4 Cara agar Tidak Lemas Olahraga saat Puasa

olahraga saat puasa

Halodoc, Jakarta - Hampir semua orang pasti malas melakukan olahraga saat sedang menjalani ibadah puasa, karena tubuh dianggap menjadi cepat lemas. Ternyata, olahraga membuat tubuh menjadi lemas tidak sepenuhnya benar. Justru dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih bugar. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus saat bekerja, peredaran darah lancar, serta kamu akan terhindar dari berbagai penyakit. Begini cara agar tidak lemas olahraga saat puasa.

Baca juga: 5 Tips Olahraga Saat Puasa

  • Perhatikan Jenis Olahraga yang Ingin Dilakukan

Perhatikan jenis olahraga yang mau kamu jalani. Sebaiknya lakukan jenis olahraga dengan intensitas ringan, seperti berjalan, joging, dan bersepeda. Disarankan untuk tidak mencoba melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, karena khawatir tubuh kamu tidak mampu melakukannya. Jika hal ini terjadi, kamu bisa mengalami lemas saat puasa. Otomatis puasa kamu jadi tidak lancar.

  • Perhatikan Kapan Waktu Menjalani Olahraga

Memperhatikan kapan waktu olahraga adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Kamu tidak disarankan untuk melakukan olahraga di waktu tengah hari bolong. Karena jika kamu menjalaninya, kamu tidak hanya lemas, bahkan bisa saja kamu mengidap dehidrasi. Lebih baik, lakukan olahraga ringan setengah jam sebelum berbuka puasa. Atau lebih baik lakukan olahraga setelah berbuka, karena setelah berbuka tubuh mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman.

Namun, kembali lagi kepada individu masing-masing. Bagi mereka yang tidak terbiasa olahraga, hal ini pasti terasa sangat berat dijalani. Ada orang yang mampu melakukan olahraga saat berpuasa dan ada juga yang tidak. Hal ini tergantung pada kebiasaan orang tersebut melakukan olahraga. Hal yang terpenting setelah melakukan olahraga, kamu tidak merasa lemas, pusing, atau bahkan pingsan.

Baca juga: Rentan Dehidrasi, Haruskah Olahraga Saat Puasa?

  • Penuhi Asupan Cairan saat Sahur dan Berbuka

Dehidrasi dapat terjadi saat berolahraga, apalagi dilakukan pada saat cuaca panas. Untuk mencegah hal ini terjadi, asupan cairan ke dalam tubuh juga harus diperhatikan. Kamu juga disarankan untuk membatasi aktivitas fisik di siang hari untuk mencegah dehidrasi. Melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat di siang hari saat puasa dapat menyebabkan dehidrasi karena cairan tubuh hilang melalui keringat. Hal ini tentunya akan membuat kamu jadi lemas.

  • Penuhi Asupan Makanan yang Diperlukan

Waktu makan di bulan puasa tentu akan berubah dibandingkan dengan hari biasanya. Selain itu, porsi makan mungkin juga dapat berubah. Nah, usahakan untuk tetap memakan makanan dalam jumlah yang sama seperti biasanya. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh.

Karbohidrat merupakan energi utama bagi tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat saat sahur diperlukan untuk membantu melepaskan energi secara perlahan, sehingga energi dalam tubuh tidak cepat habis. Selain karbohidrat, protein juga sangat diperlukan tubuh. Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan, daging, dan telur saat sahur dan berbuka. Protein dapat membantu memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak ketika berolahraga.

Baca juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Jika Berolahraga Saat Puasa

Jika kamu mempunyai masalah kesehatan saat menjalani ibadah puasa, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!