• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Jumlah Kalori dalam Sebuah Jeruk?

Berapa Jumlah Kalori dalam Sebuah Jeruk?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Berapa Jumlah Kalori dalam Sebuah Jeruk?

“Memiliki bentuk bulat, warna oranye, dan rasa asam yang begitu khas, buah jeruk memiliki kandungan vitamin C tinggi yang bagus untuk tubuh. Salah satu manfaat buah ini, yaitu membantu memudahkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Berapa kalori jeruk yang bisa diberikan untuk tubuh?”

Halodoc, Jakarta – Jeruk menjadi buah yang cukup digemari. Buah berwarna oranye dengan bentuk bulat ini tak hanya mampu memberikan kesegaran bagi siapa saja yang mengonsumsinya, tetapi juga menjanjikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebut saja, kandungan vitamin C yang tinggi yang memang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

Selain itu, buah satu ini juga mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti folat, serat, potasium, dan vitamin B1. Tidak ketinggalan, kandungan airnya yang mencapai 87 persen dan sangat baik untuk mencegah dehidrasi. Inilah mengapa jeruk jadi buah yang cocok untuk dikonsumsi setiap hari, baik bentuk segar maupun campurannya dengan buah lain. 

Baca juga: Selain Jeruk, Ini Buah Lain dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Berapa Kalori yang Terkandung dalam Buah Jeruk?

Jeruk, atau memiliki nama latin Citrus sinensis memiliki banyak jenis. Selain jeruk berwarna oranye yang biasa kamu jumpai di pasaran, ada lagi jeruk keprok atau jeruk mandarin, dan jeruk bali. Lalu, berapa sebenarnya kalori yang terkandung dalam buah dengan rasa manis segar ini?

Ternyata, satu buah jeruk dengan diameter sekitar 6,5 sentimeter mengandung kalori sekitar 62 kalori. Sementara itu, karbohidrat yang terkandung sebesar 15,39 gram, lemak sebesar 0,16 gram, dan protein sebesar 1,23 gram. Lalu, buah jeruk keprok atau dikenal dengan nama jeruk mandarin memiliki kalori sebesar 37 kalori untuk ukuran 1 kecil atau setara dengan 5,5 sentimeter. 

Kandungan karbohidrat pada jeruk keprok sendiri adalah sebesar 9,34 gram, lemak sebesar 0,22 gram, dan protein sebesar 0,57 gram. Terakhir, untuk buah jeruk dengan kulit atau tanpa bijinya, kalori yang terkandung mencapai 100 kalori. Kandungan karbohidratnya adalah 26,64 gram, lemaknya sebesar 0,48 gram, dan protein sebanyak 2,07 gram. 

Baca juga: 5 Manfaat Jeruk Purut bagi Kesehatan Tubuh

Bermanfaat, tetapi juga Berisiko

Memang benar bahwa jeruk merupakan salah satu buah sumber vitamin C dengan segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, selalu ingat bahwa mengonsumsi buah jeruk dalam jumlah yang berlebihan tentu akan berdampak sebaliknya. Jadi, tetap perhatikan asupan hariannya. 

Misalnya, pengidap asam lambung, maag, atau GERD bisa jadi mengalami sakit perut atau mulas saat mengonsumsi buah jeruk terlalu banyak. Ini disebabkan karena kenaikan asam lambung akibat rasa asam pada buah ini. Kamu harus tahu kalau buah jeruk memang memiliki tingkat asam yang bisa dikatakan cukup tinggi. 

Lalu, berapa banyak konsumsi harian yang direkomendasikan? Cukup satu atau dua buah saja setiap hari. Jadi, kamu tetap bisa mendapatkan banyak manfaat baik dari buah satu ini tanpa harus mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan saluran pencernaan. 

Baca juga: 11 Manfaat Jeruk, Buah Kaya Vitamin C

Jika kamu mengalami gejala yang tidak biasa pada tubuh, segera lakukan penanganan di rumah sakit. Buat janji lebih mudah pakai aplikasi Halodoc, kamu bisa langsung tentukan tanggal dan jamnya sendiri dan tidak perlu lagi ribet mengantre. Segera download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi: 

Fatsecret. Diakses pada 2021. Kalori dalam Jeruk.

Fatsecret. Diakses pada 2021. Jeruk.

Healthline. Diakses pada 2021. Oranges 101: Nutrition Facts and Health Benefits.