun anak akan memprioritaskan untuk mengonsumsi air mineral dibanding meminum minuman kemasan lainnya. Bahkan ia akan melakukannya ketika Ibu tidak sedang bersama dengannya.

Jika Ibu memiliki kendala lain seputar kesehatan dan kebutuhan gizi si kecil, jangan pernah ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter ahli di Halodoc melalui aplikasi yang di download di Google Play atau App Store. Sesibuk apapun, ibu bisa melakukan tanya jawab dimana saja dan kapan saja melalui Chat dan Voice/Video Call.