Begini Pola Hidup Sehat agar Anak Cerdas

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Pola Hidup Sehat agar Anak Cerdas

Halodoc, Jakarta – Ada banyak faktor yang memengaruhi tumbuh kembang Si Kecil, termasuk dalam perkembangan otak dan tingkat kecerdasan. Pola hidup sehat menjadi salah satu hal yang turut andil dalam hal tersebut. Maka dari itu, sangat penting bagi para orangtua selalu mengajarkan anak menerapkan pola hidup sehat untuk membantu perkembangannya. 

Menerapkan pola hidup sehat tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak secara keseluruhan. Hal ini juga berpengaruh pada perkembangan otak dan pembentukan kecerdasan Si Kecil. Biar lebih mudah dan mendapat manfaat penuh, pola hidup sehat sebaiknya diterapkan sedini mungkin pada anak-anak. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melatih anak menjalani gaya hidup sehat.

Baca juga: Benarkah Kecerdasan Anak Diwarisi dari Ibu?

Menerapkan Pola Hidup Sehat pada Anak 

Menerapkan pola hidup sehat adalah hal yang susah-susah gampang dilakukan, terutama pada anak. Umumnya, anak-anak masih sangat menyukai hal-hal yang menyenangkan, sayangnya tidak semua hal itu sehat dan baik untuk pertumbuhan Si Kecil. Cara terbaik untuk menerapkan pola hidup sehat pada anak adalah dengan mengajarkannya sejak dini dan memberi contoh langsung. 

Peran orangtua sangat besar dalam mendidik anak. Orangtua juga sangat memengaruhi gaya hidup yang akan dijalani anak yang akan berdampak pada tumbuh kembang anak, termasuk perkembangan otak dan kecerdasan. Berikut ini beberapa tips pola hidup sehat yang bisa diterapkan untuk membantu perkembangan otak Si Kecil lebih maksimal!

  • Makanan Sehat 

Asupan makanan yang sehat menjadi hal utama untuk membantu perkembangan otak Si Kecil. Maka dari itu, biasakan anak menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Anak-anak membutuhkan jenis makanan yang mengandung protein, zink, folat, serta berbagai kandungan vitamin, seperti vitamin A, D, B6, dan B12. Jenis-jenis makanan tersebut nyatanya baik untuk perkembangan otak anak serta meningkatkan kecerdasan. 

Baca juga: Sering Bermain di Luar Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak?

  • Ajak Anak Bicara 

Meski terkesan sepele, tetapi rutin mengajak Si Kecil berbicara nyatanya bisa membantu mengembangkan otak dan kecerdasannya. Hal ini bahkan disarankan sejak anak masih bayi. Meski belum mengerti dan belum bisa membalas apa yang dibicarakan, tetapi sebuah penelitian menyebut bahwa bayi-bayi yang sejak kecil sering diajak berbicara cenderung memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik. Selain itu, mereka juga umumnya akan lebih cerdas dan memiliki kemampuan belajar di atas rata-rata.

  • Aktivitas Menyenangkan 

Merangsang kecerdasan anak juga bisa dilakukan melalui aktivitas-aktivitas menyenangkan. Ajak Si Kecil untuk pergi ke taman dan membaca buku atau sekadar memasak makanan sehat bersama. Hal ini bisa membantu perkembangan dan keterampilan anak dan juga meningkatkan kecerdasannya. Ingat, tidak perlu mainan yang mahal untuk membuat anak merasa senang. 

  • Berolahraga 

Di akhir pekan, cobalah untuk mengajak Si Kecil berolahraga bersama. Selain membuat tubuh lebih bugar dan terhindar dari penyakit, aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin juga bisa merangsang kecerdasan anak. Tidak hanya itu, berolahraga bersama juga bisa membangun kedekatan dan ikatan antara anak dengan orang tua. 

Baca juga: Kiat Sederhana Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter kapan dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Caring for Kids. Diakses pada 2019. Your baby’s brain: How parents can support healthy development.
Harvard Medical School. Diakses pada 2019. The crucial brain foods all children need.
BBC. Diakses pada 2019. Why the way we talk to children really matters.