Bisakah Kurap Disembuhkan dengan Bahan Alami?

Bisakah Kurap Disembuhkan dengan Bahan Alami?

Halodoc, Jakarta - Kurap adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur tinea corporis. Jamur ini hidup dalam jaringan kulit mati, contohnya pada kuku dan rambut. Kurap di tubuh menimbulkan bercak merah, bersisik, dan menimbulkan rasa gatal pada kulit. Setelah muncul bercak dan gatal terus - menerus, penyakit ini membentuk lingkaran atau cincin di kulit. Penyakit ini dapat muncul di bagian kulit mana saja, termasuk wajah. Namun, kurap paling umum terjadi di lengan dan kulit kepala.

Baca Juga: Faktor yang Dapat Meningkatkan Risiko Terkena Tinea Corporis

Perawatan yang diperlukan untuk kurap tergantung pada lokasi dan tingkat keparahan infeksi. Kurap biasanya diobati menggunakan resep obat yang telah dianjurkan dokter, tapi ada pula pengobatan alternatif lain menggunakan bahan - bahan alami. Yuk, ketahui bahan alami apa saja yang dapat digunakan untuk menyembuhkan kurap !

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antijamur yang kuat, sehingga dapat membantu mengobati kurap bila dioleskan ke daerah yang terinfeksi. Untuk menggunakannya, rendam bola kapas dalam cuka sari apel yang tidak dilarutkan dan oleskan kapas ke kulit. Lakukan proses ini 3 kali sehari agar hasilnya maksimal.

  1. Tea Tree Oil

Penduduk asli Australia telah terbiasa menggunakan tea tree oil sebagai antijamur dan antibakteri. Penggunaan tea tree oil sebagai antijamur dan antibakteri masih digunakan sampai hari ini karena efektif dalam mengobati infeksi kulit jamur. Oleskan tea tree oil langsung ke daerah yang terinfeksi kurap dan lakukan 2 - 3 kali sehari menggunakan kapas.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antijamur yang dapat membantu mengobati infeksi kurap dan infeksi jamur lain, seperti candidiasis. Minyak kelapa menjadi pengobatan yang tepat untuk kurap karena mudah diaplikasikan ke kulit kepala dan dapat berfungsi pula sebagai kondisioner. Untuk menggunakannya, hangatkan minyak kelapa dengan microwave atau menggunakan tangan sampai menjadi cair. Kemudian, oleskan langsung ke daerah yang terinfeksi kurap. Minyak ini akan menyerap ke dalam kulit dengan cepat. Terapkan proses ini setidaknya 3 kali sehari.

  1. Kunyit

Kunyit bersifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antijamur, sehingga dapat digunakan untuk mengobati kurap. Campurkan kunyit segar atau bumbu kunyit dengan sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta kunyit pada kurap dan biarkan sampai kering.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya telah lama digunakan sebagai obat alami untuk infeksi bakteri dan jamur, termasuk kurap. Lidah buaya dapat mengobati kurap dengan meredakan gejala gatal, radang, dan ketidaknyamanan akibat infeksi. Oleskan gel lidah buaya langsung ke kulit yang terinfeksi dan lakukan minimal 3 kali sehari.

Baca Juga: 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

  1. Minyak Oregano

Minyak atsiri oregano dapat menghambat dan mengobati infeksi kulit jamur, termasuk kurap di kaki. Minyak oregano adalah ekstrak yang dapat dibeli secara online atau di toko secara langsung. Campurkan beberapa tetes minyak oregano dengan minyak zaitun atau minyak kelapa, kemudian oleskan ke daerah yang terinfeksi sebanyak 3 kali sehari.

  1. Minyak Sereh

Ekstrak minyak sereh dan teh sereh bersifat antijamur yang dapat mengobati infeksi kulit jamur, seperti kurap. Untuk menggunakan minyak sereh, campur beberapa tetes minyak sereh dengan minyak nabati. Oleskan langsung ke kulit dua kali sehari. Kantong teh sereh yang diseduh juga dapat dioleskan secara langsung ke kulit yang terinfeksi.

  1. Bubuk Akar Manis

Bubuk akar manis bersifat antimikroba yang kuat. Penelitian telah menemukan bahwa ekstrak akar manis dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk infeksi jamur. Campurkan delapan sendok teh bubuk akar manis dengan secangkir air, lalu didihkan. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan mendidih selama 10 menit. Aduk sampai menjadi pasta dan ketika pasta sudah cukup dingin untuk disentuh, oleskan pasta ke area yang terinfeksi dan biarkan selama 10 menit. Proses ini dapat dilakukan 2 kali sehari.

Baca Juga: Cara Pencegahan agar Tidak Terkena Tinea Corporis

Jika kamu memiliki gejala mirip kurap, bicara pada dokter Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Gunakan fitur Contact Doctor yang ada di Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!