5 Cara Atasi Mata Lelah karena Astenopia

July 13, 2017 5 Cara Atasi Mata Lelah karena Astenopia

Halodoc, Jakarta - Pernah dengar istilah mata lelah? Disebut juga astenopia, mata lelah ini umumnya bisa terjadi pada kamu yang sering bekerja di dalam ruangan dan terus berhadapan dengan layar komputer.

Astenopia atau mata lelah ini ditandai dengan mata menjadi panas, iritasi, mengantuk, merah, berair, dan tidak nyaman. Akibatnya, kemampuan mata untuk melihat pun jadi berkurang.

Perlu diketahui bahwa gangguan astenopia ini bisa menghambat kinerja dan produktivitas saat beraktivitas. Saat pandangan menjadi tidak jelas, kamu tentu jadi tidak bisa bekerja secara maksimal. Apalagi untuk kamu yang diharuskan bekerja menggunakan komputer.

Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa hal untuk melindungi dan menjaga mata dari astenopia. Yuk, cari tahu berikut ini:

  1. Saat berhadapan dengan layar komputer jangan lupa untuk mengistirahatkan mata setiap 15 menit sekali. Coba alihkan pandangan dari layar komputer ke luar ruangan atau keluar jendela kantor. Dengan melihat ke luar ruangan, kamu bisa menemukan objek lain seperti tumbuhan yang berwarna hijau atau benda-benda lain yang bisa membuat mata jadi lebih rileks.
  2. Untuk yang bekerja di ruangan tertutup dan tidak memiliki jendela, pandangilah sudut kantor selama 10 menit. Jangan mengalihkan dengan menggunakan perangkat smartphone, ya. Sudut kantor bisanya berwarna putih atau dipenuhi benda lain yang memiliki lebih dari satu warna. Sehingga mata jadi lebih rileks. Intinya adalah dengan mengalihkan dari layar komputer yang mengeluarkan sinar ultraviolet. Cara lain untuk mengistirahatkan mata adalah dengan menutup mata selama 20 detik.
  3. Untuk menghindari mata lelah ini perlu juga diperhatikan letak layar komputer. Pastikan lebih rendah dari level mata agar dapat meningkatkan produksi air dan menenangkan mata yang lelah. Manfaat lain jika posisi layar lebih rendah adalah dapat menghindari otot leher jadi tegang karena selalu tegak menatap layar komputer.
  4. Kemudian kurangi tingkat brightness dari layar monitor. Kurangi juga penerangan di ruang kerja karena penerangan yang terlalu terang tidak baik untuk mata. Hal ini akan membuat mata menjadi nyaman.
  5. Kalau sudah duduk berjam-jam di ruangan, ada baiknya melakukan peregangan badan. Kamu bisa mulai berjalan mondar mandir di ruangan untuk melemaskan otot badan yang lelah. Kegiatan ini selain bermanfaat untuk tubuh juga membantu menyegarkan mata, lho.


Setelah melakukan kegiatan pencegahan terkena astenopia, yang paling penting adalah medical check-up minimal satu tahun sekali. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk mata seperti wortel, melon kuning, dan buah persik. Makanan-makanan ini mengandung carotenoids untuk mencegah kekurangan vitamin A. Jadi selain dari gaya hidup, kamu pun harus memperhatikan pola makan untuk memiliki mata yang sehat.

Untuk menanyakan masalah kesehatan secara rutin, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Ada banyak dokter pilihan yang bisa dihubungi sebelum kamu melakukan pemeriksaan menyeluruh di rumah sakit. Tak usah ragu untuk menghubungi dokter spesialis mata melalui Voice/Video Call dan Chat menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!