22 January 2018

Tips Mudah Untuk Selalu Tampil Awet Muda

Tips Mudah Untuk Selalu Tampil Awet Muda

Halodoc, Jakarta – Saat memasuki usia yang menua akan muncul tanda-tanda alamiah, seperti kulit menjadi kasar dan tak lagi elastis atau mengendur. Tetapi bukan hanya usia, perubahan yang terjadi pada kulit sebenarnya bisa disebabkan oleh faktor lain seperti pancaran sinar ultraviolet, polusi, stres, obesitas, serta rokok.

Tampil lebih muda meski usia terus bertambah? Siapa yang tidak mau menginginkan hal tersebut? Tidak dapat dipungkiri, sebagian orang tidak perlu berusaha keras untuk mendapatkan tampilan muda meskipun usianya tak lagi muda dengan jenis kulit yang dimilikinya. Lalu bagaimana dengan mereka yang sudah mengalami tanda-tanda penuaan disaat masih dalam usia muda?

Sebelum hal itu terjadi, kamu bisa melakukan beberapa tips mudah awet muda yang patut dilakukan berikut ini:

1. Menjaga Kulit

Salah satu tips awet muda yang penting untuk dilakukan yaitu menjaga kulit dengan memperhatikan kesehatannya. Jika kulit kamu sehat maka orang lain yang melihatmu akan menduga jika kamu lebih muda daripada usia sebenarnya.

Batasi diri kamu dengan paparan langsung sinar matahari dengan menggunakan tabir surya.  Lalu jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah atau diri untuk membersihkan dari sisa-sisa kotoran yang menempel pada kulit. Memang terlihat sepele tetapi hal tersebut bisa menjadi hal yang sangat penting terhadap kesehatan kulit.

Selain perawatan dari luar, kamu juga harus merawatnya dari dalam dengan mengonsumsi air putih yang cukup agar kulit terhidrasi dengan baik sehingga kulit bisa menjadi lebih cerah dan terlihat awet muda.

2. Mengontrol Asupan

Tips awet muda selanjutnya yaitu dengan mengontrol asupan yang kamu konsumsi sehari-hari dan juga memperhatikan gizi yang ada pada makanan tersebut. Berhentilah makan jika kamu sudah merasa perut kamu sudah kenyang. Jangan tergoda dengan makanan yang ada di depan mata lalu menghabiskannya begitu saja.

Konsumsilah makanan seperti alpukat yang mengandung biotin yang berfungsi menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Kandungan lain seperti antioksidan, vitamin C, vitamin E dan asam lemak tak jenuh juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan menjaga agar kulit kamu tetap awet muda. Kamu juga bisa mengonsumsi tomat yang dapat berperan sebagai tabir surya alami dari dalam tubuh.

3. Cukup Tidur dan Rajin Berolahraga

Awet muda bukan hanya terlihat dari kulit saja, tetapi juga bisa dilihat dari kelincahan atau pun cara berpikir seseorang. Ada saja ditemukan orang dengan usia masih terbilang muda tetapi mudah lupa dan menjadikannya orang tersebut sama seperti yang terjadi pada orang yang sudah memasuki lanjut usia.

Memelihara mental, fisik dan kehidupan sosial tetap aktif adalah tips awet muda lainnya. Hal mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi risiko demensia atau yang penyakit lebih parah lagi seperti Alzheimer yaitu dengan rajin membaca dan menulis. Hal lainnya seperti bermain musik atau mempelajari bahasa asing yang dapat membuat otak jadi terus bekerja.

Selain itu kamu juga harus rajin berolahraga untuk menurunkan berat badan. Berkurangnya kalori akan menurunkan produksi hormone T3 diketahui dapat memperlambat proses penuaan pada tubuh.

4. Berhenti Merokok

Apakah kamu termasuk orang yang sudah kecanduan merokok? Jika iya maka bisa jadi membuat diri kamu sendiri terlihat lebih tua dibanding usia kamu saat ini. Rokok dapat menyebabkan kulit mudah berkerut, munculnya garis penuaan di sekitar mulit dan juga mata. Bukan hanya itu, rokok juga bisa membuat kulit kamu terlihat kusam dan gigi menjadi berwarna kuning.

Jika sudah tahu begini, tunggu apalagi? Berhentilah melakukan kebiasaan merokok yang tidak memiliki manfaat bagi tubuh dan malah menimbulkan banyak penyakit berbahaya hingga menghilangkan nyawa.

Itulah tips mudah awet muda yang bisa kamu praktikkan mulai dari sekarang juga tanpa harus pergi ke rumah sakit untuk melakukan operasi plastik. Tidak hanya murah, dengan tips awet muda di atas juga aman dan nyaman untuk dilakukan pada kehidupan sehari-hari.

Untuk mendapatkan tips awet muda lainnya kamu bisa mendiskusikannya dengan berbagai dokter ahli terpercaya yang ada di Halodoc. Halodoc mempermudah kamu untuk berbicara tanpa harus keluar rumah atau pun mengantri. Kamu bisa bebas membicarakan masalah kesehatan melalui pilihan Chat, Voice Call atau Video Call. Kamu juga bisa membeli vitamin yang kamu butuhkan untuk kesehatan kulit dengan layanan Pharmacy Delivery dan mengantarkannya dalam waktu 1 jam saja. Yuk, download segera aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.