Kutil Kelamin, Cari Tahu Penyebabnya

Kutil kelamin, penyebab kutil kelamin, mencegah kutil kelamin, cari tahu penyebab kutil kelamin
SEKS 13 July 2018

Halodoc, Jakarta – Kulit kelamin ialah kemunculan benjolan daging kecil di area genital dan dubur yang diakibatkan oleh infeksi menular seks dan umumnya dikarenakan oleh Human papillomavirus (HPV). HPV adalah penyebab paling umum dari hampir semua penyakit menular seksual. Pria dan wanita yang aktif secara seksual sangat rentan terhadap komplikasi HPV, termasuk kutil kelamin.

Kutil kelamin dapat menyebabkan rasa sakit, tidak nyaman, dan gatal-gatal. Bahkan, bukan tak mungkin kutil kelamin bisa menjadi pemicu kanker serviks dan vulva. Perawatan yang intensif adalah cara terbaik untuk mengatasi infeksi kelamin ini.

Gejala kutil kelamin terkadang tidak bisa dilihat secara langsung. Bisa jadi bentuk kutil yang muncul sangat kecil dengan warna yang senada dengan kulit atau bahkan berwarna lebih gelap. Bagian atas dari kutil berbentuk kembang kol dan sedikit bergelombang saat disentuh. Kemunculan kutil kelamin bisa saja satu-satu atau pun segerombolan. Baca juga: Kenapa Wanita Merasakan Sakit PMS?

Kutil kelamin dapat ditularkan melalui aktivitas seksual termasuk oral, vaginal, dan anal. Kutil kelamin bisa muncul di Mr P, skrotum, paha, selangkangan, di dalam atau sekitar anus, di luar dan dalam Miss V, serviks, serta bibir dan tenggorokan. Bahkan, saat kamu tidak bisa melihat penampakan kutil kelamin secara langsung, akan ada sensasi yang mengiringi seperti rasa panas, gatal, keputihan, dan perdarahan.

Walaupun setiap orang yang aktif secara seksual dapat berkemungkinan mengidap kutil kelamin, tapi ada beberapa spesifikasi tertentu yang membuatmu lebih mudah terinfeksi kutil kelamin seperti berusia di bawah 30 tahun, merokok, pernah mengidap penyakit kelamin sebelumnya, berbagi pakaian dalam atau pun handuk dengan orang yang terinfeksi kutil kelamin, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan anak-anak dengan ibu yang memiliki virus yang sama.

Lebih Berisiko pada Wanita

Skema organ genital wanita memungkinkan kutil kelamin timbul di bagian dalam Miss V, sehingga sulit untuk melacaknya secara kasat mata. Bila kamu merasakan sesuatu yang ganjal pada area kewanitaanmu, tak ada tindakan yang lebih membantu selain secepatnya melakukan pemeriksaan.

Tindakan umum yang biasanya dilakukan dokter adalah dengan melakukan pemeriksaan panggul lewat pemberian larutan asam ringan yang membuat kutil dapat terlihat. Selain itu, dokter juga bisa melakukan pemeriksaan pap smear yang melibatkan pemeriksaan sel-sel yang ada dari leher rahim untuk kemudian diuji apakah terdapat HPV atau tidak. Baca juga: Benarkah Ukuran Klitoris Setiap Wanita Berbeda?

Wanita yang sudah didiagnosis mengidap kutil kelamin, disarankan untuk melakukan pap smear tiga sampai enam bulan sekali selama perawatannya berlangsung. Pemeriksaan intens ini memungkinkan dokter untuk memantau setiap perubahan pada serviks, sehingga bisa lebih mencegah kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.  Selain melakukan hubungan seksual secara bertanggung-jawab, cara pencegahan HPV adalah dengan pemberian vaksin HPV. Selain itu, untuk mengurangi penyebaran kutil kelamin lebih luas lagi, jangan mencukur pubis saat kamu mengidap kutil kelamin.

Walaupun lebih berisiko terhadap wanita, bukan berarti minim risiko pada pria. Penyebaran kutil kelamin juga bisa berakibat fatal bila pria tidak aware dengan kondisi Mr P-nya. Bagian bawah Mr P adalah area yang jarang diperhatikan untuk kemunculan kutil kelamin.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai kutil kelamin serta penyebabnya atau pun pertanyaan-pertanyaan seputar penyakit kelamin lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

20 August 2018

Rata-rata orang Jepang memiliki harapan hidup yang lebih tinggi alias panjang umur. Ternyata rahasianya ada pa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

20 August 2018

Mengetahui ada begitu banyak manfaat dari squat, ada baiknya kamu mengaplikasikan tips squat yang efektif meng...

Selengkapnya

SEKS

20 August 2018

Ternyata selain pola makan, wasir juga bisa muncul atau kumat karena stres. Selain stres, beberapa faktor yang...

Selengkapnya