• Home
  • /
  • Bolehkah Anak-Anak Mengonsumsi Infused Water?

Bolehkah Anak-Anak Mengonsumsi Infused Water?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Bolehkah Anak-Anak Mengonsumsi Infused Water?

Halodoc, Jakarta - Infused water dipercaya mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah detoksifikasi, mencegah dehidrasi, serta memperlancar sistem pencernaan. Lalu, bagaimana jika infused water ingin dinikmati oleh anak-anak? Berikut ulasan selengkapnya!

Baca juga: 5 Manfaat Infused Water bagi Tubuh

Bolehkah Anak-Anak Mengonsumsi Infused Water? 

Minuman yang satu ini dikenal memiliki beragam manfaat baik bagi tubuh, karena adanya buah-buahan serta sayuran di dalamnya. Selain itu, banyak juga orang yang mencampurkannya dengan rempah-rempah guna memperkaya rasa. Manfaatnya sendiri beragam, mulai dari detoksifikasi, menghidrasi tubuh, serta membantu melancarkan sistem pencernaan.

Minuman ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak, mengingat anak sudah sekali dianjurkan mengonsumsi air putih karena rasanya yang hambar. Padahal, konsumsi air putih sangat penting guna mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Karena hal tersebut, ibu bisa memberikannya infused water. 

Si Kecil dijamin suka, karena rasa yang dihasilkan bukan seperti air putih biasa. Infused water biasanya akan terasa segar, manis, serta agak asam, tergantung dari sayur, buah, serta rempah-rempah yang dicampurkan ke dalamnya. Jika biasanya akan menolak minum air putih karena rasanya yang hambar, infused water bisa dijadikan pilihan untuk membantu mencukupi cairan tubuh Si Kecil.

Baca juga: Waktu Paling Baik Mengonsumsi Infused Water

Perhatikan Bahan Campuran untuk Si Kecil

Meski diperbolehkan memberikan infused water untuk Si Kecil, tapi ibu juga perlu memperhatikan bahan-bahan tambahan di dalamnya. Membuat infused water untuk Si Kecil sebaiknya menghindari tambahan gula atau pemanis alami, entah itu madu, gula putih, atau gula merah. Cukup dengan memberikan beberapa potongan sayur, buah-buahan, bahan herbal, atau rempah-rempah untuk menciptakan rasa segar saat diminum.

Bukan hanya itu saja, Si Kecil juga bisa mendapatkan zat gizi tambahan dari buah-buahan, sayuran, serta rempah-rempah yang dicampur bersama dengan infused water. Saat ibu menambahkan asupan gula dalam minuman ini, akan berisiko untuk menimbulkan gigi berlubah, terlebih jika air ini dikonsumsi secara teratur oleh anak setiap hari.

Alih-alih memperbanyak asupan gula untuk anak, lebih baik tambahkan lebih banyak potongan sayur atau buah-buahan jika ingin menambah rasa. Untuk menemukan rasa yang paling disukai anak, ibu bisa mencoba berbagai kombinasi sayur dan buah-buahan.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Konsumsi Teh Hijau untuk Tubuh Ideal

Cara Membuat Infused Water untuk Anak

Infused water pada dasarnya hanyalah air putih biasa, yang ditambahkan dengan potongan buah, sayuran, serta rempah-rempah. Bedanya dengan minuman biasa adalah, sebelum dikonsumsi air putih yang sudah ditambahkan potongan-potongan buah, sayur, serta rempah-rempah didiamkan terlebih dulu selama semalaman di kulkas. Tujuannya adalah agar nutrisi, sari buah, serta aroma larut ke dalam air. 

Di samping bahan-bahan infused water yang bisa dengan mudah didapat, proses pembuatannya pun tidak sulit dan bisa dilakukan di rumah. Begini kira-kira cara membuat infused water:

  • 3 buah stroberi dipotong menjadi dua bagian.

  • 2 lembar daun mint.

  • 3 iris mentimun

Masukkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam satu botol air matang, kemudian simpan di dalam kulkas semalaman. Setelah itu, infused water siap untuk dikonsumsi. Meskipun dinilai aman, pemberian infused water untuk anak tetap harus dibatasi ya, bu! Karena anak tetap membutuhkan asupan air putih untuk tubuhnya. Dengan kata lain, ibu tetap harus mengutamakan pemberian air putih biasa pada anak, dibandingkan dengan infused water.

Untuk pertanyaan lebih lanjut seputar infused water untuk anak, ibu bisa langsung diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:

Very Well Family. Diakses pada 2020. Is Flavored Water Healthy for Kids?
Very Well Fit. Diakses pada 2020. Top 10 DIY Spa Water Recipes.
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Healthy Drinks for Kids (And 3 Unhealthy Ones).