Nasi Putih Bikin Ketagihan, Kok Bisa?

Nasi Putih Bikin Ketagihan, Kok Bisa?
DIET & NUTRISI 03 April 2018

Halodoc, Jakarta – Meski sudah makan banyak makanan, beberapa orang mengaku belum makan kalau belum mengonsumsi nasi. Selain karena nasi adalah salah satu makanan pokok, apakah ada hal lain yang membuat banyak orang ketagihan nasi putih? Cari tahu penjelasannya di sini, yuk! (Baca juga: 6 Makanan Pengganti Nasi Saat Diet)

Ketagihan Nasi Putih, Kok Bisa?

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS One menyebutkan bahwa makanan yang mengandung banyak lemak dan indeks glikemik tinggi bisa memicu “kecanduan” makan. Ini juga disebutkan dalam studi yang dilakukan oleh tim dari Rumah Sakit Anak Boston, Amerika Serikat. Studi tersebut menyebutkan bahwa makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi seperti roti putih, nasi, dan kentang berpotensi menimbulkan kecanduan. Sebab, makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa memicu rasa lapar dan merangsang area otak yang berkaitan dengan respon kecanduan. Akibatnya, otak akan mendorong kamu untuk terus makan nasi, meskipun kamu sudah makan sumber makanan lain. Jadi, perasaan belum kenyang jika belum makan nasi itu sebenarnya datang dari otak.

Apa itu Indeks Glikemik?

Indeks glikemik adalah sistem peringkat makanan yang mengandung karbohidrat. Ini untuk mengindikasi seberapa cepat karbohidrat yang terdapat dalam makanan dapat diubah menjadi gula oleh tubuh manusia. Secara umum, nilai indeks glikemik makanan terbagi menjadi tiga, yaitu rendah dengan indeks <55, sedang dengan indeks 56-59, dan tinggi dengan indeks >70. Nah, semakin tinggi indeks glikemik makanan, maka semakin cepat karbohidrat diserap menjadi gula darah. Lantas, berapa indeks glikemik nasi putih? Nasi putih masuk ke dalam kategori indeks glikemik tinggi karena dalam 150 gram nasi mengandung 89 indeks glikemik.

Sumber Karbohidrat selain Nasi

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menyebutkan bahwa orang yang setiap hari mengonsumsi makanan yang sama berisiko lebih besar untuk mengalami gangguan metabolisme, seperti peningkatan kadar gula darah dan tekanan darah tinggi. Sebab, saat kamu mengonsumsi makanan yang sama, kamu berisiko untuk kekurangan atau kelebihan zat gizi tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi setiap harinya, termasuk makanan yang mengandung karbohidrat dan indeks glikemik tinggi.

Selain lebih menarik, mengonsumsi makanan bervariasi juga bisa menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, penyakit jantung, dan kanker, lho. Beberapa makanan sumber karbohidrat yang bisa kamu konsumsi selain nasi adalah kentang, gandum, pasta, mi, ubi, jagung, dan lainnya. Selain itu, kamu juga perlu mengimbangi asupan makanan bergizi seimbang seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Agar kesehatan kamu tetap terjaga, kamu perlu memantau kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain secara rutin. Karena tanpa kontrol yang baik, kadar kolestrol, gula darah, dan lain-lain yang tinggi bisa memengaruhi kesehatan kamu. Nah kabar baiknya, sekarang kamu sudah bisa melakukan pengecekan kesehatan di rumah. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play, lalu masuk ke fitur Lab Service untuk memillih jenis pengecekan yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu bisa menentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Jadi, yuk segera gunakan Halodoc sebagai “teman” hidup sehat kamu. (Baca juga: Rahasia Turunkan Berat Badan dengan Beras Merah)


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

17 July 2018

1000 kehidupan ini dimulai dari fase kehamilan (270) hari hingga Si Kecil berusia dua tahun (730) hari. Lalu, ...

Selengkapnya

OLAHRAGA

17 July 2018

Dilakukan di ruangan bersuhu hingga 40 derajat, bikram yoga membuat kita berkeringat jauh lebih banyak. Apakah...

Selengkapnya

SEKS

17 July 2018

Fatty liver adalah sebuah istilah yang menggambarkan penumpukan lemak di hati. namun kalau sudah berlebihan ju...

Selengkapnya