Cantik di Usia 40an, Ini 7 Hal yang Perlu Dilakukan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
cantik-di-usia-40an-ini-7-hal-yang-perlu-dilakukan

Halodoc, Jakarta - Di usia 20-an, tentu kamu termasuk orang yang up to date mengenai tren terbaru. Di usia 30-an, kamu langsung mencoba memasuki style orangtua yang keren. Begitu mencapai usia 40-an, mungkin kamu akan merasa kesulitan untuk terbiasa dengan penampilan masa lalu. Secara otomatis kamu akan membuat penampilan baru. Hal yang paling dikhawatirkan di usia 40-an tentu adalah kecantikan, wajah yang tetap segar, dan minim keriput. 

Namun jangan sedih, di usia 40-an kamu tetap bisa kok terlihat lebih muda dan cantik. Mulai dari tetap memperhatikan perawatan kulit hingga menjalani olahraga di gym. Dengan menjalani rutinitas yang sehat, akan muncul perasaan bahwa kamu puluhan tahun lebih muda dari yang sebenarnya. 

Baca juga: Tips Mudah untuk Selalu Tampil Awet Muda

Jangan tunggu sampai terlambat, bahkan tidak ada kata terlambat untuk melakukan cara-cara agar tetap cantik di usia 40-an. Inilah hal yang perlu kamu lakukan agar tetap cantik dan terlihat muda di usia 40-an:

1. Jaga Kelembapan 

Mungkin kamu pernah bertanya, bagaimana bisa wanita Prancis tetap cantik meski menua. Semuanya tentang pelembab dan menggunakannya secara telaten. Temukan jenis pelembab yang kamu sukai dan cocok dengan kulit, kemudian aplikasikan pada setiap kulit wajah, leher, dan tangan. Saat sedang melakukannya, jangan lupa untuk mengoleskannya juga ke seluruh tubuh.

2. Batasi Asupan Natrium

Tidak ada yang menyangkal bahwa kentang goreng yang asin memiliki rasa yang enak dan nagih. Namun, setelah semua natrium terlalu banyak di tubuh kamu justru tidak baik untuk kecantikan. Terlalu banyak natrium dalam makanan dapat berdampak pada kulit dengan menyedot kelembapan dan menyebabkan kantung mata. 

3. Makan Banyak Protein

Jika rambut, kulit, dan kuku kamu terlihat kusam, itu mungkin karena asupan protein. Makan makanan seimbang yang penuh lemak sehat, biji-bijian, protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran adalah kunci untuk terlihat muda dan bercahaya. Ketika tubuh kekurangan protein, itu justru akan memiliki efek sebaliknya, terutama pada rambut yang sebagian besar terbuat dari protein. 

Baca juga: 6 Tips Agar Awet Muda

4. Tertawa

Tertawa adalah penghilang stres yang hebat dan menghilangkan semua ketegangan berlebih, hal ini dapat membantu mencegah penuaan dini. Selain itu, meluangkan waktu berkualitas dengan tertawa bersama teman juga merupakan cara yang ampuh.

5. Rutin Lakukan Massages

Saat stres, tidak perlu waktu lama untuk menunggu munculnya kerutan wajah. Untuk memastikan mental terkendali, fokuslah pada kesehatan fisik terlebih dahulu. Pergi ke spa untuk pijat rileks sesering mungkin untuk meredakan ketegangan. Dengan semua kekhawatiran kamu tersingkir, kamu akan terlihat dan merasa lebih muda dan cantik.

6. Olahraga Teratur

Setelah menunda-nunda untuk berolahraga, maka sekarang adalah saatnya untuk memulainya. Memiliki rutinitas olahraga teratur tidak hanya penting untuk kesehatan dan kesejahteraan, tetapi juga membuat kamu terlihat jauh lebih muda. Hanya butuh beberapa bulan untuk melihat perbedaanya, apakah itu menurunkan berat badan atau lebih kencang. 

Baca juga: Alasan Olahraga Membuat Kulit Awet Muda

7. Cukupi Waktu Tidur

Kurang tidur dapat memengaruhi penampilan, terutama soal kecantikan. Seseorang yang memiliki pola tidur yang buruk memiliki lebih banyak tanda-tanda penuaan daripada mereka yang memiliki waktu tidur cukup. Selain penuaan dini, kurang tidur juga mengurangi kemampuan kulit untuk pulih setelah keluar di bawah sinar matahari. Jadi, bersiaplah untuk tidur jika sudah waktunya. 

Kemungkinan masih banyak cara lain yang dapat dilakukan, kamu dapat berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran yang tepat. Tanpa perlu repot, kamu bisa berdiskusi dengan dokter kapan dan di mana saja. 

Referensi:

Best Life. Diakses pada 2019. 40 Ways to Look Younger After 40