• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bayi Alami Sariawan, Coba Lakukan Ini

Bayi Alami Sariawan, Coba Lakukan Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Sariawan menjadi masalah mulut dan gigi yang kerap terjadi, terlebih pada anak dan orang dewasa. Kondisi ini ditandai dengan munculnya cekungan berwarna putih pada bibir maupun gusi, menimbulkan rasa sakit yang mengganggu, bahkan ketika tersentuh air. Untuk itu, sariawan dapat menurunkan nafsu makan. Pada anak dan orang dewasa kondisi ini memang umum terjadi. Bagaimana dengan sariawan pada bayi?

Mengenali Penyebab dan Gejala Sariawan pada Bayi

Sariawan pada bayi biasanya terjadi saat Si Kecil masih menyusu. Sayangnya, jamur yang menyebabkan masalah ini bisa menyebar pada puting susu ibu, tetapi bisa juga sebaliknya, terjadi dari puting susu ibu pada area mulut bayi. 

Ternyata, tidak berbeda dengan anak dan orang dewasa, sariawan pada bayi juga umum terjadi karena imunitas Si Kecil yang belum berkembang dengan sempurna, sehingga infeksi dan peradangan pun sangat mudah terjadi. Sariawan ini sangat mudah terjadi jika puting susu ibu lecet atau mulut bayi tidak melekat sempurna pada puting susu. 

Baca juga: Madu untuk Obat Sariawan, Seberapa Efektif?

Sariawan yang menyerang sang buah hati biasanya tidak langsung disadari oleh ibu. Dilansir dari BabyCentre, ibu tetap bisa mengenali gejalanya, seperti:

  • Menurunnya keinginan Si Kecil untuk menyusu karena mulutnya terasa sakit;
  • Bibir bayi memucat;
  • Bayi tampak gelisah ketika menyusu;
  • Muncul bintik berwarna putih pada bagian lidah, gusi, langit mulut, atau pada bagian dalam pipi. 

Apabila ibu mendapati gejala tersebut pada sang buah hati, segera tanyakan pada dokter bagaimana penanganan pertama yang bisa dilakukan. Namun, ibu juga bisa langsung membawa Si Kecil ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih cepat, sehingga komplikasi pun bisa dihindari. Jangan lupa pakai aplikasi Halodoc, ya, bu, sekarang tanya dokter atau berobat ke rumah sakit lebih mudah. Download aplikasi sekarang juga!

Baca juga: Perlukah ke Dokter untuk Mengobati Sariawan?

Penanganan Sariawan pada Bayi

Tanpa adanya pengobatan, sariawan bisa sembuh dengan sendirinya antara 7 hingga 10 hari. Namun, sebaiknya ibu tidak membiarkan Si Kecil sariawan tanpa penanganan, karena akan berdampak pada nafsu makan dan berat badannya. Ibu bisa melakukan tindakan berikut untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat anak mengalami sariawan:

  • Segera mengobati luka lecet pada puting payudara jika ini yang menyebabkan bayi mengalami sariawan. Ini untuk menghindari penyebaran jamur pada mulut bayi ketika menyusu.
  • Sentuh bagian sariawan Si Kecil dengan es batu untuk membuatnya mati rasa dan mengurangi rasa sakitnya.
  • Jika Si Kecil sudah bisa makan, berikan makanan dengan tekstur yang lembut agar tidak menyulitkannya menelan.
  • Pastikan asupan cairan Si Kecil terpenuhi untuk menghindari terjadinya dehidrasi

Baca juga: Cara Mencegah Sariawan yang Sering Kambuh

Sebenarnya, sariawan pada bayi bisa dicegah, caranya sudah pasti memastikan mulut dan gigi Si Kecil selalu dalam keadaan bersih. Ibu bisa membersihkan giginya dengan sikat yang memang dibuat khusus untuk bayi dengan bulu sikat lembut sebanyak dua kali dalam sehari, terlebih jika ia sudah mendapatkan MPASI. Tidak hanya itu, pastikan semua mainannya pun bersih, ya, bu, terlebih jika anak senang memasukkan mainan ke mulutnya. 

Referensi:
NHS. Diakses pada 2020. Oral Thrush (Mouth Thrush).
Babycenter. Diakses pada 2020. Breastfeeding and Thrush.
Raising Children Australia. Diakses pada 2020. Mouth Ulcer.