• Home
  • /
  • Bisakah Migrain Diatasi Tanpa Obat-Obatan?

Bisakah Migrain Diatasi Tanpa Obat-Obatan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Bisakah Migrain Diatasi Tanpa Obat-Obatan?

Halodoc, Jakarta - Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang menyerang kepala sebelah, yang diikuti dengan serangkaian gejala, seperti muntah, mual, hingga sensitif terhadap bunyi dan cahaya. Jika sudah terjadi, migrain dapat menyebabkan terganggunya aktivitas harianmu. Sebelum mengonsumsi obat-obatan, berikut cara alami mengatasi migrain! 

Baca juga: Migrain Menyerang saat Puasa, Ini Cara Mengatasinya

  • Jahe Hangat

Jahe diklaim ampuh dalam mengurangi tingkat keparahan migrain. Bukan hanya migrain saja yang bisa diatasi, jahe juga memiliki zat anti kanker, menurunkan peradangan dalam tubuh, melancarkan sirkulasi darah, meredakan sakit karena menstruasi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan gejala asma, serta menurunkan kadar stres.

  • Minyak Lavender

Menghirup minyak lavender merupakan salah satu cara alami mengatasi migrain. Minyak ini memiliki efek yang menenangkan dan menyeimbangkan kadar hormon serotonin dalam tubuh. Dengan begitu, migrain akibat stres pun dapat menghilang. Selain dihirup, minyak ini juga dapat dioleskan pada kulit bagi mereka yang tidak mengidap masalah alergi.

Jika timbul reaksi alergi setelah mengoleskan minyak ini diskusikan segera dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Reaksi alergi pada kulit ditandai dengan bentol kemerahan yang disertai dengan rasa gatal, serta pembengkakan pada area wajah, lidah, langit-langit mulut, serta di sekitar wajah.

  • Minyak Peppermint

Kandungan mentol dalam minyak peppermint dapat meredakan gejala migrain yang muncul. Dengan mengoleskan minyak peppermint di area pelipis dan dahi, cara tersebut efektif guna mengurangi rasa nyeri dan mual karena migrain.

Baca juga: 5 Hal tentang Migrain yang Perlu Diketahui

  • Pijat Kulit Kepala

Memijat kulit kepala merupakan salah satu cara alami mengatasi migrain yang ampuh. Memijat kulit kepala dapat membantu mengurangi ketegangan yang terjadi di area kepala, serta melancarkan peredaran darah.

  • Lakukan Akupresur

Akupresur merupakan terapi pengobatan alternatif yang dilakukan dengan menekan titik-titik tertentu menggunakan jari guna meredakan rasa sakit. Ini menjadi cara alami mengatasi migrain yang patut kamu coba. Selain mampu meredakan migrain, akupresur dapat meredakan mual dan muntah, yang menjadi salah satu gejala migrain.

  • Lakukan Yoga

Gerakan yoga yang melibatkan pernapasan, meditasi, dan ketepatan postur tubuh dapat meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental. Dari hasil studi yang dilakukan, yoga dapat mengurangi intensitas, durasi, dan frekuensi gejala migrain. Yoga mampu mengurangi kecemasan dan ketegangan di area kepala yang terserang migrain, serta dapat melancarkan peredaran darah.

  • Konsumsi Makan dengan Tinggi Magnesium

Kekurangan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh mudah terserang sakit kepala dan juga migrain. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi kacang almond, selai kacang, kacang mete, susu, telur, oatmeal, biji wijen, atau biji bunga matahari. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium, sesuai dengan anjuran dokter.

  • Konsumsi Makanan dengan Tinggi Asam Lemak Omega-3

Selain mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi magnesium, cara alami mengatasi migrain selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 guna mengurangi peradangan pada tubuh. Makanan dengan sumber asam lemak omega-3  antara lain ikan tuna, ikan makarel, ikan sarden, telur, dan bayam.

Baca juga: Begini Cara Mengobati Migrain pada Si Kecil

Meski ampuh dalam menghilangkan migrain, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan beberapa bahan alami tersebut. Jika kamu mengalami reaksi alergi setengahnya, segera hentikan penggunaan. Diskusikan dengan dokter apabila gejala migrain tidak kunjung hilang meski telah menggunakan obat migrain alami tersebut.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Natural Ways to Reduce Migraine Symptoms.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Home Remedies for Headache and Migraine Relief.