Benarkah Pilek Bisa Disembuhkan Tanpa Obat?

Benarkah Pilek Bisa Disembuhkan Tanpa Obat?

Halodoc, Jakarta - Pilek muncul saat virus menginfeksi hidung dan tenggorokan. Pilek biasanya tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya.  Anak-anak di bawah 6 tahun berisiko paling tinggi terkena pilek ketimbang orang dewasa.

Ini karena, daya tahan tubuh anak belum terbentuk sempurna seperti orang dewasa. Kebanyakan orang sembuh dari pilek dalam seminggu atau 10 hari. Gejala pilek mungkin akan sembuh lebih lama pada orang yang merokok. Jika gejalanya tidak membaik, lebih baik kunjungi dokter untuk mencari penyebabnya.

Baca Juga: Ini 4 Obat Pilek dari Bahan Alami yang Tersedia di Rumah

Gejala Pilek

Gejala pilek biasanya muncul 1–3 hari setelah paparan virus penyebab pilek. Tanda dan gejala dapat bervariasi pada setiap orang. Gejalanya dapat berupa :

  • Hidung meler atau pengap

  • Sakit tenggorokan

  • Batuk

  • Sakit kepala ringan

  • Bersin

  • Demam ringan

  • Tidak enak badan (malaise)

  • Muncul ingus yang lebih tebal dan berwarna kuning atau hijau.

Jika demam mencapai 38,5 Celsius yang berlangsung selama lima hari dan disertai sesak napas serta sakit sinus, sebaiknya periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi lainnya.

Apakah Pilek Bisa Sembuh Tanpa Obat?

Jawabannya ya, pilek merupakan flu ringan yang bisa sembuh tanpa perawatan khusus maupun konsumsi obat. Ini karena infeksi yang terjadi masih bersifat ringan, sehingga pengidapnya hanya perlu beristirahat untuk memulihkan tubuh. Pilek juga bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan banyak minum air putih.

Saat terserang pilek, penting untuk memenuhi cairan tubuh yang hilang akibat hidung terus-menerus mengeluarkan ingus. Adapun contoh perawatan rumahan yang efektif mengurangi gejala pilek, yakni:

1. Meniup Hidung dengan Benar

Sangat penting untuk meniup hidung secara teratur ketika terserang pilek. Tapi saat kamu meniup dengan keras, tekanan bisa membawa dahak berisi kuman kembali ke saluran telinga yang berisiko menyebabkan sakit telinga. Cara terbaik untuk meniup hidung adalah dengan menekan satu jari di atas satu lubang hidung, kemudian tiup hidung dengan lembut untuk mengeluarkan lendir.

Baca Juga: Kenapa Kehujanan Bisa Bikin Pilek?

2. Menggunakan Air Garam Hangat

Menggunakan air garam sudah cukup populer untuk meringankan hidung tersumbat. Caranya, campurkan 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh baking soda dalam 1/2 liter air hangat. Gunakan pipet kecil untuk menyemprotkan air ke dalam hidung. Pegang satu lubang hidung tertutup dengan memberikan tekanan jari ringan sambil menyemprotkan campuran garam ke lubang hidung lainnya, lalu biarkan mengalir. Ulangi cara ini dua sampai tiga kali.

3. Minum Air Hangat

Cairan panas dapat meringankan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan menenangkan selaput yang meradang dan tidak nyaman. Kamu bisa membuat secangkir teh herbal panas yang dicampur madu untuk melegakan hidung dan tenggorokan.

Selain minum air hangat, mandi air hangat juga punya fungsi yang serupa. Uap yang timbul saat mandi menggunakan air hangat melembabkan saluran hidung serta membuat tubuh menjadi rileks.

4. Mengoleskan Balsem di Bawah Hidung

Mengoleskan sedikit balsem di bawah hidung dapat membantu membuka saluran pernapasan dan mengembalikan kulit yang teriritasi di pangkal hidung. Menthol atau kayu putih yang terkandung dalam balsem dapat membantu meringankan rasa sakit dari hidung yang digosok terus-menerus serta melegakan hidung tersumbat.

5. Tidur dengan Bantal Ekstra di Bawah Kepala

Sebelum tidur, coba lipat bantal menjadi dua atau susun dua buah bantal dibawah kepala agar posisinya sedikit terangkat. Sebab, posisi kepala yang sedikit terangkat akan membantu meringankan hidung tersumbat.

Baca Juga: Inilah 6 Cara Mengatasi Pilek pada Bayi


Biar enggak gampang kena pilek, mungkin kamu perlu konsumsi vitamin atau suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beli vitamin atau suplemennya lewat aplikasi Halodoc aja. Tinggal klik fitur Buy Medicine yang ada di aplikasi Halodoc untuk membeli vitamin atau suplemen yang kamu butuhkan. Setelah dipesan, obat akan segera diantar ke tempat tujuan. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!