Ketahui Penanganan yang Tepat pada Patah Pergelangan Tangan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Penanganan yang Tepat pada Patah Pergelangan Tangan

Halodoc, Jakarta – Patah tulang Colles atau fraktur jari-jari distal  sering disebut sebagai patah pergelangan tangan. Secara teknis, ini merupakan patah pada yang lebih besar dari dua tulang di lengan. Tulang patah di ujung bawah yang dekat dengan tempat itu terhubung ke tulang-tulang tangan di sisi ibu jari pergelangan tangan.

Fraktur colles sangat umum; mereka adalah tulang yang paling sering patah di lengan. Di Amerika Serikat, satu dari setiap 10 tulang yang patah adalah pergelangan tangan yang patah. Jadi, bagaimana seseorang bisa patah pergelangan tangan? Biasanya, cedera ini akibat jatuh ke lengan yang terentang atau dipukul di pergelangan tangan.

Pergelangan tangan yang patah adalah umum pada orang yang bermain olahraga kontak, serta pemain ski, inline skates, dan pengendara motor. Orang dengan osteoporosis atau penipisan tulang sangat berisiko tinggi untuk patah tulang pergelangan tangan. Tapi, itu bisa terjadi pada siapa saja yang jatuh atau tertabrak.

Baca juga: Jangan Panik, Inilah Pertolongan Pertama pada Patah Tulang

Dalam kasus yang lebih serius, hal berikut dapat terjadi:

  • Patah bisa meluas ke sendi pergelangan tangan

  • Sepotong tulang patah menembus kulit

  • Tulang patah di beberapa tempat

  • Potongan tulang bergerak keluar dari tempatnya

  • Potongan-potongan tulang melukai pembuluh darah atau saraf

  • Ligamen mungkin sobek.

Gejala pergelangan tangan yang patah dapat meliputi:

  • Nyeri, terutama saat meregangkan pergelangan tangan

  • Kelembutan pada bagian yang sakit

  • Pembengkakan

  • Memar

  • Kelainan bentuk pergelangan tangan menyebabkannya terlihat bengkok.

Untuk mendiagnosis pergelangan tangan yang patah, dokter akan memberikan pemeriksaan fisik yang menyeluruh. Kamu mungkin memerlukan beberapa set rontgen, karena fraktur mungkin sulit dilihat pada awalnya.

Kadang-kadang, pergelangan tangan yang patah dapat memengaruhi saraf atau aliran darah. Kamu harus pergi ke ruang gawat darurat jika:

  • Pergelangan tangan sangat sakit

  • Pergelangan tangan, lengan, atau tangan mati rasa

  • Jari-jari kamu pucat.

Baca juga: Bahaya Olahraga tanpa Menggunakan Sepatu

Jika pergelangan tangan yang patah tidak dalam posisi yang benar untuk sembuh, dokter mungkin perlu mengatur ulang. Ini bisa sangat menyakitkan, sehingga biasanya dilakukan dengan anestesi. Tapi, obat penghilang rasa sakit akan membantu sesudahnya. Kamu juga mungkin membutuhkan:

  1. Bidai, yang bisa kamu gunakan selama beberapa hari hingga seminggu saat pembengkakan turun; jika bidai digunakan pada awalnya, maka gips biasanya diletakkan sekitar seminggu kemudian.

  2. Gips, yang mungkin kamu perlukan selama enam hingga delapan minggu atau lebih lama, tergantung pada seberapa buruk istirahatnya (kamu mungkin perlu gips kedua jika yang pertama terlalu longgar setelah pembengkakan hilang.)

  3. Sinar-X, biasa untuk memastikan pergelangan tangan kamu pulih secara normal

Beberapa latihan ataupun perawatan yang bisa kamu terapkan di rumah, meliputi:

  • Angkat pergelangan tangan di atas bantal atau bagian belakang kursi di atas tingkat jantung selama beberapa hari pertama. Ini akan meringankan rasa sakit dan bengkak.
  • Mendinginkan pergelangan tangan. Lakukan ini selama 15–20 menit setiap dua hingga tiga jam selama dua hingga tiga hari. Berhati-hatilah untuk menjaga bidai atau mengering saat pendinginan.

Baca juga: Maksimalkan Plank dengan 7 Cara Ini

  • Minumlah obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Tanyakan ke dokter tentang obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen, naproxen, atau aspirin (kecuali untuk anak-anak). Jenis obat-obat ini dapat membantu dengan rasa sakit dan pembengkakan.

Tapi, obat-obatan ini memiliki efek samping, seperti peningkatan risiko perdarahan dan bisul. Mereka harus digunakan hanya sesekali, kecuali dokter secara khusus mengatakan sebaliknya, karena ini dapat menunda penyembuhan. Berlatihlah meregangkan dan menguatkan latihan jari, siku, dan bahu jika dokter menganjurkannya.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai penanganan tepat pada patah pergelangan tangan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.