• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Cuma Melembapkan Kulit, Ini 4 Manfaat Baby Oil untuk Bayi

Bukan Cuma Melembapkan Kulit, Ini 4 Manfaat Baby Oil untuk Bayi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bukan Cuma Melembapkan Kulit, Ini 4 Manfaat Baby Oil untuk Bayi

“Bukan hanya ritual tanpa alasan saat para ibu mengoleskan baby oil pada bayinya. Faktanya, ada banyak manfaat baby oil mulai dari melindungi lipatan kulit, membantu bayi rileks, menghindari ruam, serta melindungi kulit kepala bayi.”

Halodoc, Jakarta – Baby oil memiliki banyak manfaat untuk kulit bayi. Baby oil kerap digunakan untuk melembapkan kulit bayi, membantu mengobati ruam popok dan eksim, dan sebagai minyak untuk memijat bayi.

Baby oil adalah pelembap serba guna yang dapat mengunci kelembapan alami kulit bayi dan membuatnya tetap lembut dan terhidrasi. Memijat bayi dengan baby oil sehabis mandi akan membuat bayi lebih rileks dan lelap saat tidur. Simak manfaat lain baby oil untuk bayi di sini!

Baca juga: Waspadai, 5 Masalah Kulit pada Bayi Baru Lahir

1. Melindungi Lipatan Kulit

Lipatan kulit bayi bila tidak diberi baby oil akan mengalami lecet yang disebabkan oleh gesekan antar kulit. Apalagi pergerakan bayi belum terlalu aktif, kelembapan, keringat, pakaian, atau seprei bisa memicu gesekan yang dapat menyebabkan iritasi pada lipatan kulit. Itulah sebabnya, dengan memberikan baby oil, maka lipatan kulit bayi dapat terlindungi.

2. Membuat Bayi Rileks

Tekstur, aroma, dan kehangatan dari baby oil dapat membuat bayi rileks dan lebih santai. Jika bayi merasa nyaman, dia akan lebih bisa menikmati tidurnya dan nyaman dengan lingkungannya. Bayi yang rileks juga tidak gampang stres.

3. Menghindari Ruam

Tadi sudah disinggung di awal kalau pemberian baby oil pada bayi dapat membuat bayi terhindar dari ruam. Ruam pada kulit bayi bisa disebabkan banyak hal mulai dari biang keringat, lingkungan, alergi, udara terlalu panas, ketidakcocokan deterjen, dan lain-lainnya. Nah, pemberian baby oil dapat membuat bayi terhindar dari masalah kulit ini.

Baca juga: Bayi Punya Kulit Sensitif, Perhatikan 3 Hal Ini

4. Melembutkan Kulit Kepala

Kulit kepala bayi adalah salah satu bagian yang sensitif dari bayi. Selain karena batok kepalanya belum berkembang sempurna, terkadang masalah kulit seperti kering, dermatitis seboroik kerap mengenai kulit kepala bayi. Itulah sebabnya penggunaan baby oil dapat membantu melembutkan serta melembapkan kulit kepala bayi.

Baca juga: Ingin Anak Kreatif? Begini Cara Didik Sejak Bayi

Itulah manfaat baby oil untuk bayi yang perlu diketahui ibu. Kalau bayi mengalami masalah gangguan kulit yang signifikan seperti merah yang mengelupas dan tidak kunjung sembuh, jangan ditunda lagi, buat janji pemeriksaan dokter di rumah sakit terdekat dari rumah lewat aplikasi Halodoc ya! Yuk, download aplikasinya sekarang juga diponselmu!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2021. How to Safely Warm Up Baby Oil
Healthline. Diakses pada 2021. 8 of the Best Baby Oil.