• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Gula Merah Aman Dikonsumsi Pengidap Diabetes

Ini Alasan Gula Merah Aman Dikonsumsi Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Ada banyak jenis gula yang bisa dikonsumsi sebagai pemanis makanan ataupun minuman. Misalnya gula batu, gula pasir, gula halus, dan gula merah. Namun, banyak orang sering keliru dalam memilih mana yang lebih sehat dan mana yang justru kurang baik bagi kesehatan. Terutama pada pengidap diabetes, beberapa jenis gula tentu menjadi pantangan yang harus dihindari. 

Untuk seseorang yang mengidap diabetes, sangat penting untuk menjaga kandungan gula berlebih masuk ke tubuh. Pasalnya, tubuhnya kesulitan untuk mengolah glukosa yang masuk dan dapat menimbulkan bahaya. Namun, beberapa sumber mengatakan seseorang dengan diabetes terbilang aman mengonsumsi gula merah. Untuk informasi lengkapnya, baca penjelasan berikut!

Baca juga: Waspada Gula Sebabkan Anak Jadi Hiperaktif

Konsumsi Gula Merah untuk Pengidap Diabetes

Gula merah memang disebutkan lebih aman untuk dikonsumsi pengidap diabetes dibandingkan jenis gula lainnya, terutama gula putih. Faktanya, kandungan gula merah aman untuk seseorang dengan diabetes. Meski begitu, terdapat kemungkinan terjadinya peningkatan kadar gula dalam skala yang lebih kecil.

Semua pemanis memang memiliki kandungan glukosa yang dapat menyebabkan kadar gula naik, tetapi yang harus dilihat adalah indeks glikemiknya (GI). Semakin rendah GI yang terdapat dalam suatu pemanis, maka semakin baik. Jika nilai GI pemanis kurang atau sama dengan 55, maka dianggap rendah. Lalu, jika di atas 70, maka dianggap tinggi.

Lalu, berapa indeks glikemik untuk gula merah? Memang benar adanya jika gula merah aman untuk pengidap diabetes, karena angka indeks glikemiknya sebesar 35. Walaupun ada sumber lain yang mengatakan kisaran GI sebesar 54. Hal yang pasti adalah angka tersebut masih terbilang rendah dibanding jenis gula lainnya. Walau begitu, bukan serta-merta kamu bebas untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Baca juga: Cegah Gula Darah Naik dengan Ketahui 5 Pantangan Pengidap Diabetes

Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan Tubuh

Gula merah memang sangat dikaitkan dengan manfaatnya untuk kesehatan dan strukturnya yang baik untuk tubuh. Jika dibandingkan dengan gula putih, proses produksi secara kimianya memang berbeda. Dengan begitu, reaksi tubuh saat mengonsumsinya juga akan sedikit berbeda. Maka dari itu, jenis gula ini menjadi salah satu pilihan pada orang yang sedang menjalankan diet.

Selain itu, manfaat gula merah untuk pengidap diabetes juga banyak. Dengan pemanis yang lebih alami tersebut, pengidap diabetes bahkan tidak perlu cemas lagi saat ingin mengonsumsi gula. Dengan catatan, tidak berlebihan saat mengonsumsinya. Berikut adalah manfaat gula merah yang dapat terjadi pada tubuh:

  1. Menurunkan Glukosa

Manfaat gula merah pada pengidap diabetes yang dapat dirasakan adalah dapat menurunkan glukosa.  Glukosa adalah kadar gula dalam darah yang sangat memicu penyakit diabetes. Oleh karena itu, suatu hal yang wajib untuk selalu mengontrol glukosa dalam tubuh. Namun, kamu tidak perlu khawatir ketika mengonsumsi gula merah. Karena kandungan sukrosa yang dimiliki hanya sebesar 70-79 persen. Sangat ideal untuk seseorang dengan gangguan diabetes bukan?

  1. Kaya Vitamin dan Mineral

Gula merah juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk pengidap diabetes. Hal ini disebabkan tidak melalui proses pemurnian dan sumbernya yang berasal dari pohon aren. Kalau gula putih tidak mengandung vitamin dan mineral apa pun, gula merah dapat memberimu tambahan vitamin B, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan sodium setiap dikonsumsi.

Apabila kamu mempunyai pertanyaan terkait makanan yang aman dikonsumsi pengidap diabetes, dokter dari Halodoc dapat memberimu jawaban. Caranya terbilang mudah, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphonemu!

  1. Memberi Pasokan Tenaga

Poin lainnya dari manfaat gula merah untuk diabetes adalah dapat memberi pasokan tenaga dengan kandungan kalori yang ada. Maka dari itu, direkomendasikan untuk menambahkan gula merah pada makanan atau minumanmu. Sehingga, aktivitas sehari-hari pun terasa lebih maksimal tanpa harus khawatir diabetes dapat kambuh.

Baca juga: Menurunkan Berat Badan, Cara Efektif Mengontrol Diabetes?

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat gula merah untuk diabetes yang terakhir akan sangat memengaruhi kesehatanmu, karena jenis gula tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh.  Siapa sangka, ternyata gula ini sarat dengan antioksidan yang ampuh menangkal dampak negatif dari radikal bebas, sekaligus mampu menjaga kekebalan tubuh pengidap diabetes.

Itulah beberapa alasan jika gula merah aman untuk pengidap diabetes. Meski begitu, cobalah untuk tetap mengonsumsinya dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan pasti menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh.

Referensi:
Sugar History. Diakses pada 2020. Brown Sugar Benefits - Health Effects of Brown Sugar
Live Strong. Diakses pada 2020. Can Diabetics Eat Brown Sugar?