Ini 4 Obat Pilek dari Bahan Alami yang Tersedia di Rumah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
obat pilek alami, obat pilek di rumah, Pergantian musim dari kemarau ke penghujan

Halodoc, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Indonesia baru saja memasuki musim penghujan. Pergantian musim dari kemarau ke penghujan akan terasa begitu ekstrem dengan perubahan suhu yang signifikan. Dengan perubahan suhu yang ekstrem, tidak sedikit juga orang-orang yang terserang penyakit musiman, seperti pilek. Kondisi ini disebabkan oleh menurunnya sistem imunitas tubuh ketika sedang beradaptasi dengan pergantian suhu yang terbilang ekstrem. Jika sudah terserang pilek, kamu bisa menyiasatinya dengan obat pilek alami yang bisa kamu temukan di rumah. Inilah solusi obat pilek alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah!

Baca juga: Sering Tertukar, Inilah Bedanya Pilek dan Flu

Pilek, Penyakit Musiman saat Pergantian Musim

Pilek merupakan penyakit musiman saat pergantian musim kemarau ke penghujan berlangsung. Ketika mengidap pilek, seseorang akan mengeluarkan lendir dari hidungnya. Kondisi ini bisa terjadi sesekali maupun secara terus-menerus. Lendir dari hidung ini bisa terlihat bening, kekuningan, atau kehijauan. Lendir ini juga bisa mempunyai tekstur yang kental atau encer, tergantung dari penyebab yang mendasarinya.

Lendir ini diproduksi oleh saluran udara yang bernama sinus dan berada di dalam hidung. Lendir ini berfungsi untuk menjaga kelembapan saluran napas, dan mencegah masuknya kotoran atau kuman ke dalam paru-paru. Pilek memang gejala dari suatu penyakit. Dalam beberapa kondisi, pilek bisa disertai dengan gejala lainnya seperti bersin, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, demam, dan tubuh terasa lemas.

Pilek umumnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika kamu mengalami beberapa hal ini, inilah saatnya kamu untuk diskusikan masalah kesehatan kamu dengan dokter. Pilek akan jadi indikasi berbahaya jika keluar lendir kehijauan dengan bau tidak sedap disertai dengan darah pada salah satu lubang saja, dan pilek berlangsung lebih dari 10 hari.

Baca juga: Sudah Tahu Perbedaan dari Pilek dan Flu? Cari Tahu Di sini!

Terserang Pilek, Ini Obat dari Bahan Alami yang Bisa Digunakan

Jika kamu atau salah satu anggota keluarga kamu terserang pilek, kamu enggak perlu tergesa-gesa untuk periksa ke dokter. Karena dengan mengonsumsi beberapa bahan alami ini, gejala pilek akan segera mereda. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai langkah awal pengobatan penyakit pilek, yaitu:

  1. Jahe. Jahe yang dikonsumsi saat terserang pilek akan membuat membuat otot saluran pernapasan lebih relaks dan merangsang sistem kekebalan tubuh lebih aktif. Jahe juga berguna untuk mengatasi rasa mual dan membantu menghangatkan tubuh dari dalam.

  2. Madu. Madu bisa dikonsumsi sebagai obat pilek karena madu. Madu mengandung sifat antimikroba, antibakteri, dan antioksidan yang mampu melawan virus, bakteri, dan jamur. Madu juga membantu mengurangi gangguan tenggorokan secara alami.

  3. Peppermint. Peppermint merupakan tanaman yang daunnya digunakan sebagai obat untuk batuk radang, mulut, tenggorokan, infeksi sinus, dan infeksi pernapasan. Peppermint juga bisa digunakan untuk seseorang yang tengah mengidap masalah pencernaan seperti diare, Sindrom Iritasi Usus (IBS), dan kram pada saluran atas gastrointestinal.

  4. Bawang putih. Kamu bisa menambahkan bawang putih ke dalam menu sehari-hari sebagai upaya untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bawang putih mengandung bahan kimia alami yang di dalamnya dapat melawan virus dan meningkatkan sel-sel sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Ketahui Gejala dan Cara Mengatasi Pilek di Rumah

Nah, itulah beberapa bahan obat pilek alami yang bisa digunakan untuk mengobati pilek. Jika kamu ingin mengetahui tips kesehatan lainnya, atau mau ngobrol langsung dengan dokter ahli mengenai masalah kesehatan kamu? Halodoc bisa jadi solusinya. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!