Begini Cara Hilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
begini-cara-hilangkan-bekas-jerawat-yang-menghitam-halodoc

Halodoc, Jakarta – Jerawat memang adalah masalah kulit yang sangat mengganggu. Tidak hanya bisa mengurangi penampilan, jerawat juga bisa meninggalkan bekas pada kulit yang dapat menghitam! Hal ini tentu bisa bikin siapa saja yang mengalaminya jadi frustasi, khususnya wanita. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Yuk, cari tahu di sini.

Sebelum menghilangkan bintik hitam bekas jerawat pada kulit, kamu perlu tahu dulu apa penyebab kondisi tersebut. Jerawat merupakan bentuk peradangan pada kulit. Ketika jerawat kamu sembuh dan sel-sel kulit baru terbentuk, ada kemungkinan sel-sel yang membantu memulihkan permukaan halus kulitmu mengandung terlalu banyak melanin. Melanin adalah zat yang memberi warna pada kulit kamu. Nah, ketika sel-sel kulit tertentu memiliki lebih banyak melanin daripada yang lain, hasilnya adalah muncul bercak kulit yang lebih gelap. Kondisi ini disebut juga sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Hal apa saja yang bisa membuat peradangan kulit bertahan lebih lama, seperti memencet jerawat dapat meningkatkan risiko terjadinya hiperpigmentasi pasca jerawat. Orang-orang yang memiliki warna kulit yang lebih gelap juga lebih rentan mengalami kondisi ini.

Cara Menghilangkan Bintik Hitam Berbeda dengan Bekas Jerawat

Cara menghilangkan bintik hitam berbeda dengan cara menghilangkan bekas jerawat. Untuk menghilangkan bekas jerawat, jaringan kulit perlu dirusak atau tunggu sampai sel-sel kulit baru tumbuh dan menutupi bekas luka tersebut. Itulah mengapa bekas jerawat lebih sulit dihilangkan dan meskipun dapat memudar seiring waktu, bekas jerawat biasanya masih tetap terlihat. 

Baca juga: Ketahui 5 Cara untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Sedangkan bintik hitam bekas jerawat, biasanya merata pada permukaan kulit kamu. Mereka juga tidak menunjukkan kerusakan jangka panjang pada sel-sel kulit kamu, pori-pori atau folikel. Meskipun mungkin memakan waktu yang cukup lama, tetapi bintik-bintik hitam bekas jerawat dapat memudar seiring berjalannya waktu dan akhirnya hilang sepenuhnya. Hal ini bukan berarti kamu hanya bisa menunggu saja sampai bintik hitam memudar sepenuhnya. Nyatanya, ada banyak perawatan rumahan, resep obat bebas, dan bahkan perawatan dermatologi yang dapat menyingkirkan noda hitam tersebut lebih cepat.

Berikut cara-cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam:

  • Vitamin C

Jus lemon yang kaya akan vitamin C dipercaya mampu mencerahkan kulit, bahkan memudarkan bekas jerawat yang menghitam. Sayangnya, kamu yang memiliki jenis kulit sensitif dan kering dianjurkan untuk tidak memanfaatkan jus lemon untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam, karena rentan untuk mengalami iritasi.

  • Lidah Buaya

Banyak orang yang sering menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bintik-bintik hitam bekas jerawat. Nyatanya, lidah buaya memang agen penyembuh yang luar biasa, terutama untuk masalah kulit. Lidah buaya dipercaya dapat memudarkan bekas jerawat menghitam. Hal ini berkat kandungan lainnya yang dapat mencerahkan area kulit yang gelap.

Baca juga: 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

  • Ekstrak Biji Anggur

Ekstrak biji anggur adalah bahan alami lainnya yang dapat membantu kamu menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur yang dikonsumsi selama 6 bulan bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kulit melasma, yang mirip seperti hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

  • Tabir Surya

Menurut penelitian, pengobatan bintik-bintik hitam harus dimulai dengan menggunakan perlindungan terhadap matahari secara rutin. Jadi, kenakanlah tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, terlepas dari apakah hari itu cuaca mendung atau panas. Cara ini akan membantu mencegah terjadinya lebih banyak kerusakan pada kulit kamu.

Baca juga: Terapi Laser untuk Hilangkan Flek Hitam, Efektifkah?

Nah, itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Untuk menghilangkan jerawat, kamu juga bisa beli obat jerawat lewat aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Buy medicine dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. How to Remove Dark Spots from Pimples.