Sahur Sehat Bikin Kuat, Coba 5 Makanan Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sahur Sehat Bikin Kuat, Coba 5 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang menjalani ibadah puasa, sahur sehat adalah kunci menjaga stamina tubuh seharian. Sangat penting untuk mendapatkan sahur berkualitas, supaya kamu dapat menjalani ibadah puasa secara penuh tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari maupun merisikokan kesehatan.

Karenanya, kamu perlu memasukkan beberapa menu sahur ini supaya puasamu berjalan dengan lancar:

Baca juga: Tidur Setelah Sahur, Bolehkah?

1. Telur

Tidak hanya sehat, makan telur saat sarapan meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi asupan kalori pada makanan berikutnya dan membantu menjaga kadar gula darah dan insulin yang stabil.

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan telur untuk sarapan merasa lebih puas dan mengonsumsi lebih sedikit kalori selama sisa hari dibandingkan mereka yang mengonsumsi roti.

Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula. Telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, yaitu nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan otak dan hati.

Meskipun tinggi kolesterol, telur tidak meningkatkan kadar kolesterol pada kebanyakan orang. Faktanya, memakan telur utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan memodifikasi bentuk kolesterol LDL "jahat", meningkatkan kolesterol HDL "baik" dan meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Buah

Buah bisa menjadi bagian lezat dari sarapan bergizi, terutama buat kamu yang menjalani puasa. Semua jenis buah mengandung vitamin, kalium, serat, dan relatif rendah kalori. Satu cangkir buah cincang menyediakan sekitar 80–130 kalori, yang tergantung pada jenisnya.

Buah jeruk juga sangat tinggi vitamin C. Bahkan, satu jeruk besar menyediakan lebih dari 100 persen asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C. Buah juga sangat mengenyangkan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi.

Mengombinasikan buah dengan telur, keju, keju, ataupun yogurt sebagai pilihan menu sahur sehat dapat membuat kamu menahan lapar berjam-jam.

Baca juga: Sekalian Diet, Bolehkah Sahur dan Berbuka Hanya dengan Jus?

3. Ikan Panggang

Menu ikan panggang sangat direkomendasikan untuk mendapatkan sahur berkualitas. Mengawali puasa dengan mengonsumsi makanan yang digoreng cukup riskan untuk mengganggu pencernaan. Apalagi jam makan di waktu sahur adalah pagi hari yang notabene masih terlalu dini untuk mendapatkan asupan makanan yang digoreng-goreng.

4. Nasi

Terkadang buat sebagian orang mengonsumsi nasi pada hari cukup berat, sehingga kerap dilewatkan begitu saja. Padahal, supaya tubuh kuat menjalani puasa sepanjang hari kamu butuh asupan karbohidrat dan ini bisa diperoleh salah satunya melalui nasi.

Kalau kamu merasa nasi terlalu berat, maka bisa memasukkan setengah sendok nasi sebagai menu dampingan baru menambahkan porsi proteinnya. Namun, jika kamu memang sangat tidak terbiasa memakan nasi pada pagi hari, bisa mengganti nasi dengan kentang rebus yang dibubuhkan olive oil untuk menambahkan selera makan.

Baca juga: Sahur Hanya Minum Susu atau Sereal, Apa Akibatnya?

5. Brokoli

Brokoli juga sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai bagian dari menu sahur sehat. Brokoli tidak hanya mengandung vitamin dan antioksidan. tapi juga memberikan sensasi kenyang. Kamu bisa mengolah brokoli dengan cara ditumis bersama bawang putih lalu tambahkan jamur kancing. Kalau kamu yang cukup sederhana, dengan mengukus brokoli bersama geprekan bawang putih juga bisa jadi menu yang merangsang selera makan di pagi hari dan sehat.

Nah, itulah lima menu sahur sehat agar puasamu berjalan lancar sampai tiba waktu berbuka. Jangan lupa download juga Halodoc sebagai teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama puasa. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter untuk membicarakan masalah kesehatan apa saja yang terjadi selama puasa kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.