Cara Ampuh untuk Mencegah Xerophthalmia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
xerophthalmia

Halodoc, Jakarta - Pernah mendengar istilah sakit mata xerophthalmia? Penyakit mata yang satu ini akan ditandai dengan mata kering. Hal ini tentu akan mengakibatkan kerusakan serius pada kornea mata karena kurangnya pelumas untuk menggerakkan bola mata. Xerophthalmia akan ditandai dengan adanya bercak putih pada kornea mata dan tukak kornea. Parahnya, jika kondisi ini dibiarkan tanpa penanganan, pengidap xerophthalmia bisa saja mengalami kebutaan permanen.

Baca juga: 7 Vitamin Utama untuk Mata

Pencegahan Xerophthalmia

Xerophthalmia dapat terjadi karena adanya defisiensi vitamin A. Vitamin A sendiri merupakan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan mata. Pengidap xerophthalmia akan sangat membutuhkan vitamin yang satu ini untuk menghasilkan cairan yang memadai sebagai pelumas mata. Untuk menghindari terjadinya xerophthalmia, pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan banyak mengonsumsi banyak vitamin A melalui makanan berikut:

  • Hati Sapi

Hati sapi merupakan salah satu sumber terkaya vitamin A. Selain banyak mengandung vitamin A, organ sapi yang satu ini juga kaya akan protein dan nutrisi lain, seperti tembaga, vitamin B2 dan B12, zat besi, asam folat, dan kolin yang baik bagi kesehatan tubuh. Banyak sekali manfaat dari organ sapi, apakah kamu berniat untuk mencobanya?

  • Ubi Jalar

Tanaman yang termasuk ke dalam golongan umbi-umbian ini menyediakan kandungan vitamin A yang dapat mencegah kamu dari xerophthalmia. Selain itu, ubi jalar juga mengandung beta karoten, yang dapat mencegah datangnya penyakit kanker prostat dan kanker usus besar.

Selain vitamin A, ubi jalar kaya akan vitamin B6, vitamin C, potasium, serat tinggi, dan dengan indeks glikemik rendah. Dengan indeks glikemik rendah, ubi jalar juga mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

  • Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin A dan betakaroten yang baik bagi kesehatan mata. Selain itu, sayuran yang satu ini juga kaya akan serat yang dapat membantu mencegah datangnya sembelit, serta menjaga kesehatan usus.

Baca juga: Pencegahan yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Risiko Mata Kering

  • Kacang Polong

Selain mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan mata, kacang yang satu ini merupakan sumber protein nabati yang kaya akan serat. Kacang polong juga merupakan sumber zat besi yang baik. Mengonsumsi kacang polong akan mencegah kamu dari penyakit berbahaya lainnya, seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes tipe 2.

  • Sayur Bayam

Seperti sayuran hijau berdaun lainnya, bayam mengandung banyak nutrisi didalamnya. Selain mengandung vitamin A yang baik bagi mata, sayuran yang satu ini dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. 

  • Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin A yang menyehatkan mata. Tak hanya itu, brokoli merupakan sumber vitamin C dan vitamin K yang baik dalam menjaga kekebalan tubuh, serta membantu proses metabolisme tulang dan pembekuan darah. Mengonsumsi sayuran yang satu ini juga dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker, karena adanya zat yang disebut sulforaphane di dalamnya.

Baca juga: 6 Cara Alami Atasi Sindrom Mata Kering

Awal kemunculannya, pengidap xerophthalmia akan mengalami gejala yang ringan, sehingga gejala yang muncul sering diabaikan begitu saja. Namun, gejala akan semakin parah seiring dengan berjalannya waktu. Untuk itu, segera diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc jika kamu mengalami gejala berupa pandangan kabur, mata terasa lelah, mata merah, serta kelopak mata terasa tebal. Penanganan dini dapat menghindarkan kamu dari risiko kebutaani.

Referensi:
Healthline (Diakses pada 2019). Everything You should Know about Xerophthalmia. 
Medical News Today (Diakses pada 2019). Which foods Are Rich in Vitamin A?