• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Kanker Serviks dengan Buah Bit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Kanker Serviks dengan Buah Bit

Cegah Kanker Serviks dengan Buah Bit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Oktober 2021
Cegah Kanker Serviks dengan Buah BitCegah Kanker Serviks dengan Buah Bit

"Kanker serviks bisa menyerang wanita yang sudah aktif secara seksual, terutama jika memiliki riwayat perilaku seks yang tidak sehat. Tindakan pencegahan sangat penting dilakukan, mengingat penyakit ini bisa memicu komplikasi parah, bahkan kematian. Salah satu cara pencegahannya adalah mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti buah bit."


Halodoc, Jakarta – Kanker serviks adalah penyakit yang terjadi karena ada pertumbuhan sel kanker pada leher rahim alias serviks. Wanita harus mewaspadai penyakit ini, terutama jika sudah aktif berhubungan intim. Pasalnya, penyakit ini bisa memicu komplikasi parah, terlebih jenis kanker ini seringkali terlambat disadari. Hal itu membuat kanker serviks mungkin baru terdeteksi saat sudah memasuki stadium lanjut. 

Maka dari itu, melakukan tindakan pencegahan penyakit ini adalah hal yang penting. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker serviks, mulai dari menjaga diri dan menghindari perilaku seksual tidak sehat, hingga mengonsumsi buah bit. Katanya, kandungan nutrisi dalam buah ini bisa membantu mencegah bahkan mengatasi kanker, benarkah demikian? 

Baca juga: Wanita Perlu Tahu Ciri-Ciri Kanker Serviks Ini

Cara Mencegah Kanker Serviks 

Kanker serviks merupakan penyakit yang dikhawatirkan setiap wanita setelah kanker payudara. Penyakit ini termasuk banyak menyerang para wanita yang aktif berhubungan intim. Dari kebanyakan kasus kanker serviks, biasanya baru diketahui setelah memasuki stadium lanjut. Hal itu karena kanker serviks tidak menunjukkan gejala yang berarti di awal kemunculannya, sehingga sering disalahartikan.

Selain mengonsumsi obat khusus untuk kanker serviks, pengidap penyakit ini juga perlu menjaga gaya hidup dan pola makan. Nah, buah bit adalah salah satu makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi pengidap kanker serviks. Buah bit memiliki beragam khasiat sehingga banyak dijadikan alternatif pengobatan.

Banyaknya kandungan manfaat dalam buah bit ini lah yang membuatnya kaya akan khasiat untuk tubuh. Kandungan tersebut mulai dari asam folat, kalium, vitamin C, serat, magnesium, zat besi, fosfor, betasiani, triptofan, dan banyak lainnya. Salah satu penyebab munculnya kanker ialah akibat radikal bebas. Nah, buah bit ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga bisa mencegah kanker.

Selain mengonsumsi buah bit dan makanan yang kaya antioksidan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar risiko kanker serviks menjadi lebih kecil. Di antaranya: 

1.Hindari Perilaku Seksual Menyimpang 

Salah satu cara mencegah kanker serviks adalah menghindari perilaku seks tidak sehat. Agar terhindar dari risiko penyakit ini, pastikan untuk selalu mengenakan pengaman dan hindari melakukan hubungan intim dengan lebih dari satu pasangan.

2.Vaksin HPV 

Orang yang sudah menerima vaksin HPV disebut lebih tidak berisiko mengalami kanker leher rahim. Vaksin ini juga disebut ampuh mencegah jenis kanker lain yang terkait dengan HPV. 

3.Rutin Melakukan Pemeriksaan 

Jenis kanker ini sering terlambat disadari, sehingga baru ditangani setelah parah. Untuk mencegah hal tersebut, disarankan rutin melakukan pemeriksaan pap smear atau IVA. Hal ini dilakukan agar kondisi serviks selalu terpantau dan pengobatan bisa segera dilakukan setelah sel kanker terdeteksi.

Baca juga: Kapan Harus Vaksin HPV untuk Cegah Kanker Serviks?

Mengolah Buah Bit untuk Mencegah Kanker 

Buah bit menjadi salah satu makanan yang dianjurkan karena disebut bisa mencegah kanker. Untuk mendapatkan manfaat sehat dari buah ini, kamu bisa mencoba resep mengolah buah bit berikut!

  • Siapkan sebanyak 1 buah bit berwarna merah, 75 gram wortel, 50 gram apel, serta air es satu gelas.
  • Sebelumnya, cuci bersih semua bahan yang akan digunakan.
  • Potong-potong buah dan masukkan pada blender, lalu campurkan dengan 1 gelas air es.
  • Blender hingga halus kemudian tuangkan ke dalam gelas. 
  • Konsumsi saat jus masih segar.

Baca juga: Keputihan Abnormal, Benarkah Ciri Kanker Serviks?

Selain mengonsumsi buah bit, mencegah kanker juga bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Lengkapi juga dengan konsumsi suplemen khusus agar kebugaran tubuh terjaga. Biar lebih mudah, beli vitamin atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim segera ke rumah. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Cervical Cancer.
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Impressive Health Benefits of Beets.
Net Doctor. Diakses pada 2021. 4 Science-Backed Health Benefits of Beets.