17 December 2017

Ini Alasan Mengapa Gula Merah Aman Dikonsumsi Pengidap Diabetes

Ini Alasan Mengapa Gula Merah Aman Dikonsumsi Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta - Ada banyak jenis gula yang bisa dikonsumsi sebagai pemanis makanan ataupun minuman. Misalnya, gula batu, gula pasir, gula halus, dan sirup. Dengan banyaknya jenis gula, banyak orang sering keliru dalam memilih mana yang lebih sehat dan mana yang justru kurang baik bagi kesehatan. Terutama jika kamu salah satu pengidap diabetes, beberapa jenis gula tentu menjadi pantangan yang harus dihindari. Hal ini dikarenakan setiap jenis gula memiliki kandungan yang berbeda-beda pula.

Namun sejak gula merah dikategorikan lebih aman dikonsumsi, pengidap diabetes tak perlu khawatir lagi. Memang, apa yang membuat gula merah berbeda? Dalam proses pembuatannya, gula yang diekstrak dari nira aren ini hanya dipanaskan sampai bebas dari kuman dan bakteri, kemudian akan diberi pewarna atau dikristalkan berulang-ulang.

Selain itu, manfaat gula merah untuk pengidap diabetes juga banyak. Dengan pemanis yang lebih alami tersebut, pengidap diabetes bahkan tidak perlu cemas lagi saat ingin mengonsumsi gula! Berikut adalah manfaat gula merah yang dimaksud:

1.  Menurunkan Glukosa
Manfaat gula merah yang pertama yakni mampu menurunkan kadar glukosa. Glukosa adalah kadar gula dalam darah yang sangat memicu penyakit diabetes. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk selalu mengontrol glukosa dalam tubuh. Jika kamu mengonsumsi gula merah, hal tersebut tak perlu dikhawatirkan lagi! Kandungan sukrosa yang dimilki hanya sebesar 70-79%. Termasuk di dalamnya adalah kandungan glukosa dan fruktosa masing-masing sebesar 35% saja. Angka ini terbilang jauh lebih rendah dibandingkan gula putih!

2.  Menyeimbangkan Indeks Glikemik
Gula aren menawarkan indeks glikemik sebesar 35. Angka tersebut hampir dua kali lipat lebih rendah dibandingkan dengan gula putih yang indeks glikemiknya kira-kira 60-65. Bagi pengidap diabetes, manfaat gula merah ini sangat berarti bagi kesehatan mereka. Sebab, makanan yang indeks glikemiknya tinggi akan berdampak lebih besar pada meningkatnya gula darah.

3.  Kaya Vitamin dan Mineral
Selanjutnya, manfaat gula merah juga mampu memberimu lebih banyak vitamin yang baik untuk pengidap diabetes. Hal ini disebabkan tidak adanya proses pemurnian dan sumbernya yang berasal dari pohon aren. Kalau gula putih tidak mengandung vitamin dan mineral apa pun, gula merah dapat memberimu vitamin B, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan sodium di setiap konsumsinya.

4.  Memberi Pasokan Tenaga
Meskipun memiliki kalori yang tidak tinggi, gula aren tetap dapat memberikan tenaga dan energi yang mencukupi. Dengan menambahkan gula merah pada makanan atau minumanmu, aktivitas sehari-hari pun terasa lebih maksimal tanpa harus khawatir akan diabetes yang kambuh.

5.  Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat gula merah yang terakhir akan sangat mempengaruhi kesehatanmu. Ya, meningkatkan kekebalan tubuh!  Siapa sangka, ternyata gula ini sarat dengan antioksidan yang ampuh menangkal dampak negatif dari radikal bebas sekaligus mampu menjaga kekebalan tubuh pengidap diabetes.


Meskipun gula dari pohon aren ini relatif lebih aman dari gula putih, sebaiknya kamu yang mengidap diabetes tetap membatasi asupan gula merah dalam sehari. Buatlah takaran gula merah yang dikonsumsi sama seperti gula putih biasa. Bila masih ragu dengan takarannya, diskusikan hal ini kepada nutrisionis melalui aplikasi Halodoc! Download sekarang di Google Play dan AppStore agar kamu bisa bebas bertanya-jawab dengan berbagai dokter ahli yang terpercaya seputar kesehatan lewat Chat,Voice Call, dan Video Call. Dapatkan juga obat atau vitamin yang bisa kamu dapatkan dalam waktu 1 jam dengan layanan Pharmacy Delivery secara cepat, aman & terpercaya.

BACA JUGA: Inilah Cara Alami Menangani Diabetes dan Menurunkan Gula Darah