Ini Rangkaian Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Agustus 2023

“Beberapa tipe bekas jerawat bisa hilang dengan sendirinya, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama. Ini rangkaian skincare yang tepat untuk mempercepat proses tersebut.”

Ini Rangkaian Skincare untuk Menghilangkan Bekas JerawatIni Rangkaian Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

DAFTAR ISI

  1. Tipe-tipe Bekas Jerawat
  2. Rangkaian Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Halodoc, Jakarta – Ketika sudah berhasil menyembuhkan jerawat, masih ada satu tugas lagi yang harus kamu kerjakan. Ya, benar sekali, yaitu menghilangkan bekas jerawatnya. Maka dari itu kamu harus mengetahui produk penghilang bekas jerawat yang ampuh. 

Banyak yang bilang menghilangkan bekas jerawat bahkan lebih susah daripada menghilangkan jerawat itu sendiri. Hal ini sebenarnya tergantung dari tipe bekas jerawatnya. 

Ada beberapa jenis bekas jerawat memang ada yang sulit sekali memudar dan bisa berada di kulit sampai berbulan-bulan. Nah, berikut  produk untuk menghilangkan bekas jerawat.

Tipe-Tipe Bekas Jerawat

Sebelum mengetahui produk untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu sebaiknya mengetahui tipe-tipe bekas jerawat terlebih dahulu.

Tujuannya agar kamu tahu produk apa yang paling kamu butuhkan. Nah, berikut berbagai tipe bekas jerawat:

1. Bekas jerawat atrofi

Bentuknya adalah lekukan datar dan dangkal yang sembuh di bawah lapisan atas kulit.

Umumnya orang menyebut bekas jerawat ini sebagai ‘bopeng’. Ada tiga jenis bekas jerawat atrofi yaitu boxcar scars, ice pick scars, dan rolling scars.

Bekas jerawat ini biasanya terjadi karena kondisi jerawat batu yang parah. Tetapi, jenis jerawat lain juga bisa menjadi penyebabnya. 

2. Noda kemerahan

Jerawat terkadang meninggalkan bercak berwarna kemerahan atau keunguan. Bekas-bekas membandel ini dikenal sebagai post-inflammatory erythema (PIE).

PIE kemungkinan besar terjadi pada orang dengan warna kulit lebih terang. PIE juga biasanya sulit dihilangkan dan dapat bertahan selama beberapa bulan. 

Meski begitu, dengan bantuan skincare bekas jerawat ini dapat tersamarkan dengan lebih cepat.  

3. Hiperpigmentasi atau noda hitam

Setelah jerawat sembuh biasanya akan meninggalkan bercak kulit yang lebih gelap. Inilah yang disebut hiperpigmentasi atau noda hitam. 

Hiperpigmentasi dapat terjadi ketika kulit rusak akibat jerawat parah atau ketika kamu memencet jerawat.

Tetapi, dengan menggunakan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat dan rutin menggunakan sunscreen, noda hitam dapat memudar dan kembali ke warna aslinya. 

Rangkaian Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Beberapa bekas jerawat sebetulnya bisa hilang dengan sendirinya. Ini terjadi karena pada dasarnya kulit melakukan pengelupasan secara alami. 

Akan tetapi dengan bantuan skincare, maka proses menghilangkan bekas jerawat tentu akan lebih cepat.

Berikut adalah rangkaian skincare untuk menghilangkan bekas jerawat: 

1. Pembersih

Apapun jenis kulitmu penting sekali untuk membersihkan wajah terutama jika kamu menggunakan make-up. Kamu bisa menerapkan metode double-cleansing untuk membersihkan wajah secara mendalam.

Mulailah dengan pembersih yang berbahan dasar minyak untuk menghilangkan riasan, kotoran, dan debu. Lalu pijat ke seluruh wajah sekitar 2-3 menit untuk melunturkan seluruh kotoran. 

Setelah itu, bilas dengan air dan lanjutkan dengan menggunakan sabun pencuci wajah untuk membersihkan pori-pori dan sisa makeup. 

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi berguna untuk mengikis sel kulit mati di wajah. Akan tetapi, melakukan eksfoliasi berlebihan juga tidak bagus dan dapat membuat kulit lebih sensitif. Lakukanlah eksfoliasi cukup dua kali dalam seminggu.

Kamu bisa gunakan berbagai jenis produk eksfoliasi sesuai dengan kulitmu, biasanya ada yang berbentuk toner atau masker.

Dengan rutin melakukan eksfoliasi kamu dapat mengurangi komedo, bruntusan, dan menyamarkan bekas jerawat. 

3. Serum

Serum merupakan campuran bahan terkonsentrasi untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

Saat membeli produk penghilang bekas jerawat, pilih serum dengan kandungan niacinamide, vitamin C, alpha arbutin, atau azelaic acid. Ketahui pula  Kandungan dalam Basic Skincare Rutin.

Bahan-bahan ini dapat mencerahkan kulit, yang efeknya juga akan mencerahkan bekas jerawat yang kehitaman atau kemerahan.

Akan tetapi karena kandungan serum biasanya cenderung tinggi, pastikan untuk menggunakan sunscreen setelah mengaplikasikan serum. 

4. Pelembap

Kulit yang terhidrasi adalah kulit yang sehat, dan kulit yang sehat lebih mampu menyembuhkan dan melawan jerawat. Kamu bisa menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Apabila kulitmu kering, gunakan pelembap dengan tekstur krim. Sementara jika kulitmu berminyak gunakan pelembap dengan tekstur gel-krim atau gel. Namun, Jangan Sembarangan dalam Memilih Pelembap, Ini 3 Tipsnya

5. Tabir surya

Setelah menggunakan rangkaian skincare untuk menghilangkan bekas jerawat, tahap terakhir yang harus kamu lakukan di pagi hari adalah menggunakan tabir surya atau sunscreen. Apalagi di cuaca yang sangat panas seperti akhir-akhir ini.

Selain mencegah kanker kulit, sunscreen juga dapat mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat. 

Jika kamu tidak menggunakan sunscreen maka semua produk untuk menghilangkan bekas jerawat yang kamu gunakan akan sia-sia dan tidak bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu, jangan lupa pakai sunscreen, ya. 

Produk Penghilang Bekas Jerawat yang Bisa Dicoba

Setelah mengetahui rangkaian skincare di atas, berikut berbagai rekomendasi produk untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Acnes Spot Care 12 g

Rekomendasi produk penghilang bekas jerawat yang bisa kamu coba yaitu Acnes Spot Care. Produk ini merupakan gel transparan yang bisa merawat bekas jerawat, melembutkan kulit kasar serta menyamarkan noda hitam

Khasiat tersebut berasal dari kandungan vitamin E, vitamin B6, ascorbyl glucoside, dan arbutin.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, oleskan gel ke bekas jerawat sebanyak 2-3 kali sehari.

Cara penggunaannya, bersihkan wajah terlebih dahulu lalu keringkan dengan handuk lembut. Keluarkan Acnes Spot Care secukupnya ke ujung jari, lalu oleskan pada noda bekas jerawat.

Rentang harga: Rp33.300 – Rp56.900 per tube.

Dapatkan Acnes Spot Care 12 g di Toko Kesehatan Halodoc

2. Dermatix Acne Spot Care 7 g

Produk untuk menghilangkan bekas jerawat selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Dermatix Acne Spot Care. Kandungan Dermatix CPX Silicone, antioksidan, dan ektrak ActivGCS (lendir siput)-nya efektif menyamarkan noda hitam dan memperbaiki tampilan bekas jerawat. 

Cara kerjanya produk ini dengan memperlambat perpindahan melanin ke lapisan atas kulit dan meningkatkan produksi kolagen agar kulit dapat mengisi area bekas luka secara alami.

Oleskan gel dua kali sehari, setiap pagi dan malam sebagai rutinitas perawatan bekas jerawat. 

Rentang harga: Rp95.000 – Rp208.500 per tube

Dapatkan Dermatix Acne Spot Care 7 g di Toko Kesehatan Halodoc

3. Verile Blemish Cream 10 g

Kemudian, ada Verile Acne Blemish Cream yang termasuk produk penghilang bekas jerawat.

Krim ini memiliki formulasi khusus untuk mengatasi bekas jerawat, menyamarkan noda hitam, dan melembutkan kulit kasar di sekitar area bekas jerawat. 

Semua manfaat tersebut berasal dari kandungan Centella asiatica, ekstrak Licorice, ekstrak Aloe vera, natural vitamin E, dan vitamin B3 (niacinamide)-nya.

Sama seperti produk-produk sebelumnya, cukup oleskan krim dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang nyata.

Rentang harga: Rp26.100 – Rp58.700 per tube

Dapatkan Verile Blemish Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc

Itulah rangkaian skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu coba di rumah.

Jika punya pertanyaan lain seputar perawatan bekas jerawat, jangan ragu menghubungi dokter spesialis kulit melalui aplikasi Halodoc. Download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 5 Types of Acne Scars and How to Treat Them.
Healthline. Diakses pada 2023. How to Treat Post-Inflammatory Erythema.
Healthline. Diakses pada 2023. How to Treat Acne-Related Hyperpigmentation.
Healthline. Diakses pada 2023. What Order Should I Follow for My Skin Care Routine?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan