• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Banyak Khasiat Jahe untuk Kesehatan Wanita, Ini Buktinya

Banyak Khasiat Jahe untuk Kesehatan Wanita, Ini Buktinya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Jahe identik dengan khasiat utamanya sebagai penyedap dan penguat rasa masakan. Namun, jangan salah, ada banyak khasiat jahe, termasuk memberikan rasa hangat pada tubuh dan menjadi obat alami untuk meredakan mual dan muntah pada ibu hamil yang mengalami morning sickness. Ternyata, masih ada lagi peran baik jahe untuk mendukung kesehatan tubuh, terutama bagi wanita. Apa saja? 

  • Membuat Wajah Tampak Lebih Awet Muda

Kandungan antioksidan pada berbagai produk kecantikan yang digunakan dapat menjadikan wajah terlihat segar, cerah, berseri, dan bebas penuaan dini. Memang, antioksidan membantu dalam memerangi radikal bebas yang mempercepat kerusakan kolagen dan merusak kulit. 

Dari banyaknya buah dan sayuran yang mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulitmu, jahe menjadi rempah yang mengandung antioksidan. Hasilnya mampu menjaga produksi kolagen di kulit, sehingga elastisitas dan kehalusan kulit juga meningkat.

Baca juga: Rutin Mengonsumsi Jahe? Ini 8 Manfaat yang Bisa Didapat

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Wanita mana yang tidak ingin memiliki berat badan yang ideal? Selain menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat, kamu bisa mendapatkan berat badan sesuai keinginan dengan jahe. Konsumsi jahe panas, terlebih selepas sarapan diyakini memberikan efek kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan sarapan saja. Jahe juga mampu menurunkan nafsu makan. Rempah satu ini mampu mengontrol kadar gula dalam darah dan kolesterol serta meningkatkan laju metabolisme pada tubuh. 

  • Mengurangi Rasa Nyeri saat Menstruasi

Wanita rentan mengalami nyeri atau kram perut ketika menstruasi hadir, dan kondisi ini bisa berlangsung sangat buruk dan membuat kamu tidak dapat beraktivitas seperti biasa. Beberapa orang memilih untuk mengonsumsi obat dokter untuk mengurangi nyeri yang mengganggu. Namun, pernahkah kamu mencoba meredakannya dengan mengonsumsi jahe? Jahe memiliki sifat antiperadangan yang sangat baik, sehingga membantu mengurangi kram perut yang terjadi setiap kali kamu mengalami menstruasi. 

Baca juga: Manfaat Jahe untuk Mengobati Gastroenteritis

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Flu rentan menyerang pada musim dan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. Jika kamu terserang flu, pasti rasanya tidak nyaman. Sakit kepala, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, hingga pilek adalah gejala flu yang paling sering terjadi. Namun, kamu bisa meredakannya dengan mengonsumsi jahe. Kandungan gingerol pada jahe merangsang peningkatan sirkulasi darah yang membuka sinus, sehingga mengurangi gejala pilek dan sakit tenggorokan. 

  • Mencegah Terjadinya Penyakit Kulit

Tahukah kamu kalau jahe disebut sebagai makanan diaphoretic? Ini artinya, jahe memiliki kandungan yang bisa memicu keluarnya keringat dari tubuh. Khasiat jahe ini tentu sangat membantu ketika kamu sedang flu atau demam. Tidak hanya itu, jahe juga melindungi tubuh dari bahaya infeksi kulit. 

Baca juga: Khasiat Jahe untuk Redakan Nyeri Otot, Ini Buktinya

Namun, tetap waspada ketika kamu sedang mengonsumsi jahe. Pasalnya, meski kaya manfaat, minuman ini memicu interaksi berbahaya jika kamu sedang mengonsumsi obat pengencer darah, atau dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, apabila kamu sedang berada pada kondisi medis tertentu dan ingin minum jahe, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter. Tidak sulit, kok, karena ada aplikasi Halodoc yang bisa dipakai untuk tanya jawab dengan dokter kapan saja. 

Referensi: 
Women’sHealth. Diakses pada 2019. 10 Health Benefits of Ginger that are Seriously Impressive.
Healthline. Diakses pada 2019. What are the Benefits and Side Effects of Ginger Water?
Livestrong. Diakses pada 2019. Ginger Water Benefits.