07 March 2017

5 Penyakit Kelamin Berbahaya yang Perlu Diketahui

HaloDoc, Jakarta – Baik pria atau wanita wajib menjaga kebersihan organ intim agar terhindar dari penyakit kelamin. Ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit kelamin, seperti bakteri, jamur, dan parasit yang mampu menginfeksi organ intim. 

Infeksi ini dapat terjadi karena banyak faktor. Mulai dari kebiasaan mencuci organ intim dengan tidak bersih hingga melakukan hubungan seksual yang tidak sehat. Yuk, ketahui 5 jenis penyakit kelamin yang perlu diketahui dan diwaspadai berikut ini:

Bartholinitis
1. Bartholinitis

Jenis penyakit ini merupakan jenis yang tidak menular saat berhubungan seksual. Penyebabnya adalah infeksi bakteri yang menyebabkan pembengkakan di bagian pinggir salah satu kelenjar bartholin. Ukuran kelenjar ini adalah 1 sentimeter dan terletak pada lubang awal vagina. Pada saat berhubungan intim, kelenjar ini akan mengeluarkan cairan yang berguna sebagai pelumas. Gejala penyakit ini adalah demam dan perasaan tidak sehat. Pada vagina juga akan mengalami pembengkakan bagian kanan atau kiri. Dampak negatif dari penyakit ini apabila tidak diatasi dengan tepat adalah dapat berubah menjadi kista bartholinitis.

 Herpes Genitalis
2. Herpes Genitalis

Penyakit herpes genitalis (HSV) merupakan salah satu jenis Infeksi STD (penyakit menular seksual). Penyakit ini dibagi dua jenis. HSV pertama umumnya menyerang badan bagian pinggang ke atas, dan HSV kedua menyerang badan bagian pinggang ke bawah. Gejala HSV adalah muncul rasa terbakar pada bagian kulit yang akan mengalami luka. Selajutnya, pengidap akan merasakan rasa tidak enak badan, sakit kepala, pusing, cepat lelah, demam dan juga nyeri otot.

Kanker Serviks
3. Kanker Serviks

Ini merupakan jenis kanker yang ditakuti banyak kaum hawa. Menurut WHO, penyakit ini menduduki peringkat pertama sebagai penyebab kematian pada wanita di dunia menurut WHO. Disebut juga kanker leher rahim, penyakit ini bisa disebabkan oleh virus HPV yang sudah berkembang selama 10-20 tahun namun tidak disadari. Kanker serviks sendiri tidak memiliki ciri yang spesifik, namun umumnya seorang yang mengidap kanker serviks akan mengalami keputihan berlebihan, sakit saat berhubungan intim, sakit saat buang air kecil, dan darah haid yang keluar lebih banyak dari jumlah normal.

Ulkus Mole
4. Ulkus Mole

Ini merupakan jenis penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual dan lebih sering menyerang pria dibandingkan wanita. Terutama bagi pria yang sering berganti-ganti pasangan. Umumnya, penyakit ini ada di negara tropis seperti Asia, Afrika, dan Karibia. Ulkus mole dapat disembuhkan dengan antiseptik. Cirinya penyakiyt ini pada pria adalah luka pada pangkal paha sepanjang 3-30 sentimeter dan rasa sakit jika sudah terjadi infeksi. Sedangkan pada wanita akan mengalami rasa sakit saat buang air kecil, keputihan, dan luka pada vagina bagian dalam.

Trikomoniasis 
5. Trikomoniasis 

Disebabkan oleh parasit protozoa, penyakit trikonomiasis adalah salah satu penyakit kelamin yang menular melalui hubungan seksual. Penyakit ini merupakan satu dari tiga penyakit vagina yang umum terjadi pada wanita. Faktor yang menyebabkan trikomoniasis adalah sering berganti-ganti pasangan, melakukan hubungan seksual dengan pria yang terinfeksi, atau tidak menjaga kebersihan organ intim dengan benar. Umumnya, trikomoniasis menunjukkan tanda seperti warna dinding vagina yang kekuningan dan berbau tidak sedap. Pada beberapa kasus, vagina juga terlihat bengkak dan kemerahan.

Jaga selalu kesehatan organ intim Anda dan waspadai selalu risiko penularan penyakit kelamin. Hubungi dokter yang tepat untuk masalah kesehatan Anda. Gunakan fitur Call, Chat, atau Video Call dari HaloDoc apabila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke rumah sakit. Dapatkan saran untuk melakukan tindakan pertama sebelum membuat janji langsung bertemu di rumah sakit. Download aplikasi HaloDoc sekarang di App Store dan Google Play