01 November 2017

Wah, Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

Wah, Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

Halodoc, Jakarta – Kesuburan seorang pria juga ikut menentukan peluang untuk memiliki anak. Terdapat beberapa indikasi yang menentukan tingkat kesuburan seorang pria. Selain dari kuantitas, kualitas sperma juga sangat penting  Sperma harus sehat dan lincah untuk dapat mencapai sel telur. Ada berbagai cara untuk meningkatkan kualitas sperma, salah satunya adalah dengan mengonsumi beberapa makanan berikut.

1.  Taoge
Jika dikonsumsi secara teratur, taoge dapat meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E, khususnya E-alfa merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas. Dengan mengonsumsi taoge, maka sperma akan terjaga dari berbagai kerusakan dan serangan radikal bebas, sehingga membuat kualitas sperma meningkat.

2.  Wortel
Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata, ternyata wortel juga dapat meningkatkan kesuburan seorang pria lho! Menurut peneliti dari Harvard University, Amerika, didapati bahwa wortel memiliki efek motilitas paling tinggi. Motilitas adalah istilah untuk menggambarkan kemampuan sperma ‘berenang’ mencapai sel telur. Hal tersebut dikarenakan kandungan beta karotin pada wortel dapat membantu menetralisir radikal bebas dan membuat sperma lebih kuat, serta meningkatkan performa sperma 6.5 – 8 persen.

3.  Kerang-kerangan
Makanan jenis kerang-kerangan, seperti tiram dan remis kaya akan kandungan seng yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi sperma dan testoteron, dua elemen yang sangat penting dalam kesehatan reproduksi pria. Selain itu, kerang-kerangan juga merupakan sumber zat besi yang berguna untuk melancarkan aliran darah ke alat genital, sehingga otomatis produksi sperma pun menjadi lebih baik. Kandungan lainnya, seperti vitamin B12 dan vitamin D dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

4.  Biji-bijian
Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada biji-bijian, seperti biji labu, biji wijen, dan biji bunga matahari selain bermanfaat untuk mencerdaskan otak, juga bermanfaat untuk menstimulasi aliran darah ke organ seksual dan meningkatkan kinerja seksual pria. Biji-bijian ini bisa dimakan langsung sebagai camilan, tanpa harus dimasak dulu.

5.  Asparagus
Pria perlu memenuhi asupan folat dalam tubuhnya, karena jika tidak, maka berisiko menghasilkan sperma abnormal yang mengandung sedikit atau terlalu banyak kromosom. Asparagus adalah salah satu sumber folat terbaik. Oleh karena itu, pria dianjurkan untuk mengonsumsi seporsi asparagus yang dapat memenuhi 50% kebutuhan asam folat per hari. Pada pria yang memiliki kualitas sperma rendah, mengonsumsi asparagus sangat baik karena kandungan asam amino L-Carnitin yang terdapat di dalamnya dapat menormalkan sel sperma dan memperbaiki motilitas sperma.

6.  Kacang-kacangan
Jangan remehkan ukurannya yang kecil, karena kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesuburan pria lho. Kacang tanah dan kacang lentil misalnya, merupakan sumber nabati yang mengandung asam folat dan CoQ10. Para ilmuwan dari Universitas California mengungkapkan bahwa asam folat bermanfaat menjaga sperma tetap normal dan subur. Pria yang banyak mengonsumsi asam folat dapat meningkatkan kondisi spermanya hingga 25%. Sedangkan CoQ10 penting bagi pria untuk melindungi sel sperma dari kerusakan dan meningkatkan pergerakan sperma. Jenis kacang-kacangan lainnya yang juga baik dikonsumsi pria adalah kacang almond dan kacang kenari. Kandungan arigin di dalamnya aktif memproduksi oksida nitrat yang meningkatkan aliran darah ke mr P.

7.  Alpukat
Makanan yang kaya akan lemak tak jenuh, seperti alpukat, biasanya juga kaya antioksidan. Buah yang enak rasanya ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu melindungi sperma dari kerusakan sel serta menjaganya tetap kuat dan lincah sehingga dapat bertahan lebih lama saat harus ‘berenang’ menuju tuba falopi dan membuahi sel telur.

Untuk mengetahui soal kesuburan pria lebih dalam dan nutrisi yang dibutuhkan pria, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui metode Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.