01 October 2018

Bukan Cuma Paru-Paru, Asap Rokok Bisa Mengganggu Kesehatan Mata

efek buruk asap rokok, kesehatan mata

Halodoc, Jakarta – Sudah terbukti jika aktivitas merokok dapat mengganggu kesehatan tubuh, seperti gangguan pada paru-paru, jantung, hingga menimbulkan sejumlah penyakit metabolik. Bukan hanya itu, ternyata asap rokok juga dapat mengganggu kesehatan mata.

Seperti yang terungkap pada American Academy of Ophthalmology (AAO), merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya katarak. Semakin banyak kamu merokok, semakin tinggi risiko kamu mengalami katarak. Selain itu, perokok aktif juga memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengidap uveitis ketimbang perokok pasif. Uveitis adalah penyakit radang yang menyebabkan pembengkakan dan merusak jaringan mata.

AAO juga mengungkapkan, bahwa merokok membuat seseorang berisiko mengembangkan retinopati diabetik, yaitu salah satu bentuk komplikasi diabetes melitus. Pada kondisi tersebut, kadar gula yang tinggi pada akhirnya dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah retina mata, terutama di jaringan-jaringan yang sensitif terhadap cahaya.

Jika tidak segera ditangani, retinopati diabetik dapat merusak pembuluh darah retina dan bisa mengakibatkan hilangnya penglihatan. Perlu kamu ketahui bahwa lebih dari 5 juta orang Amerika Serikat berusia 40 tahun ke atas memiliki retinopati diabetik karena diabetes tipe 1 atau 2. Menurut U.S. Centers for Disease Control and Prevention, jumlah ini akan mengalami peningkatan menjadi 15 juta orang pada 2015. Selain itu, terdapat kausal  antara merokok dan perkembangan retinopati diabetik.

Lebih rinci, ini yang akan terjadi pada mata kamu jika terpapar asap rokok:

1. Menyebabkan Katarak

Katarak adalah kondisi ketika lensa mata mengalami kekeruhan. Jika dibiarkan, hal ini bisa memicu kebutaan. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mata yang sering terpapar asap rokok cenderung mengalami peningkatan risiko terkena katarak hingga 2 kali lipat.

2. Memicu Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah masalah kesehatan yang menyerang bagian makula pada retina mata. Penyakit yang belum ada obatnya ini, dapat memicu hilangnya penglihatan. Menurut pakar kesehatan, kebiasaan merokok atau mata yang kerap terpapar asap rokok bisa meningkatkan risiko terkena masalah kesehatan ini hingga 3 kali lipat.

3. Menyebabkan Uveitis

Racun di dalam asap rokok bisa meningkatkan risiko terkena uveitis hingga 2 kali lipat. Sebagai informasi, penyakit ini terjadi karena adanya peradangan di lapisan tengah mata dan menyebabkan hilangnya penglihatan secara total.

4. Kering pada Mata

Saat kamu terpapar asap rokok, mata akan terasa lebih pedih. Kondisi tersebut disebabkan karena asap rokok memang bisa menurunkan kelembapan pada mata dengan signifikan, sehingga menyebabkan mata kering. Mata pun akan menjadi lebih merah dan terasa lelah.

5. Risiko Penglihatan Janin dalam Kandungan

Ibu hamil yang tetap merokok atau menjadi perokok pasif berisiko besar mengalami gangguan kesehatan pada janin. Kondisi tersebut mencakupi tidak sempurnanya kondisi kesehatan mata bayi saat terlahir nantinya. Tidak hanya menyebabkan masalah mata juling, saraf penglihatan bayi juga mungkin tidak berkembang. Tentunya, kondisi tersebut akan membuat penglihatan janin terganggu.

Itulah bahaya asap rokok bagi kesehatan mata. Jika dampak di atas sudah terlanjur terjadi pada kamu, ada baiknya kamu segera berdiskusi dengan dokter di Halodoc supaya mendapat saran yang tepat. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter via Chat atau Voice/Video Call kapan pun dan di mana pun melalui aplikasi Halodoc. Jadi, jangan ragu untuk segera download aplikasinya ya!

Baca juga:

· Waspada Demensia Bagi Perokok Pasif

· 7 Cara Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Mata

· Penyebab Mata Katarak yang Perlu Diketahui