15 November 2018

Cegah Kanker Serviks dengan Buah Bit

obat kanker serviks, manfaat buah bit untuk kanker

Halodoc, Jakarta - Dalam jajaran buah dan sayuran, buah bit merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Ini artinya buah bit masih termasuk dalam keluarga sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Umumnya, buah ini hanya digunakan akarnya saja yang terasa manis untuk obat kesehatan. Namun, seiring berjalan waktu, daging dan daunnya pun dapat dikonsumsi.

Masyarakat Afrika adalah orang-orang yang pertama kali mengonsumsi buah bit pada ribuan tahun yang lalu. Akar buahnya yang begitu populer kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Eropa. Kemudian, orang-orang tersebut membudidayakan dan mengonsumsinya di daerah mereka.

Dari abad ke-16 hingga abad ke-19, buah bit digunakan untuk mendapatkan beberapa manfaat. Misalnya jus daging buahnya digunakan sebagai pewarna makanan. Sementara kandungan gula pada buahnya digunakan sebagai pemanis campuran dalam makanan dan minuman.  Terutama pada sekitar abad ke-19, buah ini mulai digunakan sebagai salah satu campuran bahan untuk mengekstraksi dan memurnikan gula yang terbuat dari tebu.

Berbagai Manfaat Buah Bit

Buah bit atau buah bit merah merupakan tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan. Bentuknya menyerupai kentang, serta manfaat buah bit juga terdapat pada akar dan tangkainya. Biasanya, buah bit dikonsumsi dengan cara dijus atau diolah lagi menjadi santapan dengan tekstur lembut.

Walaupun daunnya dapat dimasak untuk dijadikan sayur, buah bit lebih dikenal umbinya yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah bit mengandung tinggi karbohidrat, tetapi kandungan lemak, kalori, dan proteinnya sangat rendah.

Tidak heran jika buah bit baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program diet. Kandungan betasianin (pigmen ungu) dan betasantin (pigmen kuning) yang terdapat pada buah bit ini lah yang membuat warnanya menjadi merah gelap keunguan. Karena warnanya yang pekat ini, buah bit juga sering dipakai sebagai pewarna makanan alami.

Ampuh Menyembuhkan Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan penyakit yang dikhawatirkan setiap wanita setelah kanker payudara. Penyakit ini termasuk banyak menyerang para wanita yang aktif berhubungan intim. Dari kebanyakan kasus kanker serviks, biasanya baru diketahui setelah memasuki stadium lanjut. Itu karena kanker serviks tidak menunjukkan gejala yang berarti di awal kemunculannya, sehingga sering disalahartikan.

Selain mengonsumsi obat kanker serviks, pengidap kanker serviks perlu menjaga gaya hidup dan pola makan. Nah, buah bit adalah salah satu makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi pengidap kanker serviks.

Banyaknya khasiat buah bit sehingga banyak dijadikan alternatif pengobatan, karena bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya, buah bit ini masih jarang ditemukan atau hanya sedikit dijual.

Banyaknya kandungan manfaat dalam buah bit ini lah yang membuatnya kaya akan khasiat untuk tubuh. Kandungan tersebut mulai dari asam folat, kalium, vitamin C, serat, magnesium, zat besi, fosfor, betasiani, triptofan, dan banyak lainnya.

Salah satu penyebab munculnya kanker ialah akibat radikal bebas. Nah, buah bit ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga bisa mencegah kanker.

Cara Mengolah Buah Bit

Cara membuatnya cukup mudah yakni dengan :

  • Siapkan sebanyak 1 buah bit berwarna merah, 75 gram wortel, 50 gram apel, serta air es satu gelas.

  • Sebelumnya, cuci bersih semua bahan yang akan digunakan.

  • Potong-potong buah dan masukkan pada blender, lalu campurkan dengan 1 gelas air es.

  • Blender hingga halus.

  • Konsumsi saat jus masih segar.

Itu lah manfaat buah bit sebagai pengobatan kanker serviks. Jika kamu masih memiliki pertanyaan mengenai pengobatan kanker serviks, jangan pernah ragu untuk berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana pun. Saran dokter dapat kamu terima dengan praktis dengan download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.

Baca juga: