6 Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Desember 2019
6 Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa6 Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Umat muslim diwajibkan untuk melakukan puasa setiap bulan Ramadan. Selain itu, puasa kerap dilakukan orang dengan berbagai faktor, misalkan untuk kesehatan. Saat menjalani puasa, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman dari luar. Meskipun tidak makan dan minum, bukan berarti kamu menjadi tidak aktif dan tidak boleh berolahraga.

Baca Juga: Jangan Mager, Ini 4 Manfaat Olahraga Saat Puasa

Melansir dari Healthline, Chelsea Amengual, ahli Pemrograman Kebugaran & Nutrisi mengatakan ketika puasa glikogen atau karbohidrat yang disimpan kemungkinan besar akan habis, sehingga kamu dapat membakar lebih banyak lemak daripada biasanya. Namun, intensitas olahraga saat puasa harus dikurangi untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Lantas, olahraga seperti apa yang bisa dilakukan? Ini contohnya

1. Jalan Santai

Saat puasa hindari olahraga yang bisa membuat kamu mudah berkeringat. Nah, jalan santai adalah salah satu olahraga yang bisa kamu pilih. Dengan jalan santai, kesehatan tubuh bisa terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti di sore hari menjelang buka puasa untuk mencegah kondisi lemas yang terlalu lama.

2.  Bersepeda Sore Hari

Bersepeda adalah contoh olahraga ringan sekaligus menyenangkan yang bisa kamu coba. Selain mengencangkan otot, bersepeda juga menyehatkan jantung.

Bersepeda saat puasa juga menjaga tubuh agar tidak lemas karena dengan bersepeda pikiran juga lebih tenang dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol lebih mudah.

3. Bowling

Bowling termasuk olahraga ringan yang tidak membutuhkan banyak energi sekaligus tidak kalah mengasyikan dari bersepeda. Dengan bermain bowling, kamu bisa sekaligus olahraga sembari menunggu waktu berbuka puasa. Olahraga ini bagus untuk menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan badan.

Baca Juga: Berapa sih Durasi Ideal untuk Olahraga saat Puasa?

4. Latihan Beban

Kalau mendengar latihan beban, pasti kamu akan berpikir jika olahraga ini bisa menguras banyak energi. Nah, agar tidak menguras banyak energi, pilihlah beban yang tidak terlalu berat. Lakukan gerakan angkat beban yang halus secara perlahan-lahan agar otot tidak kram pada saat mengangkat beban.

Kalau kamu masih ragu memilih jenis olahraga yang tepat saat puasa, kamu bisa tanyakan terlebih dahulu ke dokter Halodoc. Lewat aplikasi, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

5.  Jogging

Jogging sebenarnya mirip dengan berjalan santai namun dengan ritme yang sedikit lebih cepat. Tidak perlu khawatir, jogging masih termasuk ke dalam olahraga ringan yang dapat dilakukan selama puasa dan dapat dilakukan kapan saja.

6. Yoga

Dilansir dalam laman Live Strong, yoga termasuk olahraga ringan karena tidak terlalu menguras energi. Berlatih yoga saat berpuasa mampu menjaga tubuh tetap segar, bugar dan lebih rileks. Seperti yang kita tahu, latihan yoga berfokus pada teknik pernapasan yang otomatis menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyeimbangkan produksi hormon.

Tidak hanya itu, yoga membantu membakar kalori dan mampu memperbaiki postur tubuh. Bisa dipastikan olahraga ini tidak akan membuat kamu mudah lelah, karena yoga tidak akan membuat kamu berkeringat banyak, sehingga kamu pun tidak akan merasa dehidrasi.

Baca Juga: 4 Cara agar Tidak Lemas Olahraga saat Puasa

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum melakukan olahraga saat puasa adalah kapan waktu yang pas agar tidak mengganggu ibadah puasa kamu. Hindari berolahraga pada siang hari karena berisiko menyebabkan dehidrasi. Lakukan olahraga pada sore hari 2 sampai 1 jam menjelang berbuka puasa atau setelah berbuka untuk menghindari lemas dan dehidrasi.


Referensi :
Healthline. Diakses pada 2019. How to Exercise Safely During Intermittent Fasting.
Live Strong. Diakses pada 2019. Should I Exercise While Fasting?.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan