20 July 2018

5 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

Manfaat oatmeal untuk kesehatan, oatmeal, manfaat oatmeal

Halodoc, Jakarta – Oatmeal adalah jenis makanan berbentuk bubuk dengan serpihan kasar. Ini termasuk jenis makanan sehat yang banyak digunakan oleh orang yang sedang diet.

Baca juga: Ini yang Didapatkan Jika Mengonsumsi Roti Gandum

Nutrisi dalam Oatmeal

Selain mengandung banyak serat, oatmeal juga punya banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Antara lain: karbohidrat, lemak, protein, vitamin (B1, B2, B3, B5, B9), dan mineral (kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi).

Berikut adalah lima manfaat oatmeal untuk kesehatan yang perlu diketahui:

1. Menjaga Berat Badan

Oatmeal mengandung banyak serat, sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Hal inilah yang bisa mencegah makan berlebih dan membantu kamu dalam menjaga berat badan.

2. Menurunkan Kolesterol

Oatmeal mengandung serat yang unik, yaitu beta-glucan. Serat inilah yang berperan untuk menghambat atau mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh (low density lipoprotein/LDL). Sehingga mengonsumsi oatmeal secara rutin bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Menstabilkan Gula Darah

Selain menurunkan kolesterol, serat dalam oatmeal juga bisa menurunkan kadar gula dan insulin dalam darah. Serat inilah yang bisa melambatkan penyerapan gula dan membantu memperbaiki kadar gula dalam darah. Jika dikonsumsi secara rutin, oatmeal bisa menurunkan risiko diabetes tipe-2.

4. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam makanan bisa membantu melancarkan tubuh, termasuk serat yang terkandung dalam oatmeal. Itu sebabnya, mengonsumsi oatmeal bisa membantu mengobati masalah pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), penyakit radang usus, sembelit, hingga menurunkan risiko kanker usus besar. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian mendalam untuk membuktikannya.

5. Mencegah Sakit

Oatmeal juga mengandung antioksidan yang dipercaya bisa melindungi kamu dari risiko penyakit. Ini karena vitamin dan mineral pada oatmeal berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Antara lain: membantu tumbuh kembang, serta menjaga kesehatan tubuh, metabolisme, sistem kekebalan tubuh, dan proses penting lainnya dalam tubuh.

Tips Mengonsumsi Oatmeal

Kamu bisa mengonsumsi oatmeal sesuai dengan selera. Misalnya, mencampurkan oatmeal dengan buah (seperti: apel, stroberi, kiwi, dan pisang). Atau, kamu bisa mengonsumsi oatmeal sebagai camilan. Jika kamu berencana menurunkan berat badan dengan mengonsumsi oatmeal, berikut adalah tips yang perlu diperhatikan:

  • Makan dengan mangkuk berukuran kecil. Tujuannya agar porsi oatmeal tidak kebanyakan. Buat dan makanlah secukupnya, jangan berlebihan.
  • Sebaiknya, gunakan oatmeal yang harus dimasak atau direbus terlebih dulu. Alasannya karena oatmeal cepat saji cenderung tinggi gula dibanding oatmeal yang harus diolah.
  • Pakai topping yang sehat. Misalnya, makanan yang mengandung protein (seperti: telur) dan buah-buahan segar. Jika ingin menambahkan rasa, kamu bisa mencampurkan madu rendah gula atau kayu manis pada olahan oatmeal yang kamu buat. Hindari menambahkan topping yang kurang sehat (seperti: susu, gula buatan, atau garam yang terlalu banyak). Ini karena topping tersebut bisa meningkatkan kadar lemak tubuh secara signifikan.

Itulah lima manfaat oatmeal untuk kesehatan. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat oatmeal, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!