• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mudah untuk Tingkatkan Sistem Imun

6 Cara Mudah untuk Tingkatkan Sistem Imun

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sejak ditetapkan menjadi pandemi di Indonesia, korban akibat virus corona semakin melonjak setiap harinya. Virus ini rentan menyerang seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. Untuk itu, disarankan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyebaran virus mematikan tersebut. 

Baca juga: Rutin Konsumsi Kencur, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan guna meningkatkan sistem imun tubuh. Berikut beberapa di antaranya:

  • Konsumsi Vitamin C

Agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga di tengah penyebaran virus corona saat ini, disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C tinggi. Jika daya tahan tubuh kuat, penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau kuman tidak akan mudah menyerang. Makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi karena mengandung tinggi vitamin C, di antaranya jeruk, jambu biji, pepaya, stroberi, dan kiwi.

Faktanya, jambu biji mengandung dua kali lebih banyak vitamin C daripada buah jeruk. Untuk mengonsumsinya, kamu dapat langsung memakannya atau mengolahnya menjadi jus. Namun, jangan menambah gula terlalu banyak, ya! Karena sebaik-baiknya vitamin C dari buah adalah yang dikonsumsi secara alami tanpa pemanis buatan.

  • Sayur dan Buah-Buahan

Untuk meningkatkan sistem imun tubuh, makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi adalah sayur dan buah-buahan. Ketika dikonsumsi secara rutin secara bersamaan, kedua makanan tersebut akan mencegah kamu dari berbagai macam penyakit karena daya tahan tubuh yang kuat, karena kandungan berbagai macam vitamin dan mineral di dalamnya.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

  • Kelola Stres dengan Baik

Ketika stres tidak dapat dikelola dengan baik, otomatis produksi hormon kortisol dalam tubuh akan ikut meningkat. Peningkatan produksi hormon kortisol dalam jangka panjang mampu menurunkan daya tahan tubuh secara perlahan. Untuk mencegah hal tersebut, penting untuk mengelola stres dengan baik guna menghindari menurunnya daya tahan tubuh.

  • Cukup Istirahat

Meningkatkan sistem imun tubuh tidak selalu berasal dari faktor makanan. Tubuh juga memerlukan waktu istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi agar tetap fit. Pada orang dewasa, waktu tidur diperlukan selama 7-8 jam per hari. Sedangkan pada anak-anak, waktu tidur diperlukan selama 10 jam per hari atau lebih. Pastikan waktu istirahat terpenuhi, agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

  • Rutin Berolahraga

Langkah meningkatkan sistem imun tubuh selanjutnya dapat dilakukan dengan berolahraga selama 30 menit setiap hari. Kegiatan yang satu ini paling sehat jika dilakukan di bawah paparan sinar matahari pagi secara langsung, karena dapat meningkatkan kadar vitamin D dari sinar matahari. Tidak perlu pergi ke gym, kamu dapat melakukan olahraga yang mudah dan murah dengan berjalan cepat atau berlari.

  • Konsumsi Suplemen

Selain menerapkan pola hidup sehat dengan beberapa langkah tersebut, menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan. Konsumsi suplemen dan multivitamin tambahan dapat menjadi pilihan guna melengkapi pola makan yang dinilai kurang memenuhi nutrisi yang diperlukan guna menjaga daya tahan tubuh.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen dan multivitamin tambahan, diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Pasalnya, pada sebagian pengidap alergi, reaksi alergi bisa saja muncul karena tidak cocok pada kandungan yang ada dalam suplemen atau multivitamin tambahan.

Baca juga: Mulai Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar dari Virus

Selain beberapa langkah tersebut, kamu juga perlu menjaga kebersihan lingkungan dengan baik agar tidak menjadi sarang kuman, virus, atau bakteri. Bukan hanya lingkungan rumah saja yang harus dijaga kebersihannya, tubuh kamu pun perlu. Dengan membiasakan diri mencuci tangan setelah melakukan kegiatan apapun, kamu telah membantu menjaga tubuh menjadi lebih sehat. Selamat mencoba!

Referensi:

Health Harvard. Diakses pada 2020. How to Boost Your Immune System.
Healthline. Diakses pada 2020. 15 Foods That Boost the Immune System.
Prevention. Diakses pada 2020. 8 Science-Backed Ways to Boost Your Immune System, According to Experts.