Catat, Ini 5 Makanan yang Disarankan untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 November 2021
Catat, Ini 5 Makanan yang Disarankan untuk Pengidap DiabetesCatat, Ini 5 Makanan yang Disarankan untuk Pengidap Diabetes

Pengidap diabetes wajib memilih makanan yang tepat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Pasalnya, naiknya gula darah dapat memperburuk kondisi dan berisiko mengembangkan komplikasi yang tidak diinginkan.“

Halodoc, Jakarta – Ketika didiagnosis mengidap diabetes, tentunya kamu tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan untuk menjaga gula darah tetap stabil. Nah, kamu tak perlu khawatir, sebab sebenarnya tidak sulit kok mengonsumsi jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Banyak di antaranya yang mudah kamu temukan dan rasanya pun tetap lezat, tergantung bagaimana cara kamu mengolahnya. Kalau kamu masih bingung, berikut beberapa jenis makanan untuk pengidap diabetes yang disarankan:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau sangat bergizi, rendah kalori dan yang terpenting rendah kandungan karbohidratnya. Hal ini tentu bagus dan tidak memengaruhi kadar gula darah secara signifikan. Melansir dari Healthline, beberapa bukti menunjukkan bahwa pengidap diabetes memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah daripada orang tidak diabetes.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Tentang Diabetes Tipe 2

Itu sebabnya, pengidap diabetes mungkin butuh asupan vitamin C yang lebih besar. Bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya adalah sumber banyak vitamin dan mineral terbaik, termasuk vitamin C. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat dan juga memiliki kualitas antiinflamasi. Meningkatkan asupan makanan yang kaya vitamin C dapat membantu pengidap diabetes dalam mencegah peradangan dan kerusakan sel

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, teri, dan mackerel adalah sumber asam lemak omega-3 DHA dan EPA, yang membantu mengatur gula darah. DHA dan EPA melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, mengurangi penanda peradangan dan dapat membantu meningkatkan fungsi arteri.

Ikan berlemak juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi, sehingga membantu pengidap diabetes agar merasa kenyang lebih lama. Secara tidak langsung, hal ini dapat menstabilkan kadar gula darah.

3. Alpukat

Alpukat

Buah yang satu ini terkenal mengandung lemak baik dan rendah gula. Satu buah alpukat setidaknya mengandung 1 gram gula, sedikit karbohidrat, kandungan serat tinggi, dan lemak sehat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir gula darah naik saat mengonsumsi buah ini.

Baca juga: Cara Tepat Melakukan Perawatan Diabetes secara Mandiri di Rumah

Konsumsi alpukat juga mampu menurunkan berat badan dan indeks massa tubuh. Hal ini membuat alpukat menjadi camilan yang ideal untuk pengidap diabetes. Pasalnya, obesitas adalah salah satu faktor risiko penyakit diabetes.

4. Telur

Telur

Konsumsi telur secara teratur dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik), dan mengubah ukuran dan bentuk kolesterol LDL (jahat). Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa makan sarapan telur yang tinggi lemak dan rendah karbohidrat dapat membantu pengidap diabetes mengelola kadar gula darah.

5. Kacang

Kacang

Sebagian besar jenis kacang mengandung serat dan rendah karbohidrat. Penelitian pada berbagai jenis kacang telah menunjukkan bahwa konsumsi secara teratur dapat mengurangi peradangan dan menurunkan gula darah. Kacang juga dapat membantu pengidap diabetes meningkatkan kesehatan jantung.

Baca juga: Inilah Tanda-tanda Kalau Kamu Kelebihan Gula Darah

Jika kamu merasa mengalami tanda diabetes, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk memastikannya. Hati-hati, diabetes yang tak terkontrol bisa menyebabkan komplikasi yang serius pada tubuh. Nah, jangan tunda untuk bertanya ke dokter sebelum kondisinya semakin tidak terkendali. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Diet for People Living with Diabetes: The Best Foods to Choose and More.
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease. Diakses pada 2021.Diabetes Diet, Eating, & Physical Activity.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan