Buah Bit Baik untuk Pengidap Diabetes, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
manfaat buat bit

Halodoc, Jakarta - Bagi pengidap diabetes, berhati-hati dalam mengonsumsi makanan merupakan suatu kewajiban. Apalagi beberapa sayuran dan buah-buahan mempunyai kadar glikemik yang tinggi dan mampu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Bagi pengidap diabetes, kamu tidak perlu merasa khawatir, karena buah bit mengandung gula alami.

Baca juga: Pengidap Diabetes Tipe 2 Tidak Perlu Terlalu Sering Cek Kadar Gula

Berikut Alasan Mengapa Buah Bit Baik Dikonsumsi Pengidap Diabetes

Meski kerap disebut buah, ternyata bit merupakan salah satu keluarga dari umbi-umbian yang banyak diolah sebagai bahan makanan. Biasanya, buah ini dimasak menjadi sup, dimakan langsung, dijadikan salad, dipanggang, bahkan dijadikan jus. Berikut kandungan yang ada dalam buah bit yang baik dikonsumsi bagi pengidap diabetes:

1. Mengandung Nitrat

Buah bit ternyata kaya akan kandungan nitrat yang mampu meningkatkan fungsi kognitif tubuh pada pengidap diabetes. Nitrat sendiri merupakan zat kimia yang terkandung pada sayuran tertentu. Mengonsumsi sayuran alami yang kaya akan kandungan nitrat akan mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kinerja peredaran darah ke seluruh tubuh.

2. Mengandung Betalain dan Neo Betanin

Buah bit merupakan sumber betalain dan neo-betanin. Kedua nutrisi ini berguna dalam menurunkan kadar glukosa dalam tubuh, serta meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, buah yang satu ini juga berguna dalam mencegah oksidatif perubahan stres yang dialami oleh pengidap diabetes.

3. Mengandung Tinggi Serat

Buah bit memang banyak mengandung gula alami. Selain itu, buah yang satu ini juga mengandung banyak serat, kalium, dan folat yang baik bagi kesehatan tubuh, termasuk pada pengidap diabetes.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah bit, sebaiknya buah ini dikonsumsi dalam bentuk jus dan dikonsumsi di pagi hari. Dengan begitu, buah bit dapat diubah menjadi glukosa dan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh sepanjang hari. Untuk mengetahui lebih banyak tentang tips kesehatan, jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc di sini, ya!

Baca juga: Ini Alasan Diabetes Jadi Penyakit Seumur Hidup

Untuk Menghindarinya, Ini yang Jadi Penyebab dari Penyakit Diabetes

Pada pengidap diabetes tipe 1, beberapa faktor pemicu terjadinya kondisi ini, yaitu mengidap infeksi virus, berusia 4-7 tahun, bepergian ke daerah yang jauh dari garis ekuator, serta memiliki keluarga dengan riwayat penyakit yang sama.

Sedangkan pada pengidap diabetes tipe 2, beberapa faktor pemicu terjadinya kondisi ini, yaitu kelebihan berat badan, mengidap tekanan darah tinggi, malas bergerak, serta memiliki kadar kolesterol baik atau HDL (high-density lipoprotein) yang rendah dan kadar trigliserida yang tinggi.

Berikut Cara Mencegah Terjadinya Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan penyakit serius yang kasusnya melonjak naik dalam beberapa tahun terakhir. Hampir semua orang mengidap penyakit ini karena gaya hidup tidak sehat yang mereka jalani. Jadi, sebelum terlambat, beberapa langkah yang dapat kamu lakukan guna mencegah terjadinya diabetes, antara lain:

  • Menurunkan berat badan menjadi ideal.

  • Berolahraga teratur setiap hari selama minimal 30 menit untuk menjaga tingkat gula darah dalam rentang normal.

  • Sarapan sehat yang dapat membantu mengontrol nafsu makan, serta mengontrol konsumsi kalori.

  • Hindari minuman manis dan makanan dengan kandungan lemak yang tinggi.

Baca juga: Cara Sederhana untuk Tetap Sehat Meski Mengidap Diabetes Tipe 2

Jika kamu menemukan kendala dalam melakukan pencegahan di atas, jangan lupa diskusikan segera dengan dokter. Jika kamu mempunyai riwayat penyakit diabetes, jangan lupa untuk selalu mengontrol kesehatan kamu, ya!