• Home
  • /
  • Camilan Sehat untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

Camilan Sehat untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Camilan Sehat untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

Halodoc, Jakarta - Nyamil memang menjadi aktivitas yang menyenangkan, ya? Mengonsumsi makanan ringan di antara jam makan besar sudah menjadi kebiasaan masyarakat, terlebih di Indonesia. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa camilan yang biasanya dikonsumsi berdampak negatif pada kesehatan, seperti meningkatkan berat badan dan memicu kolesterol tinggi

Camilan Sehat untuk Cegah Kolesterol Tinggi

Tingginya kadar kolesterol dalam darah memang tidak boleh kamu anggap sepele. Pasalnya, banyak sekali dampak negatif yang bisa terjadi pada tubuh jika angka kolesterol meningkat tajam, seperti tekanan darah tinggi yang mengarah pada berbagai masalah kesehatan, terlebih masalah pada kardiovaskular. 

Ketika membicarakan perihal kadar kolesterol dalam darah, kamu mungkin mulai memikirkan asupan makanan atau camilan yang dikonsumsi. Bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi camilan, kamu hanya perlu pandai memilih, camilan mana yang menunjang kesehatan, membantu mengendalikan kadar kolesterol, dan mencegah kamu dari bahaya yang mungkin terjadi akibat kolesterol tinggi. 

Baca juga: Punya Kolesterol Tinggi, Atasi dengan Cara Ini

Nah, berikut ini camilan sehat untuk mencegah peningkatan angka kolesterol dalam darah:

  • Oatmeal

Intermountain Healthcare merekomendasikan untuk mengonsumsi oatmeal. Bukan tanpa alasan, kandungan serat larut dalam oatmeal membantu menyerap kolesterol dan memindahkannya ke seluruh tubuh tanpa melalui penyerapan. Dikonsumsi sebagai menu sarapan atau camilan sebelum makan, oatmeal sama bermanfaatnya untuk kesehatan. 

  • Popcorn

Penggemar popcorn yang punya riwayat kolesterol, sekarang tidak lagi perlu khawatir jika ingin menyantap camilan satu ini. Popcorn yang tidak mengandung mentega dan garam bisa menjadi camilan tepat karena rendah kalori, belum lagi kandungan seratnya yang tinggi. Kamu bisa menambahkan parutan keju atau minyak zaitun sebagai penguat rasa dan penambah kadar kolesterol baik. 

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Cek Kolesterol?

  • Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan, termasuk kacang polong dan kacang almond, sangat kaya akan serat larut. Tubuh pun membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama, dilansir dari Harvard Medical School. Selain mampu menurunkan kadar kolesterol, kacang menjadi camilan sehat yang sangat baik dikonsumsi untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. 

  • Buah-Buahan

Buah menjadi jenis camilan yang pas untuk segala kondisi kesehatan, termasuk jantung dan kolesterol. Banyak sekali jenis buah yang kaya serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol, seperti anggur, apel, stroberi, dan jeruk, seperti dilansir dari laman Healthline

Buah juga mengandung senyawa bioaktif yang membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya karena antioksidan dan efek antiinflamasi. Buah beri dan anggur menjadi pilihan tepat karena membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. 

Baca juga: Cara Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Olahraga

Jangan lupa, selalu rutin lakukan pengecekan darah agar kamu bisa mengetahui kadar kolesterol dalam darah. Agar lebih mudah kalau kamu tidak sempat melakukan cek lab di laboratorium, kamu bisa cek lab pakai aplikasi Halodoc. Kapan saja dan di mana saja, tinggal tekan aplikasi Halodoc dan pilih menu cek lab. 

Referensi: 
Intermountain Healthcare. Diakses pada 2020. 5 Snacks to Help Battle High Cholesterol.
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. 11 Foods that Lower Cholesterol.
Healthline. Diakses pada 2020. 13 Cholesterol-Lowering Foods to Add to Your Diet.