Bisakah Bayi yang Lahir dengan Clubfoot Disembuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Bisakah Bayi yang Lahir dengan Clubfoot Disembuhkan?

Halodoc, Jakarta - Bayi yang baru dilahirkan mungkin saja mengalami kondisi bawaan. Kondisi tersebut dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh bayi, termasuk juga kaki. Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada kaki bayi adalah clubfoot. Gangguan pada kaki ini termasuk salah satu cacat lahir yang paling umum terjadi. Kaki bayi biasanya  tampak bengkok seperti terkilir atau berbentuk tidak wajar.

Gangguan pada kaki bayi ini lebih sering menyerang anak laki-laki dibandingkan dengan anak perempuan. Disebutkan bahwa anak laki-laki berisiko dua kali lipat mengalami clubfoot. Apakah kondisi yang menyebabkan kelainan pada kaki ini dapat disembuhkan? Simak pembahasan lengkapnya berikut!

Baca juga: Inilah 4 Cacat Lahir yang Bisa Terjadi pada Si Kecil

Cara Menyembuhkan Bayi dengan Clubfoot

Clubfoot adalah sebuah kondisi bawaan yang dapat menyebabkan kaki bayi berputar ke dalam atau ke bawah. Gangguan yang terjadi dapat termasuk dalam kategori ringan atau berat dan dapat menyerang satu atau kedua kaki. Gangguan ini adalah gangguan yang paling umum terjadi pada bayi.

Bayi yang terserang gangguan ini, tendon yang menghubungkan otot-otot dengan tumitnya terlalu pendek. Hal ini dapat menyebabkan kaki berputar keluar dari tempat yang seharusnya. Bayi yang lahir dengan kondisi ini terbilang sehat jika tidak mengalami masalah kesehatan tambahan. Dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat berkembang menjadi gangguan yang lebih serius, seperti spina bifida.

Ibu dan ayah harus tahu bahwa clubfoot yang terjadi pada Si Kecil bukanlah kondisi yang menyakitkan. Sebagian besar kasus ini dapat disembuhkan ketika anak tersebut masih bayi. Perawatan harus dilakukan ketika bayi berusia satu atau dua minggu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengobati clubfoot:

  1. Metode Ponseti

Bayi yang mengalami gangguan pada kaki ini dapat diatasi dengan metode ponseti. Metode ini melibatkan ahli bedah ortopedi yang terlatih. Si Kecil yang mengidap kondisi ini akan mendapatkan beberapa perawatan dari dokter tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang dilakukan dari metode ponseti:

  • Menggunakan Alat

Dokter akan memberikan gips pertama pada satu atau dua minggu setelah bayi lahir. Bayi kemudian akan dibawa ke dokter bedah seminggu sekali untuk gerakan lembut dan peregangan kaki, serta penempatan gips baru. Alat baru tersebut dapat mengubah kaki sedikit lebih ke arah yang seharusnya daripada yang digantikannya. Sebagian besar bayi akan memakai serangkaian 5 hingga 7 gips selama beberapa minggu atau bulan supaya kondisinya membaik.

  • Penguatan Kaki

Ketika kaki berada di posisi yang benar, dokter bedah ortopedi akan menyesuaikan bayi dengan penjepit (ortotik), bukan gips. Penjepit adalah bar dengan sepatu khusus di setiap ujungnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kaki supaya tidak memutar kembali ke tempat sebelumnya. 

Kaki tumbuh dengan sangat cepat di tahun-tahun pertama kehidupan Si Kecil. Jika Si Kecil yang mengidap kondisi ini tidak diberikan penyangga, kakinya mungkin saja akan kembali lagi mengalami clubfoot.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai gangguan ini? Ibu bisa mendiskusikannya dengan dokter terpercaya di Halodoc. Komunikasi dapat dengan mudah dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang!

Baca juga: Ibu Hamil Lakukan Kebiasaan Ini agar Bayinya Tidak Terkena Spina Bifida

  1. Operasi

Jika clubfoot yang terjadi dalam kondisi parah atau tidak merespons perawatan sebelumnya, operasi mungkin perlu untuk dilakukan. Dokter ortopedi akan meluruskan atau memposisikan ulang tendon dan ligamen, kemudian akan meletakkannya ke posisi yang lebih baik. Setelah itu, Si Kecil yang mengidap kondisi ini akan diberikan alat bantu selama setahun, supaya clubfoot tidak kembali lagi.

Dengan perawatan tersebut, clubfoot yang terjadi mungkin tidak dapat sepenuhnya sembuh. Walau begitu, pada kebanyakan kasus, bayi yang dirawat lebih awal dapat mempunyai kaki yang lebih kokoh. Anak tersebut dapat menggunakan sepatu biasa dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik.

Baca juga: Ini yang Dimaksud dengan Fraktur Tulang

Referensi:
Mayo Clinic (Diakses pada 2019). Clubfoot
Family Doctor (Diakses pada 2019). Clubfoot
Kids Health (Diakses pada 2019). Clubfoot