20 March 2019

Biasakan Cuci Tangan untuk Cegah TBC Tulang Belakang

biasakan-cuci-tangan-untuk-cegah-tbc-tulang-belakang-halodoc

Halodoc, Jakarta – Selama ini yang kebanyakan orang tahu adalah tuberkulosis (TBC) menyerang paru-paru. Tapi, ternyata TBC tidak hanya menyerang paru-paru saja lho, namun juga bisa menyebar dan menyerang tulang belakang. TBC tulang belakang dikenal juga dengan sebutan penyakit Pott. Penyakit ini biasanya menginfeksi tulang belakang pada area toraks (dada belakang) bagian bawah dan vertebra lumbalis (pinggang belakang ) atas.

Di Indonesia sendiri, jumlah orang yang terjangkit TBC tulang belakang cukup banyak. Menurut data WHO tahun 2007, terdapat sekitar 5.800 pengidap TBC tulang belakang di Indonesia. Karena itu, kamu perlu mewaspadai penyakit ini.

Menerapkan kebiasaan baik dan sederhana, seperti mencuci tangan secara teratur bisa menghindarkan kamu dari TBC tulang belakang lho. Simak penjelasannya di sini.

Penyebab TBC Tulang Belakang

TBC tulang belakang disebabkan oleh bakteri yang sama dengan bakteri yang menjadi penyebab tuberkulosis, yaitu mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut bisa menyebar melalui percikan air liur yang dikeluarkan pengidap tuberkulosis ketika ia bersin atau batuk. Itulah sebabnya orang yang sering berinteraksi dengan pengidap TBC, berisiko tinggi tertular penyakit ini.

Ketika bakteri penyebab TBC menyebar dari paru-paru ke tulang belakang hingga ke keping atau sendi yang ada di antara tulang belakang, Inilah yang menyebabkan seseorang mengidap TBC tulang belakang. Infeksi bakteri di tulang belakang juga bisa menyebabkan matinya jaringan sendi dan memicu kerusakan pada tulang belakang.

Berbagai faktor lainnya yang juga bisa meningkatkan risiko seseorang terinfeksi TBC tulang belakang, antara lain:

  • Tinggal di area yang kumuh dan padat
  • Tinggal di area dengan tingkat kasus TBC yang tinggi
  • Orang yang kekurangan nutrisi
  • Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, seperti pengidap HIV, kanker, diabetes, dan penyakit ginjal stadium lanjut
  • Pecandu minuman keras dan pengguna obat-obatan terlarang.

Orang-orang yang berisiko terkena TBC maupun TBC tulang belakang tersebut perlu mengenali gejala-gejala TBC dengan baik agar dokter dapat lebih mudah mendiagnosis penyakit tersebut.

Baca juga: Lakukan Hal Ini untuk Mengurangi Rasa Sakit Bagi Pengidap TBC Tulang Belakang

Gejala TBC Tulang Belakang

Sama seperti tuberkulosis, penyakit TBC tulang belakang juga sulit dideteksi. Pengidap TBC tulang belakang biasanya mengalami nyeri punggung yang parah tanpa diketahui penyebabnya. Biasanya, gejala ini berlangsung selama empat bulan.

Selain itu, pengidap TBC tulang belakang juga mungkin akan mengalami gejala-gejala tambahan, seperti demam, berkeringat di malam hari, berat badan menurun, anoreksia, sakit punggung di lokasi tertentu, dan postur tubuh yang bungkuk akibat tulang belakang melengkung keluar (kifosis).

Baca juga: Penyebab 3 Kelainan Tulang Belakang

Cara Cegah TBC Tulang Belakang

Cara terbaik untuk mencegah TBC tulang belakang adalah dengan mendapatkan vaksin Bacillus Calmette-Guerin atau BCG. Vaksin ini wajib diberikan pada bayi sebelum ia berusia 3 bulan. Orang-orang yang belum mendapatkan vaksin BCG juga dianjurkan untuk menerima vaksin ini secepatnya walaupun vaksin mungkin tidak seefektif ketika diberikan saat masih bayi.

Selain vaksinasi, menjaga kebersihan diri sendiri juga sangat penting untuk mencegah TBC tulang belakang. Kamu bisa memulai tindakan pencegahan penyakit tulang belakang tersebut dengan membiasakan cuci tangan secara teratur. Penting juga untuk menutupi mulut atau mengenakan masker ketika sedang bersin, batuk, atau tertawa di tempat umum.

Jika ingin berinteraksi dengan pengidap TBC, kenakanlah masker. Tapi, sebaiknya jangan terlalu sering berinteraksi dengan pengidap. Konsumsi juga makanan dengan gizi seimbang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Dengan demikian, tubuh akan lebih mudah untuk mengatasi jika ada infeksi bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Yang terakhir, pastikan rumahmu memiliki sirkulasi udara yang baik demi melancarkan pergantian udara di dalam rumah.

Baca juga: Penting untuk Kesehatan, Inilah Cara Mencuci Tangan yang Benar

Itulah pentingnya cuci tangan untuk mencegah TBC tulang belakang. Jika kamu mengalami gejala-gejala TBC tulang belakang seperti di atas, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis yang pasti, sehingga bisa ditangani sedini mungkin.

Kamu juga bisa membicarakan masalah kesehatan yang kamu alami ke dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.