• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Buah Durian Perlu Dihindari Pengidap Diabetes?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Buah Durian Perlu Dihindari Pengidap Diabetes?

Benarkah Buah Durian Perlu Dihindari Pengidap Diabetes?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 November 2021
Benarkah Buah Durian Perlu Dihindari Pengidap Diabetes?

“Mengidap diabetes memang bukan kondisi yang mudah diterima. Apalagi hingga kini belum ada obat yang mampu menyembuhkannya. Belum lagi ada sederet makanan enak yang harus dihindari. Salah satunya adalah buah durian, karena dapat memicu lonjakan gula darah dalam tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Memang benar jika pengidap diabetes harus menjauhi berbagai jenis makanan tertentu. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kamu tetap bisa mengonsumsinya, tetapi dalam jumlah kecil saat gula darah sudah terkontrol dengan baik. Lantas, bagaimana dengan buah durian?

Baca juga: Efek Samping Konsumsi Sukrosa Berlebih pada Anak

Buah Durian Memicu Lonjakan Gula Darah dalam Tubuh

Diabetes merupakan kondisi yang terjadi saat tubuh tidak memproduksi cukup insulin untuk mengolah glukosa darah. Artinya, pengidap diabetes memiliki kadar glukosa lebih tinggi dari yang seharusnya. Hal tersebut yang membuat pengidapnya harus membatasi asupan gula dari makanan dan minumannya.

Lantas, bagaimana dengan durian? Buah durian mengandung tinggi kolesterol yang berbahaya jika dikonsumsi oleh pengidap penyakit jantung dan gangguan sirkulasi darah. Buah ini juga tidak aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes, karena memiliki kandungan tinggi fruktosa.

Alih-alih mengonsumsi buah durian, sebaiknya kamu menikmati asupan yang lebih sehat, seperti biji-bijian, protein tanpa lemak, buah dan sayuran. Jangan lupa untuk membatasi asupan gula, lemak dan garam. Usahakan untuk menjalani diet sehat secara konstan dan teratur.

Jika kadar gula darah sudah kembali normal, di sinilah waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah durian. Itu pun tidak dapat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Maksimal 2 biji durian. Meski kadar gula darah sudah normal, durian mengandung fruktosa yang dapat memperburuk gejala diabetes.

Perlu diperhatikan juga, makan buah durian selama proses pengobatan berlangsung dapat menghambat kerja obat yang dikonsumsi. Jika ingin mengonsumsi buah yang satu ini, pastikan gula darah dalam tubuh sedang berada dalam angka yang normal dan tidak sedang mengonsumsi obat-obatan.

Baca juga: Catat, Ini 5 Makanan yang Disarankan untuk Pengidap Diabetes

Tips Aman Konsumsi Durian untuk Pengidap Diabetes

Selain memastikan gula darah dalam tubuh sedang berada dalam angka yang normal dan tidak sedang mengonsumsi obat-obatan, ada hal lain yang perlu diperhatikan. Hal yang satu ini bisa dibilang semacam “ritual” yang wajib dilakukan pengidap diabetes sebelum mengonsumsi buah durian.

Pertama, pengidapnya harus menyiapkan beberapa jenis sayuran mentah atau salad sayur yang dikonsumsi setelah dicuci bersih. Selanjutnya, konsumsi 1 buah mentimun dan 1 buah tomat segar. Kombinasi sejumlah sayuran tersebut dinilai efektif untuk mencegah lonjakan gula darah setelah mengonsumsi durian.

Baca juga: Benarkah Madu Aman untuk Dikonsumsi Pengidap Diabetes?

Pada intinya, pengidap diabetes tidak sepenuhnya dilarang untuk mengonsumsi buah durian. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan sebelumnya. Meski dinilai aman, sebaiknya memang para pengidap diabetes  menghindari buah yang satu ini. Bukan durian saja, berikut ini beberapa makanan yang memicu lonjakan gula darah:

  • Nasi putih dan makanan tertentu yang berbahan dasar tepung.
  • Makanan yang digoreng.
  • Buah-buahan yang sudah dikeringkan.
  • Kopi dengan pemanis tambahan.
  • Saus tomat dan saus sambal kemasan.

Jika kamu adalah pengidap diabetes yang mengalami gangguan kesehatan tertentu setelah mengonsumsi beberapa makanan yang telah disebutkan sebelumnya, silahkan diskusikan gangguan yang dialami dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya. Segera download aplikasinya di sini.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Emedicinehealth. Diakses pada 2021. Durian.
Health Hub. Diakses pada 2021. Desserts, Durian, Diet: Busting Diabetes Myths.
WebMD. Diakses pada 2021. Durian.
Healthline. Diakses pada 2021. Durian Fruit: Potent smell but Incredibly Nutritious.