Benarkah Rutin Konsumsi Buah Bit Dapat Turunkan Kolesterol?

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Benarkah Rutin Konsumsi Buah Bit Dapat Turunkan Kolesterol?

Halodoc, Jakarta – Rutin mengonsumsi buah bit dikenal ampuh menekan risiko penyakit hipertensi, sebab jenis buah yang satu ini bisa membantu menstabilkan tekanan darah. Selain itu, buah bit nyatanya masih memiliki banyak khasiat lain untuk tubuh. Buah bit juga disebut-sebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Benarkah? 

Seseorang dikatakan memiliki kolesterol tinggi jika angka hasil pemeriksaan darah menunjukkan 240 mg/dl. Kadar normal kolesterol pada orang dewasa adalah kurang dari 200 mg/dl. Naiknya kadar kolesterol dapat memicu terjadinya berbagai masalah kardiovaskular, mulai dari aterosklerosis, akumulasi kolesterol, dan plak berbahaya di dinding arteri.

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit

Manfaat Sehat Buah Bit  

Buah bit disebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi. Namun, hal ini masih membutuhkan pembuktian dan penelitian lebih lanjut. Namun pada dasarnya, rutin mengonsumsi buah-buahan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.  Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Horticultural Science & Biotechnology membuktikan hal tersebut. Dengan kata lain, rutin mengonsumsi buah bit mungkin saja bisa menurunkan kadar kolesterol. 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus di tahun 2011 menunjukkan bahwa buah bit bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak buah bisa membantu menurunkan kolesterol total serta trigliserida. Selain itu, buah ini juga berfungsi dalam meningkatkan kadar “kolesterol baik” alias HDL. 

Dalam satu buah bit, terkandung banyak nutrisi penting, seperti folat, kalium, vitamin C, serat, magnesium, protein, nitrat, hingga antioksidan. Seluruh kandungan nutrisi yang ada pada buah tersebut, nyatanya dibutuhkan tubuh dan bisa membantu melengkapi asupan gizi harian. Selain itu, ternyata mengonsumsi buah bit bisa membantu memberi beragam manfaat lain, seperti: 

  • Meningkatkan Stamina 

Mengonsumsi buah bit ternyata bisa membantu meningkatkan stamina tubuh. Hal ini menjadikan buah bit dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Orang yang mengonsumsi buah ini disebut mampu berolahraga hingga 16 persen lebih lama dari sebelumnya. Kandungan nutrisi yang ada dalam buah bit disebut mampu merangsang peningkatan stamina tubuh. 

  • Menurunkan Tekanan Darah

Buah bit sudah lama dikenal mampu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang stabil bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, dan sirkulasi darah berjalan lancar. Selain itu, hal ini juga bisa membantu mencegah terjadinya penyakit hipertensi. 

Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

  • Mencegah Kanker 

Rutin mengonsumsi buah bit juga disebut bisa membantu mencegah kanker. Hal ini didapat dari kandungan betalains, yang disebut bisa membantu melawan serangan sel kanker dalam tubuh manusia. Selain itu, kandungan ini juga berperan dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa menjadi pemicu tumbuhnya sel kanker. 

  • Membentuk Kekuatan Otot 

Tak hanya menambah stamina, rutin mengonsumsi segelas jus buah bit juga bisa membantu pembentukan kekuatan otot. Orang yang rutin mengonsumsi segelas jus buah bit sebelum berolahraga disebut menunjukkan peningkatan kekuatan otot hingga 13 persen dibanding sebelum mengonsumsi. Hal ini berkat kandungan nitrat yang tinggi dalam buah bit yang bisa membantu melancarkan aliran darah pada pembuluh vena dan arteri, sehingga dapat meningkatkan fungsi serta kekuatan otot. 

Baca juga: 6 Alasan Harus Sering Makan Buah Bit

Punya masalah dengan kadar kolesterol tinggi? Bicarakan kepada dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah kapan dan di mana saja menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips menjaga kadar kolesterol dalam darah. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 12 Health Benefits of Beetroot Juice.
Livestrong. Diakses pada 2019. Can You Lower Cholesterol by Eating Beets?