18 September 2018

Alasan Olahraga Membuat Kulit Awet Muda

kulit Awet Muda

Halodoc, Jakarta - Meski usia sudah tak lagi belia, tapi banyak orang tetap mendambakan kulit awet muda. Cara yang ditempuh untuk mendapatkannya pun beragam, mulai dari perawatan kecantikan, konsumsi makanan bergizi, hingga olahraga teratur. Namun, kira-kira apa sih hubungan antara olahraga dengan kulit awet muda? Nah, berikut penjelasannya menurut para ahli:

Melancarkan Peredaran Nutrisi

Jangan salah, untuk mendapatkan kulit awet muda enggak hanya cukup dari makanan bergizi, istirahat, dan perawatan kulit saja. Pendek kata, mendapatkan kulit dambaan itu enggak cukup dipoles dari luar saja. Pasalnya, menurut buku Sehat Itu Murah, karya Dr. Handrawan Nadesul, kecantikan kulit sejati itu muncul dari dalam. Kulit yang bersih, halus, dan cemerlang mencerminkan kesehatan tubuh.

Namun yang perlu diingat, makanan utama kulit itu berasal dari dalam tubuh. Zat gizi ini dipasok melalui pembuluh darah tubuh. Oleh sebab itu, zat gizi dalam menu harian harus lengkap dan memadai. Lalu, apa hubungannya dengan olahraga?

Kata ahli di atas, agar semua zat gizi dalam darah ini tiba ke permukaan kulit, aliran darah harus lancar dan deras. Tujuannya, supaya bisa mengalir sampai ke ujung-ujung permukaan kulit. Caranya? Tentu dengan berolahraga.

Menurut ahli, berolahraga merupakan syarat utama menyehatkan kulit. Perias kulit itu sih sebenarnya hanya lapisan semu. Oleh karena itu, menyehatkan kulit dari dalam jauh lebih penting.

Selain meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk organ-organ vital dan kulit, aliran darah ini juga membawa oksigen yang amat penting bagi kulit. Aliran darah ini juga membantu melancarkan aliran toksin dan radikal bebas agar tidak terakumulasi pada suatu bagian tubuh. Nah, inilah yang nantinya akan membuat kulit terlihat sehat dan lebih segar.

Lalu, apa lagi sih manfaat olahraga bagi kesehatan kulit?

1. Mencegah Kulit Bersisik dan Eksim

Menurut para pakar, berolahraga secara teratur bisa mengurangi risiko kulit bersisik dan eksim yang bisa merusak penampilan. Kulit bersisik sendiri disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi. Sementara itu, eksim merupakan suatu penyakit kulit karena mengalami stres. Kata ahli, rutin berolahraga bisa menurunkan risiko terkena eksim ataupun kulit bersisik.

2. Mencegah Timbulnya Jerawat   

Permasalahan kulit yang satu ini kerap membuat banyak orang risih. Meski bisa terjadi pada siapapun, tapi risiko untuk munculnya jerawat bisa berkurang bila dirimu rajin berolahraga. Pasalnya, olahraga bisa membuat peredaran darah lancar sehingga bisa membantu membuka pori-pori. Alhasil, kotoran yang menyumbat kulit pun mudah dibersihkan dan menjauhkan dirimu dari jerawat.

3. Sehat dan Tidak Kusam

Kulit awet muda tentunya akan terlihat sehat dan tidak kusam. Nah, kulit sehat dan tidak kusam ini sebenarnya enggak hanya bisa didapatkan dari perawatan saja. Olahraga sendiri bisa membuat suplai oksigen meningkat pada kulit, sehingga kulit akan selalu lebih sehat. Di samping itu, keringat yang bercucuran karena olahraga bisa membersihkan kotoran dan pori-pori kulit.

4. Mengencangkan Kulit

Olahraga yang melatih otot-otot tubuh dan menurunkan berat badan, bisa mengurangi kondisi kulit yang terlihat kendur. Olahraga ini bisa mengurangi efek kulit yang mengendur dan membakar lemak serta kalori, sehingga kulit tampak lebih kencang.

Selain itu, ada juga olahraga yang memfokuskan pada satu area tertentu. Misalnya, face yoga. Olahraga ini merupakan perawatan alami untuk kulit agar selalu kencang dan terlihat segar. Face yoga sendiri menargetkan agar di bawah lapisan kulit wajah dan lapisan lemak tetap kencang. Nah, melalui olahraga yang satu ini, otot-otot wajah akan terangkat dan memperlambat kerutan dan keriput.

Mau tahu lebih jauh mengenai cara mendapatkan kulit awet muda? Kamu bisa lho bertanya langsung pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: