• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat

Begini Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Mei 2022

“Cara menghilangkan batuk bisa dengan obat alami atau dengan obat medis, tergantung penyebab dan seberapa parah kondisi. Cara alami juga bisa diandalkan seperti dengan konsumsi madu, berkumur dengan air garam, hingga meningkatkan asupan cairan.”

Begini Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat

Halodoc, Jakarta – Batuk merupakan hal yang umum terjadi. Sebenarnya batuk adalah mekanisme alami tubuh untuk membantu menjaga tenggorokan tetap bersih dari dahak dan iritasi lainnya. Namun, batuk yang berkelanjutan akan sangat mengganggu sehingga harus segera diatasi. Cara menghilangkan batuk bisa dengan obat alami atau dengan obat medis, tergantung penyebab dan seberapa parah kondisi.

Selain itu, kamu perlu waspada karena batuk berkelanjutan bisa menjadi gejala sejumlah kondisi. Seperti alergi, infeksi virus, dan infeksi bakteri. Terkadang batuk bukan karena hal yang berhubungan dengan paru-paru. Namun bisa jadi penyakit refluks gastroesofageal (GERD) yang menyebabkan batuk. Lantas bagaimana cara menghilangkan batuk dengan cepat?

Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat

Kamu bisa mengobati batuk yang diakibatkan pilek, alergi, dan infeksi sinus dengan sejumlah obat bebas resep. Namun, jika kamu ingin mengatasi batuk dengan pilihan lain, berikut beberapa cara rumahan yang dapat dipertimbangkan:

1. Madu

Madu telah lama digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bahkan madu juga dapat meredakan batuk lebih efektif dibandingkan obat bebas resep yang mengandung dekstrometorfan. Kamu bisa membuat obat batuk sendiri di rumah dengan mencampur dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.

2. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Meskipun tidak meredakan batuk secara langsung, namun probiotik dapat membantu menyeimbangkan flora gastrointestinal atau bakteri alami yang hidup dalam usus manusia.

Nah, cara paling alami untuk mendapatkan probiotik adalah melalui makanan fermentasi, misalnya: 

  • Yogurt.
  • Kefir.
  • Tempe.
  • Kimchi.

3. Minuman Hangat

Minuman seperti teh hangat atau air lemon hangat dapat meredakan tenggorokan yang terasa perih atau sakit akibat batuk. Cairan hangat juga membantu melepaskan lendir dari tenggorokan saat batuk. 

4. Tingkatkan Asupan Cairan

Meningkatkan kebutuhan cairan merupakan tindakan yang baik ketika sedang batuk. Tetap terhidrasi dengan baik adalah cara yang tepat untuk membantu mengencerkan lendir. Cairan tidak hanya kamu dapatkan dari minuman, tapi bisa juga melalui sup ayam atau sup daging. 

5. Berkumur dengan Air Asin

Cara ini mungkin relatif sederhana, akan tetapi nyatanya berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan tenggorokan gatal yang menyebabkan batuk. Mencampur ¼ hingga ½ sendok teh garam dengan segelas air hangat dapat meredakan iritasi. 

6. Minum Air Jahe

Jahe juga menjadi salah satu obat tradisional yang populer dan sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya meredakan batuk. Minuman air jahe dipercaya dapat mengendurkan otot-otot saluran napas. Hal ini bisa bermanfaat untuk gejala asma dan batuk.

Itulah yang perlu diketahui mengenai cara menghilangkan batuk dengan cepat dan aman. Jika batuk yang kamu alami cukup serius dan menimbulkan gejala yang parah, sebaiknya periksakan ke dokter. Temukan dokter yang tepat di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan perawatan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. 10 Tips for Day and Night Cough Relief
WebMD. Diakses pada 2022. Slideshow: Tips for Calming Your Cough
Healthline. Diakses pada 2022. The Best Natural Cough Remedies