• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Antioksidan, Ini Sejuta Manfaat Tomat

Kaya Antioksidan, Ini Sejuta Manfaat Tomat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Tomat mengandung senyawa antioksidan bernama likopen, yaitu senyawa yang membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker. Bukan hanya likopen, tomat juga mengandung rendah lemak, vitamin A, B6, K, lutein, kalium, karotenoid, tiamin, serta folat. Dengan segudang manfaat baik yang terkandung di dalamnya, apa saja manfaat tomat bagi kesehatan tubuh?

Baca juga: Sahur Sehat, Coba Konsumsi 5 Sayur Ini

  • Mengatasi Peradangan

Tomat bersifat antiinflamasi karena kandungan tomatine di dalamnya. Tomat juga dapat mengangkat lemak dan kotoran pada wajah karena kandungan asam sitrat di dalamnya.

  • Mencegah Kerusakan Kulit

Likopen dalam tomat mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar UV. Manfaat tomat lainnya bagi kulit adalah membantu menjaga kulit tampak awet muda. Vitamin C di dalamnya dapat memicu tubuh memproduksi kolagen yang dapat membantu mencegah kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit secara menyeluruh.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Beta karoten dalam tomat dapat membuat organ penglihatan menjadi lebih sehat. Kandungan vitamin A di dalam tomat mampu meningkatkan produktivitas retina, terutama dalam pencahayaan yang kurang. Dengan rutin mengonsumsi tomat, membuat mata lebih jeli melihat warna.

  • Mengatasi Penggumpalan 

Manfaat tomat berikutnya adalah mengatasi rasa kelelahan pada mata, serta mencegah terjadinya penggumpalan darah. Selain itu, tomat juga dapat menjaga keseimbangan kesehatan tubuh.

  • Mengatasi Bisul

Manfaat tomat yang satu ini mungkin jarang terdengar. Ketika kamu memiliki bisul, kamu dapat memanaskan biji dan daging tomat, kemudian letakkan pada area yang mengalami bisul. Diamkan beberapa saat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat mengulangi langkah ini sesering mungkin.

Baca juga: Pantangan Asam Urat, Hindari 3 Sayuran Ini

  • Meredakan Jerawat

Untuk mengatasi jerawat pada wajah, kamu dapat memotongnya menjadi beberapa bagian tipis, kemudian gosokkan perlahan pada area yang berjerawat. Lakukan langkah tersebut selama sebulan.

  • Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat tomat selanjutnya adalah mengembalikan fungsi liver, mengatasi gangguan pencernaan, penyakit empedu, serta mencegah penyakit kolera.

  • Mengatasi Penyakit Jantung

Likopen yang terkandung dalam tomat dapat mengatasi penyakit jantung, menyamarkan kerutan, serta bintik hitam pada wajah. Kandungan kalium dan likopen di dalamnya efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan membantu menjaga kestabilan irama jantung.

  • Menjaga Berat Badan

Manfaat tomat selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai kandungan baik yang terdapat dalam buah tomat yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi saat menjalani program diet.

  • Mengatasi Nyeri Sendi 

Pernah mengalami keseleo? Sebelum memijatnya, coba atasi dengan tomat. Manfaat tomat yang satu ini dapat dinikmati dengan mencampur tomat dengan wijen, kemudian blender. Panaskan diatas api sedang sampai berminyak. Kemudian minyak ini dapat digunakan untuk memijat sendi yang keseleo.

Baca juga: Jangan Terlalu Lama Memasak Tomat, Ini Alasannya

Meskipun memiliki segudang manfaat baik, mengonsumsinya secara berlebihan dapat memicu timbulnya sejumlah efek buruk. Tomat juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan bagi para pengidap penyakit jantung, karena memiliki kadar kalium yang tinggi. Sedangkan pada pengidap gangguan ginjal, tomat tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, karena mengandung kalium dan potasium.

Jika kamu memiliki alergi bahan makanan tertentu atau tengah mengidap suatu masalah kesehatan, diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc sebelum mengonsumsi tomat. Jika sembarangan dikonsumsi, alih-alih sehat, kamu justru akan mengidap sejumlah masalah kesehatan tertentu.

Referensi:

Organic Facts. Diakses pada 2020. 11 Impressive Benefits of Tomatoes.

Healthline. Diakses pada 2020. Tomatoes 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Medical News Today. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Tomatoes.