24 January 2019

Bukan Cuma Rokok, 6 Faktor Ini Picu Bronkitis

bukan cuma rokok 6 faktor ini picu bronkitis

Halodoc, Jakarta – Merokok merupakan kebiasaan tidak sehat yang seringkali menjadi pemicu terjadinya gangguan pernapasan. Salah satu gangguan pernapasan yang bisa terjadi akibat rokok adalah bronkitis. Namun, enggak hanya rokok saja lho yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengidap bronkitis. Ketahui faktor pemicu bronkitis lainnya di sini agar kamu bisa terhindar dari penyakit paru-paru ini.

Apa Itu Bronkitis?

Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada saluran utama pernapasan atau bronkus karena infeksi. Bronkus sendiri adalah saluran yang menjadi tempat keluar masuknya udara dari dan menuju paru-paru. Orang yang mengidap bronkitis biasanya akan mengalami gejala berupa batuk-batuk yang bisa berlangsung selama satu minggu atau lebih.

Bronkitis dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Bronkitis akut. Jenis bronkitis ini lebih sering dialami oleh anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun. Bronkitis akut, biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7–10 hari. Namun, gejala batuknya bisa bertahan lebih lama.

  • Bronkitis kronis. Sedangkan bronkitis kronis, lebih banyak dialami oleh orang dewasa berusia 40 tahun ke atas. Masa pemulihannya pun juga lebih lama, yaitu bisa berlangsung sampai dua bulan. Bronkitis kronis juga bisa dimasukkan ke dalam kategori penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Baca juga: Ini Beda Pneumonia dan Bronkitis, Penyakit yang Sama-Sama Menyerang Paru

Penyebab Bronkitis

Bronkitis disebabkan oleh infeksi virus. Jenis virus yang umumnya menyebabkan bronkitis adalah virus yang sama yang menjadi penyebab ISPA, salah satunya adalah virus flu. Virus ini bisa menyebar melalui percikan dahak saat pengidap bronkitis batuk atau bersin. Percikan dahak tersebut akan berada di udara untuk beberapa saat, kemudian menempel di permukaan suatu benda dan bertahan hidup sampai satu hari.

Bila tidak sengaja terhirup atau tertelan, maka virus tersebut akan masuk ke dalam tubuh dan menyerang sel-sel saluran bronkus hingga akhirnya menyebabkan peradangan.

Selain tertular virus secara langsung dari pengidap, terdapat juga beberapa faktor pemicu bronkitis:

  1. Merokok atau sering menghirup asap rokok.

  2. Sering terpapar zat-zat berbahaya, seperti debu, amonia, ataupun klorin, baik saat bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari.

  3. Belum pernah mendapatkan vaksin influenza atau pneumonia.

  4. Berusia di bawah 5 tahun atau lebih dari 40 tahun.

  5. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Hal ini bisa disebabkan oleh penyakit akut lainnya, seperti pilek atau penyakit kronis yang mengganggu imunitas tubuh.

  6. Memiliki masalah kesehatan yang lain, seperti penyakit refluks asam lambung (GERD). Penyakit nyeri ulu hati yang parah ini bisa mengiritasi tenggorokan, sehingga membuat kamu lebih rentan terkena bronkitis.

Baca juga: Sering Merokok Buat Produksi Lendir Meningkat

Cara Mencegah Bronkitis

Nah, dengan mengetahui faktor pemicu bronkitis di atas, akan lebih mudah bagi kamu untuk menentukan langkah-langkah pencegahan. Berikut cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari bronkitis:

  • Berhenti merokok dan usahakan untuk menghindari asap rokok.

  • Kenakan masker ketika melakukan aktivitas di luar rumah untuk menghindari paparan zat berbahaya.

Baca juga: Tak Sekadar Gaya, Pentingnya Pakai Masker saat Beraktivitas

  • Minum air putih sebanyak 8–12 gelas per hari. Dengan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, kamu bisa mencegah terjadinya peradangan pada saluran bronkus.

  • Di musim pancaroba seperti sekarang ini di mana banyak orang mudah terserang, sebaiknya kamu mendapatkan vaksin influenza. Hal ini karena virus flu bisa menyebabkan bronkitis.

  • Mencuci tangan dengan sabun atau pembersih tangan berbahan dasar alkohol untuk mengurangi risiko virus bronkitis masuk ke dalam tubuh.

  • Menjalani pola makan sehat dengan banyak mengonsumsi makanan bergizi, sehingga kamu bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Minum suplemen vitamin juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Berolahraga ringan secara rutin untuk mencegah kegemukan yang bisa mengakibatkan pernapasan semakin sulit dan berat.

Nah, itulah beberapa faktor pemicu bronkitis yang perlu kamu hindari. Bila kamu mengalami gejala bronkitis, yaitu batuk yang tidak kunjung sembuh selama seminggu lebih, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Kamu juga bisa membicarakan masalah kesehatan yang kamu alami dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Lewat Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa minta saran kesehatan dari dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.