Bisakah Ukuran Kepala dengan Hidrosefalus Kembali Normal?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sebagian besar tubuh manusia mengandung air. Cairan tersebut mencakup darah hingga cairan yang mengalir di dalam dan disekitar jaringan serta organ kamu. Tengkorak kepala juga diisi dengan cairan yang mengelilingi lipatan dan lobus otak kamu. Cairan tersebut dikenal dengan sebutan serebrospinal, yang berfungsi sebagai bantalan otak untuk melindungi diri dari cedera. Di samping itu, serebrospinal juga memiliki nutrisi dan protein yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kinerja otak.

Otak bisa mengalami gangguan terkait cairan yang ada di dalamnya. Gangguan tersebut dikenal dengan sebutan hidrosefalus. Dikarenakan gangguan tersebut, cairan dalam otak tidak mengalir atau terserap seperti seharusnya. Selain itu, gangguan tersebut juga dapat menyebabkan cadangan dan penyumbatan yang memberi tekanan pada otak. 

Baca juga: Ketahui Berbagai Faktor Risiko Hidrosefalus Sejak Dini

Hidrosefalus, Kerusakan Otak yang Tidak Dapat Dipulihkan

Hidrosefalus biasanya terjadi pada bayi atau dewasa yang berusia lebih dari 60 tahun. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada usia berapa pun. Gangguan ini tidak dapat disembuhkan, hanya saja perawatan dapat meringankan gejalanya. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai perawatan terbaik.

Hidrosefalus dapat berakibat fatal jika dibiarkan dan tidak diobati. Perawatan mungkin tidak dapat menyembuhkan kerusakan otak yang sudah terjadi. Tujuan perawatan hanya untuk mencegah kerusakan otak lebih lanjut. Ini melibatkan pemulihan aliran normal CSF. Berikut adalah pilihan perawatan yang bisa dilakukan:

1. Penyisipan Shunt

Pada kebanyakan kasus, shunt dimasukkan melalui pembedahan. Shunt merupakan sistem drainase yang terbuat dari tabung panjang dengan katup. Katup membantu aliran CSF pada kecepatan normal dan ke arah yang benar. Dokter akan memasukan ujung tabung di otak kamu dan ujung lainnya ke dada atau rongga perut. Kelebihan cairan kemudian mengalir dari otak dan keluar dari ujung tabung, sehingga dapat lebih mudah diserap. Implan shunt biasanya permanen dan harus dipantau secara teratur. 

2. Ventrikulostomi

Prosedur yang disebut ventrikulostomi dapat dilakukan sebagai alternatif untuk memasukkan shunt. Prosedur ini melibatkan lubang di bagian bawah ventrikel atau di antara ventrikel. Ini memungkinkan CSF meninggalkan otak.

Baca juga: Radang Otak pada Anak Bisa Akibatkan Hidrosefalus

Apabila gejala yang dialami ringan, perawatan mungkin saja tidak diperlukan. Namun, jika serius, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi untuk meletakkan tabung plastik fleksibel yang disebut shunt di otak untuk mengarahkan cairan serebrospinal ke bagian lain dari tubuh seperti perut. Shunt biasanya tidak akan dilepas dan pemeriksaan rutin harus dilakukan untuk memastikan alat tersebut berfungsi.

Beberapa orang dengan hidrosefalus, terutama anak-anak, mungkin memerlukan perawatan tambahan. Kondisi tersebut tergantung pada tingkat keparahan komplikasi jangka panjang dari hidrosefalus. Tim perawatan khusus anak-anak dapat mencakup:

  • Dokter anak atau fisioterapi, yang mengawasi rencana perawatan medis.
  • Ahli saraf pediatrik, yang berspesialisasi dalam diagnosis dan pengobatan gangguan neurologis pada anak-anak. 
  • Terapis okupasi, yang berspesialisasi dalam terapi untuk mengembangkan keterampilan sehari-hari
  • Terapis okupasi, yang berspesialisasi dalam terapi untuk mengembangkan keterampilan sehari-hari
  • Terapis perkembangan, yang berspesialisasi dalam terapi untuk membantu anak mengembangkan perilaku yang sesuai dengan usia, keterampilan sosial, dan keterampilan interpersonal
  • Penyedia kesehatan mental, seperti psikolog atau psikiater.
  • Pekerja sosial, yang membantu keluarga dengan mengakses layanan dan merencanakan transisi dalam perawatan.
  • Guru pendidikan khusus, yang menangani ketidakmampuan belajar, menentukan kebutuhan pendidikan, dan mengidentifikasi sumber daya pendidikan yang sesuai.

Baca juga: Bisakah Hidrosefalus Diketahui Dari Dalam Kandungan?

Orang dewasa dengan komplikasi yang lebih parah mungkin juga memerlukan layanan terapis okupasi, pekerja sosial, serta spesialis dalam perawatan demensia atau spesialis medis lainnya. 

Referensi:

Health Line. Diakses pada 2019. Hydrocephalus

Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Hydrocephalus Diagnosis Treatment