Khasiat Jahe untuk Redakan Nyeri Otot, Ini Buktinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Khasiat Jahe untuk Redakan Nyeri Otot, Ini Buktinya

Halodoc, Jakarta – Selain untuk bahan memasak, jahe sering dimanfaatkan sebagai minuman untuk menghangatkan badan, terutama saat cuaca dingin. Selain itu, ternyata tanaman herbal yang satu ini juga bisa membantu mengatasi nyeri otot, lho. Kenapa jahe bisa mengurangi rasa sakit? Selengkapnya, baca penjelasan dan buktinya di bawah ini! 

Jahe sangat mudah ditemukan karena hampir selalu ada sebagai sediaan di dapur rumah. Beberapa jenis makanan memang akan terasa lebih nikmat jika dimasak dengan tambahan bahan jahe. Namun, baru-baru ini ada penelitian yang menemukan bahwa jahe ternyata bisa menjadi antiinflamasi alami. Karena sifatnya itu, jahe bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. 

Baca juga: Nyeri Otot Tak Kunjung Sembuh Dapat Menjadi Gejala 6 Penyakit Ini

Memanfaatkan Jahe untuk Mengurangi Nyeri Otot 

Jahe disebut memiliki sifat antiinflamasi alami, sehingga bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Sebuah penelitian dilakukan dengan fokus untuk mengetahui efek jahe dalam meredakan nyeri otot. Hasilnya, konsumsi jahe secara rutin nyatanya memang bisa membantu mengatasi nyeri pada otot, termasuk pada orang yang mengidap rematik. 

Sebuah penelitian dilakukan oleh Dr. Krishna C. Srivastava dari Odense University, Denmark dengan memberi terapi jahe secara rutin pada pengidap penyakit rematik. Pemberian jahe dilakukan setiap hari selama tiga bulan. Dari penelitian tersebut, terbukti bahwa jahe memberi manfaat yang signifikan dalam mengurangi rasa kaku, bengkak, dan sakit pada sendi. Dari penelitian ini, bahkan diketahui bahwa jahe lebih ampuh jika dibandingkan dengan obat antiinflamasi non steroid. 

Tak hanya itu, rempah-rempah yang satu ini ternyata juga bisa menghalangi pembentukan senyawa peradangan prostaglandin dan leukotriene. Jahe juga memiliki efek antioksidan yang bisa memecah peradangan dan keasaman pada cairan di dalam persendian. Dengan begitu, sendi akan menjadi lebih sehat serta terhindar dari nyeri otot. 

Baca juga: Bukan Cuma Menghangatkan, Ini 6 Manfaat Jahe Lainnya

Dengan sederet kandungan dan manfaat yang dimiliki jahe, kamu bisa menggunakan tanaman yang satu ini untuk mengatasi masalah, seperti nyeri otot, nyeri sendi, serta pembengkakan. Karena merupakan bahan alami, jahe cenderung aman untuk digunakan atau dikonsumsi setiap hari. Namun, jika nyeri otot tidak kunjung membaik atau malah menjadi lebih parah, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mengetahui apa penyebabnya. 

Untuk mendapatkan manfaat sehat dari jahe, kamu bisa langsung mengonsumsinya dengan cara dikunyah. Tentu saja, sebelumnya jahe harus terlebih dahulu dikupas, dibersihkan, dan direbus. Namun, biasanya cara konsumsi jahe yang seperti ini tidak terlalu digemari karena rasanya yang bisa membuat siapa saja kapok alias tidak mau mengonsumsinya lagi. 

Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa mengolah jahe dengan cara lain agar lebih bisa dinikmati. Cobalah untuk membuat wedang jahe atau sekadar air rebusan jahe. Membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan secukupnya jahe dan air putih. Cuci bersih jahe lalu parut, kemudian masukkan kedalam wadah dan campur dengan 2 gelas air. Rebus campuran tersebut sampai air mendidih kemudian minum saat masih hangat. Jika masih belum menyukai rasanya, kamu bisa mencoba untuk menambahkan madu ke dalam air rebusan jahe tersebut. 

Baca juga: Ini Beda Khasiat Jahe Merah dan Jahe Putih

Cari tahu lebih lanjut seputar nyeri otot dan berbagai cara mengatasinya dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. GINGER.
How Stuff Work. Diakses pada 2019. Ginger Better than Drugs for Pain?