18 March 2019

Benarkah Sperma yang Encer Sulit Membuahi Pasangan?

 ciri sperma yang bagus,  Sperma merupakan, organ reproduksi pria

Halodoc, Jakarta - Sperma merupakan sel yang penting yang dihasilkan oleh organ reproduksi pria. Untuk itu, penting bagi pria memiliki sperma yang sehat dan berkualitas. Sperma yang tidak normal tentu akan sulit menjangkau dan menembus sel telur, sehingga akan menghambat proses pembuahan.

Saat mengetahui sperma tidak normal, maka perlu dilakukan pemeriksaan sperma atau tes sperma. Tes sperma dilakukan dengan menganalisis laboratorium terhadap sampel semen yang telah diambil. Tes ini bertujuan menganalisis beberapa hal, di antaranya jumlah sperma, struktur atau bentuk, pergerakan, tingkat keasaman (pH), volume, warna, hingga kekentalan.

Berikut ciri sperma yang sehat yang sekiranya akan mudah untuk membuahi pasangan:

  1. Terasa Kental

Sperma sehat ditandai dengan bentuknya yang kental dan ini adalah satu ciri yang utama. Jika bentuknya kental, tidak perlu diragukan lagi bahwa sperma tersebut sehat. Sperma yang kental juga menandakan bahwa kondisi tubuh kamu sedang sehat-sehatnya. Sedangkan ketika tingkat kekentalanya menurun atau encer, maka hal ini sebenarnya dikarenakan tubuh kamu sedang sangat lelah. Melakukan banyak aktivitas hingga kelelahan dapat menjadi pemicu sperma encer saat dikeluarkan.

Baca juga: Wah, Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

  1. Produksi Sperma Banyak

Ciri lain sperma yang sehat dapat juga dilihat dari jumlahnya saat dikeluarkan. Jika jumlahnya banyak, tidak diragukan lagi bahwa keadaannya normal. Rata-rata, pria akan merasa aneh jika sperma yang dikeluarkannya tidak begitu banyak. Untuk mengetahui sperma yang dikeluarkan banyak atau tidak, bisa dilakukan dengan menakarnya. Momen ejakulasi adalah saat yang tepat untuk mengukur seberapa banyak cairan sperma yang dikeluarkan. Jumlah yang dianggap normal adalah 1-2 sendok makan sperma hanya dalam 1 kali ejakulasi.

  1. Sperma Berwarna Putih

Untuk mengetahui sperma kamu dalam keadaan sehat, cobalah untuk cek warnanya. Perhatikan apakah warna pada sperma yang dikeluarkan berwarna putih. Apabila warnanya putih, kamu bisa lega karena sperma kamu dalam kondisi sehat, normal, dan sempurna. Namun, kamu juga tidak perlu khawatir jika sperma kamu berwarna putih tapi agak kekuningan, sebab warna ini masih dianggap normal dan masih termasuk dalam keadaan yang sehat.

Baca juga: Benarkah Minuman Beralkohol Pengaruhi Kualitas Sperma?

  1. Tekstur Sperma Lengket

Ini juga merupakan salah satu ciri yang penting untuk kamu perhatikan, karena ciri sperma lengket menandakan bahwa sperma sangat sehat. Namun, bagaimana cara untuk mengeceknya? Kamu tinggal melihat sperma yang sudah dikeluarkan sewaktu ejakulasi dan melihatnya, apakah lengket atau tidak.

Sebagai ciri dasar, sperma yang sehat bukan hanya harus kental dan berwarna putih, tapi juga kelengketannya adalah faktor yang menentukan. Apabila kental, putih, dan lengket seperti jelly, sudah pasti bahwa kamu memiliki sperma yang sehat.

  1. Berbau Seperti Daun Akasia

Selain dari ciri bentuk atau tekstur, jumlah, dan warna, kamu juga perlu memperhatikan ciri sperma sehat dari aroma atau baunya ketika proses ejakulasi. beberapa orang dengan masalah sperma akan mendapati bau yang kurang enak dan cukup mengganggu pada spermanya. Saat kamu mencium bau yang tidak enak berasal dari sperma, sebaiknya segera lakukan pengecekan. Karena hal ini mungkin akan mengganggu pasangan kamu saat melakukan hubungan intim.

Baca juga: Ciri Air Mani yang Sehat

Itulah ciri-ciri sperma sehat. Jika sperma kamu tidak memiliki ciri-ciri seperti di atas, ada baiknya kamu mengkomunikasikannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk segera melakukan penanganan terbaik. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat kamu terima secara praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.