28 September 2018

Bukan Hanya Bikin Tenang, Ini Manfaat Meditasi untuk Tubuh

manfaat meditasi, manfaat meditasi untuk tubuh, meditasi

Halodoc, Jakarta - Meditasi adalah salah satu teknik relaksasi dengan cara melepaskan semua beban yang ada di pikiran, baik dari hal yang bersifat mencemaskan atau pun yang menyenangkan. Meditasi dilakukan dengan cara mengatur atau mengolah pernapasan.

Cara melakukan meditasi adalah duduk lalu menarik napas dalam-dalam, kemudian tahan selama beberapa saat dan lepaskan secara perlahan. Meditasi atau semedi telah dilakukan sejak ribuan tahun. Praktek olah pernapasan ini bertujuan untuk memperoleh ketenangan pikiran.

Ketika tubuh mengalami stres dengan melepaskan hormon epinefrin dan norepinefrin yang menyebabkan aliran darah, detak jantung, dan tekanan darah meningkat. Dengan meditasi, aliran darah, detak jantung, dan tekanan darah kembali normal. Lalu, meditasi juga efektif untuk mengaktifkan gelombang gamma di otak yang berfungsi untuk konsentrasi dan fokus.

Manfaat Meditasi untuk Tubuh

1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat meditasi yaitu menurunkan berat badan. Seseorang dengan berat badan berlebih dapat mencoba meditasi untuk menurunkannya. Hal tersebut karena ketika orang bermeditasi, ia bisa menahan keinginan untuk sekedar makan camilan atau pun makan berat.

2. Menghindari Insomnia

Manfaat meditasi lainnya yaitu untuk menghindari insomnia. Hal itu dikarenakan manfaat dari meditasi yang dilakukan sebelum tidur membuat pikiran menjadi tenang dan nyaman, sehingga dapat membuat tidur nyenyak. Orang yang terbiasa melakukan meditasi akan mudah untuk tidur nyenyak.

3. Melancarkan Pencernaan

Lalu, manfaat meditasi yang ketiga yaitu dapat melancarkan pencernaan. Meditasi dapat membuat kondisi perut menjadi tenang, sehingga organ di dalamnya juga ikut tenang. Dengan melakukan meditasi, gangguan pencernaan dapat teratasi karena proses penyerapan makanan di dalam perut bekerja secara optimal.

4. Mengatasi Hipertensi

Manfaat meditasi selanjutnya yaitu mengatasi hipertensi. Sebuah penelitian menemukan bahwa meditasi akan membuat tubuh seseorang dapat menahan respon terhadap hormon penyebab stres. Kurangnya respon terhadap stres membuat seseorang tidak mudah stres dan marah.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Meditasi juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Untuk orang yang mudah lupa, meditasi dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Orang yang telah terbiasa bermeditasi akan fokus pada apa yang akan dicapainya.

6. Menjadi Lebih Sabar dan Pemaaf

Manfaat meditasi yang keenam yaitu membuat seseorang menjadi lebih sabar dan pemaaf. Melakukan meditasi dapat membuat jiwa dan pikiran menjadi tenang dan damai. Saat seseorang berbuat kesalahan, orang yang gemar bermeditasi akan dengan mudah memaafkan kesalahannya dengan ikhlas.

7. Menghindari Kebiasaan Buruk

Manfaat meditasi selanjutnya adalah dapat menghindari kebiasaan buruk. Untuk seseorang yang kebiasaan melakukan hal yang buruk, meditasi dapat menjadi salah satu cara untuk menghindari kebiasaan buruk. Ketika kebiasaan buruk mulai keluar, lakukanlah meditasi agar terhindar dari hal tersebut.

8. Mengasah Ketenangan Batin

Meditasi juga bermanfaat agar dapat mengasah ketenangan batin. Seseorang yang gemar bermeditasi dapat mengasah ketenangan batinnya. Orang yang gemar meditasi tidak akan mudah terpengaruh ketika mengalami suatu cobaan dan tidak mudah patah hati, patah semangat, dan juga putus asa.

9. Melatih Sikap Bijaksana

Melatih sikap bijaksana adalah salah satu manfaat meditasi untuk seseorang. Dengan meditasi, kita akan diajarkan cara memandang sesuatu yang ada di dunia ini secara keseluruhan, bukan yang hanya pada tampak oleh mata saja.

Itulah manfaat meditasi untuk tubuh. Jika kamu menginginkan tips-tips meditasi lainnya, Halodoc menyediakan layanan diskusi dengan dokter. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Play Store.

Baca juga: