23 March 2018

6 Tips agar Awet Muda

6 Tips agar Awet Muda

Halodoc, Jakarta – Menjadi awet muda adalah impian banyak orang. Itu mengapa beberapa orang, khususnya kaum Hawa melakukan perawatan kulit agar tetap terlihat awet muda. Kabar baiknya, meskipun penuaan adalah proses alami tubuh, kamu tetap bisa melakukan sesuatu untuk menunda proses tersebut. Ingin tahu apa saja tips awet muda? Cari tahu jawabannya di sini, yuk! (Baca juga: Tips Mudah Untuk Selalu Tampil Awet Muda)

1. Pola Makan Sehat

Agar awet muda, kamu perlu menerapkan pola makan sehat. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk memperlambat proses penuaan. Misalkan dengan menambahkan konsumsi buah dan sayuran pada menu harian. Karena kedua jenis makanan tersebut mengandung banyak serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dengan memerangi radikal bebas dan mencegah kanker.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Selain bikin kulit kering, kurang minum air juga bisa membuat kulit keriput. Ini karena saat kamu kurang minum air, kulit akan kehilangan elastisitasnya. Kurang air minum juga dapat menghambat aliran darah ke kulit menjadi terhambat, sehingga kulit akan kehilangan nutrisi yang dibuthkan untuk regenerasi kulit. Akibatnya, kondisi ini dapat mempercepat pembentukan keriput, garis-garis halus, kulit kendur, dan tanda-tanda penuaan lain. Untuk mencegahnya, maka kamu perlu perbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

3. Tidur Cukup

Tidur bukan hanya untuk mengembalikan energi, melainkan juga untuk meregenerasi sel-sel kulit dalam tubuh. Ini dilakukan untuk menggantikan lapisan kulit yang sudah tua dan rusak di lapisan teratas kulit, sehingga akan berpengaruh pada kondisi kulit dan tingkat kecerahannya. Agar proses regenerasi berjalan efektif, kamu perlu tidur cukup setidaknya 7-8 jam per hari.

4. Aktif Bergerak

Selain baik untuk kesehatan, aktif bergerak juga bisa bikin awet muda. Ini karena aktif bergerak bisa menjaga kesehatan organ tubuh, meningkatkan interaksi antar sel saraf, membantu menangkal penyakit kronis, menjaga sirkulasi darah, dan menjaga metabolisme tubuh agar tetap teratur. Salah satu cara agar tubuh tetap aktif bergerak adalah dengan berolahraga. Tapi kalau kamu enggak biasa olahraga, kamu bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti jalan santai, bersepeda, yoga, berenang, dan olahraga lain yang memang kamu sukai setidaknya 20-30 menit per hari.

5. Berpikir Positif

Berpikit positif bikin awet muda, lho. Ini dibuktikan dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Biological Psychiatry. Studi tersebut menemukan bahwa berpikir positif, fokus, dan bahagia adalah kunci dari kesehatan mental yang baik. Alhasil, kesehatan mental yang baik ini akan terlihat pada penampilan fisik yang lebih cerah dan awet muda.

6. Hindari Rokok dan Minuman Keras

Sebisa mungkin, hindari kebiasaan merokok dan minuman keras. Karena kedua hal ini dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada permukaan kulit, merusak kolagen, dan merusak elastisitas kulit. Akibatnya, kebiasaan ini dapat mempercepat proses penuaan kulit yang ditandai dengan munculnya keriput

Selain enam tips awet muda di atas, kamu juga perlu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang dapat mempercepat proses penuaan kulit. Kamu bisa menggunakan pelembab dan tabir surya dengan SPF minumal 15 agar kulit terhindar dari efek sinar ultraviolet.

Jika kamu belum punya, kamu bisa membelinya di aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu masih ke fitur Pharmacy Delivery atau Apotik Antar untuk membeli produk kesehatan kulit yang dibutuhkan. Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu pesanan yang akan diantar dalam satu jam. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. (Baca juga : 6 Jenis Sarapan Kaya Vitamin yang Membuat Awet Muda)