• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Gejala Lupus Muncul Secara Tiba-Tiba?

Bisakah Gejala Lupus Muncul Secara Tiba-Tiba?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sistem imunitas adalah salah satu bagian penting pada tubuh agar segala penyebab penyakit tidak mudah menimbulkan gangguan. Dengan fatalnya peran dari sistem imun, sangat penting untuk selalu menjaganya tetap sehat. Bukan tidak mungkin gangguan terjadi, meski sudah secara maksimal melakukan hidup sehat.

Salah satu gangguan yang dapat terjadi berhubungan dengan sistem imunitas adalah lupus. Gangguan ini mampu menimbulkan beberapa gejala, seperti perasaan lelah yang parah, ruam pada kulit, hingga nyeri pada sendi. Beberapa orang merasakan gejala tersebut dapat menyerang secara tiba-tiba. Benarkah hal tersebut? Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: Akhirnya, Penyebab Penyakit Lupus Kini Terungkap

Gejala Lupus Mampu Menyerang Secara Tiba-Tiba

Lupus adalah penyakit autoimun yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh mengalami gangguan, sehingga menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Gangguan ini mampu menyebabkan peradangan dan memengaruhi berbagai organ tubuh yang penting, seperti persendian, ginjal, sel darah, otak, jantung, hingga paru-paru.

Umumnya, sistem kekebalan tubuh seharusnya melindungi tubuh dari berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Pada seseorang dengan penyakit lupus, sistem kekebalan mengalami kelainan, sehingga menganggap jaringan sehat tubuh sebagai penyebab gangguan dan menyerangnya. Seseorang yang mengidapnya akan mengalami kerusakan jaringan dan penyakit.

Lupus dapat sulit untuk didiagnosis karena gejala yang timbul umumnya sangat mirip dengan beberapa penyakit lainnya. Namun, gejala yang paling sering timbul adalah ruam pada wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu dan membentang di kedua pipi. Meskipun sering terjadi, tidak semua pengidap lupus akan mengalaminya.

Hal yang menjadi pertanyaan adalah dapatkah gejala dari lupus timbul secara tiba-tiba?

Memang, gejala yang ditimbulkan oleh lupus mampu terjadi secara tiba-tiba. Walau begitu, kamu juga dapat merasakannya berkembang secara perlahan dengan kemungkinan gejala yang ringan atau berat, hingga gangguan yang sementara atau permanen.

Meski begitu, kebanyakan seseorang dengan lupus memiliki penyakit ringan ditandai dengan episode saat gejala tersebut memburuk untuk sementara waktu. Setelah itu, gejalanya akan mulai membaik hingga hilang secara keseluruhan untuk sementara. Hal tersebut tergantung dari seberapa parah sistem imun yang terganggu oleh gangguan tersebut.

Baca juga: 3 Jenis Penyakit Lupus, Apa Saja?

Untuk itu, penting mengetahui beberapa gejala yang dapat timbul pada seseorang yang mengidap lupus. Berikut beberapa gejalanya:

  1. Kelelahan

Salah satu gejala yang umum timbul pada pengidap lupus adalah perasaan lelah yang kerap terjadi. Beberapa orang mengakalinya adalah dengan tidur siang, tetapi dapat menyebabkan insomnia di malam hari jika tidur terlalu lama. Hal ini mungkin sulit dilakukan, tetapi mampu membuat kamu untuk tetap aktif melakukan rutinitas sehari-hari dan menjaga energi tubuh.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait semua hal yang berhubungan dengan penyakit lupus, dokter dari Halodoc siap menjawab semua kebingungan kamu. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

  1. Ruam atau Lesi Kulit

Gejala lainnya yang dapat timbul pada seseorang yang terserang lupus adalah mengalami ruam atau lesi pada kulit. Salah satu gejala umum dari lupus adalah ruam menyerupai kupu-kupu di wajah. Gejala ini dapat terjadi secara tiba-tiba setelah terkena paparan sinar matahari.

Lupus juga dapat menyebabkan lesi tidak gatal pada beberapa area di tubuh. Selain itu, banyak seseorang yang mengidap lupus menjadi sensitif terhadap sinar matahari bahkan juga dengan cahaya buatan. Beberapa orang juga mengalami perubahan warna pada jari tangan dan kaki.

  1. Rambut Rontok

Kamu juga dapat mengalami penipisan pada rambut sebagai salah satu gejala awal dari lupus. Gejala ini terjadi disebabkan oleh peradangan pada kulit dan kulit kepala. Rambut dapat menipis secara perlahan disertai dengan penipisan pada janggut, alis, bulu mata, hingga rambut di bagian tubuh lainnya. Penyakit ini juga mampu membuat rambut menjadi lebih rapuh dan mudah patah.

Baca juga: Kenali Fakta Mengenai Penyakit Lupus

Itulah pembahasan mengenai gejala dari penyakit lupus yang dapat terjadi secara tiba-tiba. Penting untuk mendeteksi gejala yang timbul sejak dini agar gangguan lupus mampu ditangani segera. Sehingga, beberapa komplikasi berbahaya dapat dicegah untuk menyerang.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Lupus.
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Early Signs of Lupus.